Transformasi Toyota Crown Generasi Ke-16, Tidak Lagi Eksklusif Sedan

16/04/2023

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Transformasi Toyota Crown Generasi Ke-16, Tidak Lagi Eksklusif Sedan
Toyota akhirnya mengumumkan jadwal peluncuran seluruh anggota keluarga Toyota Crown generasi ke-16 yang tidak lagi eksklusif sedan, tetapi hadir dalam wujud crossover, SUV dan station wagon

Toyota akhirnya mengumumkan jadwal peluncuran seluruh anggota keluarga Toyota Crown generasi ke-16 yang tidak lagi eksklusif sedan, tetapi hadir dalam wujud crossover, SUV dan station wagon.

Transformasi Toyota Crown Generasi Ke-16, Tidak Lagi Eksklusif Sedan

Hampir setahun silam, tepatnya di Juli 2022 Toyota mengejutkan dunia dengan pengumuman rencana transformasi besar-besaran sedan legendaris mereka, Toyota Crown untuk model generasi ke-16. Karena jika sudah sejak lama Crown hanya dikenal sebagai sedan mewah, maka pada gen-16 Crown akan tersedia dalam model bodi crossover, SUV dan station wagon. Keempat model ditampilkan sekaligus dalam sebuah seremoni dengan Crown Crossover berkode S235 menjadi model pertama dijual. 

Transformasi lain meliputi kembalinya Crown ke pasar Amerika Serikat setelah absen 50 tahun. Selama ini Crown memang terkenal sebagai sedan mewah hampir eksklusif dijual di pasar Jepang. Hanya sedikit negara di luar Jepang mendapatkan sedan legendaris ini. Indonesia, contohnya hanya menyediakan Crown untuk kebutuhan kendaraan dinas menteri dan spot order. 

Toyota Crown Family
Anggota lengkap keluarga Toyota Crown generasi ke-16

Pasca dijualnya Crown Crossover, berita soal Crown gen-16 seperti hilang ditelan bumi. Ditengah-tengah isu adanya “kebingungan” internal Toyota soal arah produk, ada spekulasi bahwa rancana ekspansi bodi Crown hanya akan menjadi wacana.

Dan patut dicatat, Toyota memiliki rekam jejak untuk mempetieskan produk yang versi konsep yang sebelumnya diperkenalkan dan sudah dalam tahap hampir siap produksi. Masih ingat dengan Toyota S-FR di Tokyo Motor Show 2015? Atau bagaimana dengan rencana peluncuran 30 model BEV di akhir 2021 yang hingga detik ini belum juga terealisasi? 

Toyota Crown Hydrogen
Toyota Crown Sedan akan hadir dengan teknologi fuel-cell

Selain Crown Crossover yang sudah diluncurkan, detail seputar tiga model lain masih samar dan belum terlalu jelas. Satu fakta menarik dari rilis pers Toyota adalah kehadiran powertrain FCEV (fuel-cell electric vehicle) pada Crown Sedan.

Tak aneh karena memang dikabarkan Crown Sedan dibangun di atas platform sama dengan Toyota Mirai. Opsi lain pada Crown Sedan adalah hybrid. Untuk kedua varian lain yaitu Crown Sport dan Crown Estate akan tersedia dalam opsi hybrid dan PHEV.

>>> Toyota Luncurkan Mobil Baru Besok, Crown Cross?

Sejarah Singkat Crown 

Dengan akta kelahiran 1955, bisa dibilang saat ini Crown merupakan mobil dengan silsilah sejarah paling panjang dan tidak terputus yang ada saat ini. Crown memang bukan nameplate tertua, namun dengan kehadiran 16 generasi, membuatnya lebih kaya tradisi dibandingkan Mercedes S-Class sekalipun!

Sebagaimana kisah tradisi mobil Negeri Sakura, Crown tentu sempat hadir dalam berbagai variasi bodi sepanjang 62 tahun sejarahnya. Meski sejak gen-12 diluncurkan 2004 hanya tersedia sebagai sedan. 

1st Gen Toyota Crown
Crown generasi pertama diluncurkan 1955

Paling unik, tentu model pikap dan D-cab pada generasi II dan III. Model ini merupakan penerus Toyopet Masterline. Berikutnya ada model coupé atau 2-door hardtop antara generasi III hingga VI (1967 – 1983).  Crown juga sempat hadir dalam versi station wagon dan van. Pada gen-11 S170 namanya menjadi Crown Estate.

