Toyota Yaris WRC 2022 Semakin Giat Dites

04/08/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Era mobil hybrid berperforma tinggi akan segera ramai di ajang World Rally Championship, salah satu kontestan yakni Toyota Yaris WRC 2022 sedang giat dites

Tim Gazoo Racing Toyota seakan tak mau ketinggalan dengan tim M-Sport Ford World Rally dan mempersiapkan Toyota Yaris WRC teranyar. Sebelumnya tim M-Sport telah meluncurkan mobil reli hybrid Ford Puma Rally1 yang akan mengikuti World Rally Championship tahun depan, menggantikan Ford Fiesta WRC.

Toyofa Yaris WRC 2022

Berbalut stiker kamuflase, mobil Yaris WRC 2022 terlihat sedang dites jalan secara serius di trek aspal. Sekadar informasi, Yaris WRC terbaru ini sebelumnya terlihat juga sedang digeber di trek salju.

Gambar Toyota GR Yaris

Yaris WRC teranyar akan mengambil basis dari Toyota GR Yaris terbaru

Berdasarkan info yang kami peroleh dari website planetmarcus.com, mobil yang akan menjadi andalan tim Toyota Gazoo Racing tahun depan ini sedang dikemudikan oleh Juho Hänninen. Prototipe Yaris WRC tersebut diuji melibas trek aspal di Perancis.

Gambar Toyota Yaris WRC 2022

Mobil sedang giat dites di berbagai kondisi trek

Dan seperti halnya mobil WRC kekinian, tampilannya juga gahar dengan ciri khas sirip-sirip besar yang berfungsi meningkatkan aerodinamika dan menambah downforce mobil saat ditrek dan tentunya tetap ada wing belakang ekstra besar di buritan.

 

Gambar Toyota Yaris WRC 2022

Peranti aerodinamika mengingatkan kejayaan mobil reli grup B

Tes seperti ini tentu diperlukan agar memastikan mobil ini benar-benar siap tempur melawan gacoan WRC lainnya seperti Hyundai i20 WRC, dan Ford Puma WRC. Apalagi waktu hampir habis bagi tim untuk mempersiapkan mobil mereka, sekarang tinggal enam bulan sebelum pembukaan Kejuaraan Reli Dunia yang baru.

>>> Ada Toyota Yaris Versi Mobil Niaga di Spanyol, Begini Bentuknya

Pakai Mesin Apa?

Jika Toyota Yaris WRC generasi sebelumnya hadir dengan menggendong mesin 4 silinder berkapasitas 1.600 cc turbocharger dengan sistem injeksi langsung. Maka versi teranyar Toyota Yaris WRC anyar ini disinyalir akan mengusung mesin 3 silinder yang benar benar baru.

Gambar mesin G16E-GTS Toyota

Mesin G16E-GTS

Mesin ini kemungkinan akan diambil dari Toyota GR Yaris teranyar. Meski demikian, namun output tenaga dan torsi yang dihasilkan tak akan jauh dari versi sebelumnya yakni 380 Ps atau over 374,9 Hp serta torsi 425 Nm sesuai regulasi WRC. 

>>> Naik Yaris, Kalle Rovanpera Jadi Juara Termuda di Rally Estonia 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top