Toyota Veloz 2022 Bikin Konsumen Rush Berpaling?

22/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Veloz 2022 hadir dengan bentuk menyerupai SUV dengan dimensi yang lebih panjang dan lebar ketimbang Rush. Akankah konsumen Rush berpaling ke Veloz?

Tampilan Toyota Veloz 2022 memang membuat pangling. Meski mobil ditempatkan untuk mengisi segmen Low MPV, nyatanya tampilan Veloz terbaru justru lebih condong ke Low SUV. Tak pelak hal ini menimbulkan pertanyaan akankah kehadiran Veloz terbaru justru membuat para pencinta Toyota Rush berpaling? 

Foto Toyota Rush GR Sport 2021 tampak samping depan

Rush masih jadi andalan Toyota di pasar Low SUV

>>> 9 Hari GIIAS 2021, SPK Toyota Veloz dan Avanza Tembus 1.000 Unit!

Toyota Veloz 2022 Goda Konsumen Rush?

Rush sendiri merupakan andalan dari Toyota untuk bersaing dengan para rival di segmen Low SUV. Sementara Veloz dengan wujud menyerupai SUV tetap akan diandalkan untuk menggaet konsumen Low MPV yang menginginkan mobil keluarga lengkap dengan fitur canggih nan kekinian. 

Toyota Veloz 2022

Tampilan Veloz kini lebih ke arah SUV

"Saya rasa untuk Avanza dan Rush bahkan sebelum All New Veloz muncul pun, Avanza dan Rush ini saling mengconsider dari customernya. Tapi Rush ini punya desain dan fitur yang dari sisi size, ground clearance, bodinya berbeda ya," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam Media Gathering Virtual, Sabtu (20/11/2021). 

Sebagai perbandingan, Veloz memiliki dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700mm, dan ground clearance 205mm. Kemudian untuk Rush punya dimensi panjang 4.435mm, lebar 1.695mm, tinggi 1.705mm, dan ground clearance 220mm. Kalau diperhatikan secara dimensi, Toyota Veloz lebih panjang dan juga lebar ketimbang Rush. Namun ground clearance Rush masih lebih tinggi daripada Veloz. 

Toyota Veloz

Dimensi Veloz lebih panjang dan lebar ketimbang Rush

Hanya kalau bicara fitur, Veloz sekarang lebih canggih. Terlebih model tertingginya kini dibekali Toyota Safety Sense yang belum dimiliki oleh Rush. Kemudian secara penjualan, Anton menyebut permintaan akan Toyota Rush masih terbilang stabil. Pun demikian dengan Veloz yang tengah digandrungi berkat wajah barunya itu. 

>>> Komparasi Rush vs Terios Terbaru, Mana Lebih Memikat?

SPK Veloz Jadi yang Teratas

Toyota Veloz dan Avanza

Veloz dan Avanza curi perhatian pengunjung GIIAS 2021

Sebagai gambaran di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, hingga Jumat (19/11/2021) Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Veloz tertinggi dibandingkan model lain. Veloz terpesan 701 unit unggul atas Avanza 667 unit, Raize 607 unit, Innova 508 unit, dan Fortuner sebanyak 437 unit. Sementara Rush membukukan pemesanan sebanyak 329 unit. 

"So far saya rasa nggak ada masalah karena kami memberikan pilihan kepada customer," tegas Anton. 

Sekadar mengingatkan, Toyota Veloz kini bukan lagi menjadi varian tertinggi dari Avanza. Veloz dan Avanza sudah memisahkan diri baik secara model ataupun produksinya. Veloz saat ini digarap PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sementara Avanza masih diproduksi bersama Rush di pabrik PT Astra Daihatsu Motor. 

>>> Review All New Toyota Rush G 2019: Medium SUV Keluarga Teraman di Tanah Air

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top