Meski diposisikan sebagai flagship Toyota, Crown sempat tidak pernah hadir dengan mesin 8 silinder. Tahun 1964 pernah muncul Crown Eight, namun posisinya segera digantikan oleh Toyota Century. Mesin 8 silinder baru kembali ketika Crown Majesta hadir pada 1991. Berbasis sama, Majesta hadir dengan desain lebih aristokrat untuk membedakannya dengan Crown biasa.

Toyota Crown Menteri
Generasi berkode bodi S130 menjadi Crown paling populer di Indonesia

Tahun 1995 muncul Crown Comfort yang hadir untuk mengembalikan fungsi Crown yang asal mulanya dibuat untuk taksi. Crown Comfort ditemani oleh Crown Sedan dengan fitur kelengkapan lebih mewah, serta Comfort ber-wheelbase lebih pendek. Meski sepintas sama, keluarga Crown Comfort ini sejatinya adalah spesies berbeda dengan Crown sedan gen-10 S150.

Toyota Crown Kluger

Toyota Crown Kluger 2021 eksklusif dijual di pasar Tiongkok

Tahun 2021 Toyota Tiongkok menggunakan nama Crown sebagai sub-brand untuk dua model mewah dijual di sana. Ada Crown Kluger berupa Toyota Highlander diganti nama dan Crown Vellfire berbasis Vellfire. Keduanya praktis hanya berganti nama dengan logo Toyota di sejumlah tempat diganti logo mahkota khas Toyota Crown. 

Toyota Crown Menteri Jokowi
Crown generasi XV S220 kini digunakan kabinet menteri Presiden Jokowi

Di Indonesia, Toyota-Astra Motor sudah lama tidak memasukkan Crown ke dalam lini produk resmi. Crown menempati posisi kasta tertinggi sedan Toyota yang dijual massal terakhir kali adalah pada tahun 2000 melalui model S130 atau populer dengan julukan "Crown Robot" dan “Crown Lexus”. 

>>> Operational Cost Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline Lebih Rendah Dari Innova Reborn Diesel

Profil Toyota Crown Crossover S235 2023 

Crown Crossover berkode S235 menjadi model pertama gen-16 dijual ke konsumen. Kemunculan bodi crossover kawin silang sedan, kupe dengan SUV menandai transformasi pola pikir desainer Toyota.

Di satu sisi ingin mempertahankan nama legendaris Toyota Crown, namun di sisi lain menyadari fakta tak terbantahkan bahwa populasi sedan merosot drastis dan berada di ancaman jurang kepunahan. Untuk itulah Crown harus beradaptasi dan bertransformasi menjadi sosok bisa diterima generasi zaman now dan relevan dengan tuntutan konsumen dunia digital. 

Crown Cross
Tampilan depan Toyota Crown Crossover 2023

Menilik desain, tidak lagi terlihat ciri khas Toyota Crown sedan yang selama ini memiliki identitas wajah khas. Lampu depan besar yang menjadi ciri sejak generasi S170 tahun 1999 hilang diganti model tipis minimalis. Beruntung logo mahkota khas masih terpampang dengan bangga di ujung kap mesin.

Transformasi lain adalah konsep crossover yang sangat berani. Tidak setengah-setengah seperti rata-rata SUV mengklaim kupe milik pabrikan Jerman. Dari samping ia seperti kupe dengan 4 pintu dan tongkrongan jangkung ala SUV. Pokoknya asli keren. 

Interior Toyota Crown Crossover
Interior minimalis Toyota Crown Crossover 2023

Luar boleh futuristis, tetapi suasana kabin malah terlihat kalem. Desainnya lurus-lurus dan cenderung kotak. Menurut hemat kami malah lebih konvensional jika dibandingkan kabin Toyota Crown S220 yang saat ini dipakai menteri kabinet presiden Jokowi. Toyota menyebut tema desain interior Crown S235 sebagai Warm Steel. 

Belum jelas apakah PT Toyota-Astra Motor akan ikutan menjual Crown Crossover di Indonesia. Satu hal pasti, beberapa unitnya telah tiba di Indonesia melalui jalur importir umum. Well, semoga saja PT TAM mampu memberi kejutan ke pecinta mobil mewah di Indonesia.

Direktur & Publisher Cintamobil.com yang bergabung sejak 2018. Memiliki pengalaman 20 tahun di industri media otomotif dengan hobi mengoleksi mobil-mobilan balap. Sepanjang karirnya Adit akrab dengan test drive di sirkuit-sirkuit teranama seperti Fiorano, Fuji, Shanghai, hingga Sepang. 
 
back to top