Toyota Veloz 2022 Percaya Diri Melenggang Tanpa Nama Avanza?

18/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Di media sosial telah bocor sosok dari Toyota Veloz 2022, namun yang menarik ditelisik apakah ia kini sudah lebih percaya diri melenggang tanpa nama Avanza?

Yes, kini di lini media sosial telah bocor sosok dari Toyota Veloz 2022, mobil ini bentuknya diubah total oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) menjadi lebih modern, nan kekinian, yang jelas lebih sesuai dengan selera pasar Indonesia.

Gambar Toyota Veloz 2022

Toyota Veloz tak akan usung nama Avanza?

Namun, sebenarnya yang menarik untuk ditelisik adalah Toyota Veloz dibandingkan Avanza, karena dari bocoran foto yang ada sama sekali tak ditemukan logo Avanza pada Veloz terbaru tersebut. Apakah hal tersebut menjadi indikasi bahwa Veloz kini sudah lebih percaya diri melenggang tanpa nama Avanza?

Kisah Toyota Veloz

Kami ingat, beberapa tahun lalu tim Cintamobil.com sempat berbincang dengan Henry Tanoto, yang saat itu menjabat sebagai Vice President, PT TAM di suatu kesempatan. Pria lulusan Teknik Mesin kampus Trisakti angkatan 1994 ini bilang bahwa Veloz itu dibuat dengan tujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Pak Henry Tanoto, Vice President PT Toyota-Astra Motor

Henry Tanoto, sekarang salah satu direktur PT Astra Internasional

Pria berkacamata nan ramah ini juga menambahkan kalau Veloz memang berbasis dari Avanza. Ia bahkan bilang kalau durabilitas Avanza dapat menjadi resep jitu agar model ini (Veloz) kian dicintai oleh konsumen di Tanah Air. Jadi, secara tak langsung memang Veloz itu 'mendompleng' popularitas Avanza. Dan itu bukanlah hal buruk.

Toyota Avanza Veloz 2011

Dulu namanya memang Avanza Veloz...

Bahkan cara ini terbukti ampuh, Avanza dan Veloz makin disukai oleh konsumen dii Tanah Air. Total penjualan dari tahun 2011 hingga 2012 mencatat angka 354.513 unit, dengan rincian 162.367 unit di 2011 dan 192.146 unit pada 2012. Jauh mengungguli mobil manapun yang dijual saat itu.

Eksterior belakang Toyota Avanza Veloz 2011

Veloz jadi trim tertinggi Avanza saat itu

Kisah tentang Toyota Veloz sendiri dimulai tahun 2011, di mana saat itu Toyota Avanza Veloz diperkenalkan sebagai varian top of the line dari Toyota Avanza. Model bernama Veloz ini mendapatkan desain bumper depan dan belakang yang lebih agresif dari Avanza. Rear spoiler dan third brake lamp juga enggak ketinggalan.

Toyota Grand New Veloz 2015

Mulai Grand New Veloz, nama Avanza sudah mulai 'ditanggalkan' setidaknya di website resmi Toyota

Interior Veloz didominasi warna hitam, sementara head unit yang diusung juga lebih baik dengan fasilitas tambahan koneksi USB dan aux-in yang memungkinkan musik dari gadget dimainkan disini. Oh ya kualitas audionya juga lebih baik berkat 6 buah speaker yang terpasang di Veloz.

Toyota New Veloz 2019

Penjualan Veloz masih baik

Hingga hari ini Veloz pun masih diproduksi dan masih mencatat penjualan yang cukup fantastis. Veloz masih bisa terjual sebanyak 11.764 unit sepanjang bulan Januari hingga September tahun 2021 ini. Itu terdiri dari Toyota Veloz varian bermesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

>>> Toyota Avanza 2022 Bocor di Media Sosial, Lebih Canggih dan Garang!

Akhiri Krisis Identitas?

Namun, sepertinya Toyota Veloz 2022 kini jauh lebih percaya diri dibandingkan sebelumnya. Sebab, dari foto-foto bocoran yang beredar di sosial media tak terlihat satupun emblem AVANZA di mobil tersebut. Berbeda dengan Veloz yang kini masih beredar, masih mengusung emblem Avanza.

Gambar tampilan samping Toyota Veloz 2022

Toyota Veloz 2022 bahkan sudah pakai rem cakram belakang!

Bisa jadi hal ini adalah berita positif, di mana akan mengakhiri krisis identitas pada Veloz. Tak percaya? Coba Anda tengok website resmi Toyota, di sana di sebut Toyota Veloz saja tanpa embel-embel Avanza, padahal di unit mobilnya masih tertempel emblem Avanza.

Gambar tampilan belakang Toyota Veloz 2022

Toyota Veloz 2022 tampil lebih berani tanpa nama besar Avanza?

Bila memang benar PT TAM sudah pede, Veloz dapat diplot menjadi model tersendiri tanpa 'ketergantungan' dengan nama besar Avanza. Hal ini sesuai dengan strategi Toyota sebelumnya. Yang mana memang berniat memisahkan model AVANZA dengan model VELOZ.

Toyota Venturer 2020

Venturer sudah tak usung nama besar Kijang

Kalau ditilik, sebenarnya tak hanya dua model tersebut saja, Toyota Kijang INNOVA dan VENTURER juga ingin sekali 'dipisahkan' oleh PT TAM. Namun, kedigdayaan nama Kijang membuatnya sulit dipisahkan. Namun, setidaknya saat ini PT TAM sudah lebih berani dengan tidak 'membubuhkan' emblem KIJANG di Venturer terbaru...

>>> Mau beli mobil Toyota Veloz bekas? Lihat iklan ini, menarik lho harganya

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top