Toyota Yaris Cross Siap Dijual di Indonesia Nih?

08/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Setelah riuh Toyota Raize mulai menyurut, ternyata Toyota sedang bersiap untuk memperkenalkan Yaris Cross di Indonesia. Seperti apa prospeknya di Tanah Air?

Sukses jualan Toyota Yaris (GR) dengan harga melebihi Rp 500 juta, nampaknya PT Toyota Astra Motor (TAM) tertarik untuk membawa varian lain Yaris ke Indonesia. Adalah Toyota Yaris Cross yang sepertinya bakal menyusul Corolla Cross. 

Memang belum ada pernyataan resmi dari TAM mengenai kehadiran mobil ini ke Tanah Air. Tetapi, Toyota ternyata diam-diam sudah mendaftarkan paten nama dan desain Yaris Cross ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

>>> Pembeli Toyota GR Yaris Dipilih Melalui Undian

Gambar PDKI Toyota Yaris Cross

Toyota sudah mendaftarkan paten nama dan desain mobil ini ke PDKI

Pertama Kali Diluncurkan di Eropa

Jika Anda melihat desainnya, mobil ini tidak tampak seperti sebuah Toyota yang dibuat berdasarkan market research Asia Tenggara. Wajar saja, Yaris versi Crossover ini pertama kali diluncurkan dan dipasarkan di Eropa.

Awalnya, Yaris Cross hanya ditawarkan dalam versi hybrid dengan mesin M15A-FXE 1,5 liternya. Sukses diterima dengan baik, akhirnya Toyota memutuskan untuk memasarkan mobil ini di Jepang, Australia, dan nampaknya Asia Tenggara dalam waktu dekat.

Gambar Yaris Cross

Pertama kali diproduksi di Prancis untuk pasar Eropa

Melihat situs resmi PDKI Kemenkumham, di sana kami menemukan nama “Yaris Cross” yang didaftarkan oleh Toyota Motor Corporation. Tanggal pendaftarannya adalah 17 Mei 2020 dengan nomor pendaftaran IDM000736596 yang merujuk kepada sebuah mobil.

Kode kelasnya pun mengacu pada kendaraan dengan penggerak empat roda yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan offroad atau on road dan mempunyai jarak yang tinggi antara bodi mobil dengan permukaan tanah (SUV).

>>> Komparasi Toyota Agya vs Toyota Yaris, Mana Lebih Value for Money?

Sinyal kedatangan mobil ini semakin diperkuat setelah Toyota juga mematenkan desain yang sudah jelas-jelas sebuah Toyota Yaris Cross.

Gambar TNGA-B

Mobil ini berbagi platform dengan Toyota GR Yaris

Oh iya, meski namanya serupa mobil ini tidak menggunakan basis dari Toyota Yaris Indonesia yang sebenarnya menggunakan platform Yaris di Tiongkok. Mobil ini menggunakan platform TNGA-B, sama seperti yang digunakan oleh Toyota GR Yaris.

Di Mana Yaris Cross Akan Bersaing?

Kalau menakar persaingannya, tentu saja mobil ini akan beradu dengan Compact Crossover lain seperti Honda HR-V atau Mazda CX-3. Apalagi ketiganya mengusung dapur pacu yang serupa.

Perlu diingat bahwa Toyota Yaris Cross bukanlah Yaris Heykers yang dulu pernah diluncurkan oleh TAM sebagai Hatchback ala Crossover dengan penambahan kosmetik dan peningkatan ground clearance dan suspensi. Mobil ini adalah sebuah Crossover murni.

Memang Toyota Yaris Heykers kurang sukses untuk menggaet konsumen meski dengan promosi yang cukup heboh, namun kami merasa bahwa Yaris baru ini memiliki potensi untuk menjadi penguasa di segmennya.

>>> Ada Toyota Yaris Versi Mobil Niaga di Spanyol, Begini Bentuknya

Gambar Toyota Yaris Cross

Jika diluncurkan di Tanah Air, Toyota Yaris Cross punya peluang jadi penguasa pasar di segmennya

Selain pasar yang semakin condong ke SUV, jajaran produk SUV 5 penumpang Toyota masih belum mengisi ceruk pasar dengan baik karena harga dan pilihan mesinnya. Baik Corolla Cross dan CH-R menurut kami masih belum membawa nilai ekonomis yang membuat Honda HR-V lebih banyak dipilih.

Kedatangan Yaris versi Crossover ini akan mengisi kekosongan Toyota tersebut, apalagi jika TAM tertarik untuk membawa versi hybrid-nya ke Indonesia. Toyota Yaris Cross itu bisa jadi hybrid termurah dari raksasa otomotif Jepang tersebut, mengalahkan Corolla Cross Hybrid yang saat ini masih di atas Rp 500 juta.

Sebelum terlalu jauh, yang pertama kita harus ketahui adalah maksud Toyota mematenkan nama mobil ini. Belum tentu untuk diluncurkan dalam produksi massal, bisa saja Yaris Cross hanya akan menjadi mobil pameran dan sekadar riset pasar saja.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top