Toyota Yaris GR-4 Siap Diperkenalkan di Tokyo Auto Salon 2020

13/12/2019

Mobil baru

4 menit

Toyota Yaris GR-4 Siap Diperkenalkan di Tokyo Auto Salon 2020
Sempat tertunda karena musibah kebakaran di Australia, Toyota Yaris GR-4 akhirnya siap memulai debutnya pada ajang Tokyo Auto Salon, Januari 2020 mendatang.

Setelah peluncuran generasi terbaru Toyota Yaris pada ajang Tokyo Motor Show akhir bulan lalu, Toyota menjanjikan beberapa varian kencang dari Yaris, bahkan sampai mobil balap Yaris WRC terbaru. Salah satu model yang akan diperkenalkan, dan sudah banyak teaser yang bertebaran adalah Toyota Yaris GR-4.

Prototype Toyota Yaris GR-4 yang akan diperkenalkan pada Tokyo Auto Salon 2020

Sosok Yaris GR-4 yang akan diperkenalkan pada Januari mendatang

Toyota berencana meemamerkan sosok hot hatchback itu pada gelaran balap WRC Australia, yang berlangsung 14-17 November lalu. Namun, ajang yang menjadi penutup kalender World Rally Championship 2019 itu dibatalkan karena kebakaran parah di negara bagian New South Wales.

>>> Seperti apa sih teknologi dynamic force engine pada Toyota Yaris 2020?

Setelah menanti beberapa waktu, Toyota mengonfirmasi peluncuran Toyota Yaris GR-4 dihelat pada ajang Tokyo Auto Show tanggal 10-12 Januari mendatang. Mobil ini juga akan jadi model Gazoo Racing kedua yang diperkenalkan secara global setelah GR Supra.

Mengadopsi teknologi dan segudang pengalaman dari ajang World Rally Championship yang diikuti Toyota dengan Yaris WRC, Yaris GR-4 menggunakan sistem penggerak all-wheel drive. Hal ini tentu merupakan lonjakan besar dari pendahulunya, Yaris GRMN, yang merupakan mobil penggerak roda depan.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Untuk sektor dapur pacu, Yaris GR-4 akan kembali menggunakan mesin forced-induction. Namun, belum jelas apa akan menggunakan mesin supercharge 1.800cc seperti Yaris GRMN, atau mengadopsi mesin turbo ala mobil WRC. Sebagai pembanding, mesin tersebut menghasilkan tenaga 210 HP dan torsi 249 Nm.

Presiden Toyota, Akio Toyoda, menguji prototype Toyota Yaris GR-4

Bos Toyota, Akio Toyota, juga sampai terlibat dalam tes Yaris GR-4

Meski baru memulai debutnya pada Januari mendatang, Yaris GR-4 akan tampil untuk pertama kalinya pada acara Toyota Gazoo Racing Festival 2019, yang berlangsung pada 15 Desember ini. Pada acara ini, Yaris racikan Gazoo Racing masih akan menggunakan corak kamuflase khas TGR.

>>> Berita seputar mobil baru dapat Anda lihat di sini

Dalam pengembangannya, Yaris GR terbaru juga melibatkan Presiden Toyota, Akio Toyoda, yang menyamar sebagai pembalap misterius bernama Morizo. Seperti apa sih aksinya? Simak video di bawah ini.

>>> Berita otomotif terlengkap bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top