Toyota Tundra 2022 Siap Jadi Legenda Baru

09/06/2021

Mobil baru

3 menit

Toyota Tundra 2022, dirancang secara khusus oleh Toyota serta disesuaikan dengan karakter dan selera konsumen segmen pasar pick-up truck Amerika Serikat.

“When in Rome, do as the Romans do”. Ungkapan tersebut dipatuhi dengan sepenuh hati oleh Toyota agar dapat  berkiprah secara maksimal di Amerika Serikat. Contohnya saat Toyota mencoba peruntungan dalam segmen pasar pick-up truck di negeri Uncle Sam yang layak dijuluki sebagai kandang singa. Maklum saja, segmen  pasar pick-up truck di Amerika Serikat memiliki karakter tersendiri. Semuanya harus serba raksasa, bukan hanya dimensi fisik saja, juga kapasitas mesin (bukan V8 tidak dilirik). Berangkat dari latar belakang tersebut, Toyota merilis  Tundra sebagai pick-up truk yang dirancang khusus sesuai dengan selera pasar Amerika Serikat.

>>> Mau Nyetir Pick Up? Perhatikan Dulu Hal Ini 

Generasi Baru 

gambar tundra

Yang ini sudah berusia 14 tahun (generasi kedua rilis 2007), jadi tiba waktunya regenerasi 

Kini, publik Amerika Serikat sedang menunggu-nunggu generasi terbaru Toyota Tundra 2022. Wajarlah karena Toyota Tundra yang sekarang beredar di Amerika Serikat adalah generasi ke-dua yang dirilis pada tahun 2007 sehingga tahun ini sudah berusia 14 tahun. Sudah ketinggalan dibanding produk sekelas buatan tuan rumah. Terkait hal itu, gosip beredar kalau Toyota USA akan segera merilis Tundra generasi ke-tiga dalam waktu dekat. Yang pasti, Toyota Tundra generasi terbaru akan tersedia dengan dua pilihan mesin. Dan mesin V8 5,7 liter NA yang menjadi ciri khas Toyota Tundra sejak tahun 2007 akan dipensiunkan. 

Elektrifikasi 

gambar mesin

Selamat jalan mesin V8 5,7 liter, thank you for your service!  

Sejauh ini, Toyota USA masih tutup mulut rapat-rapat soal detail lebih lanjut Toyota Tundra 2022 alias generasi terbaru. Untuk mesin, Toyota USA hanya menyebutkan mesin V8 5,7 liter digantikan oleh mesin lain dengan performa yang lebih baik. Sebagai gambaran, besar kemungkinan mesin pengganti tersebut menganut  konfigurasi V6 twin turbo dan mesin lainnya didukung format elektrifikasi (hybrid atau fuel cell).

Memang, Toyota pernah menyebutkan akan merilis pick-up truck jenis elektrifikasi dengan format  battery-electric dan  hybrid yang ternyata kemudian menjadi mesin opsional untuk  Toyota Tundra. Nantinya, Toyota Tundra akan diproduksi di pabrik Toyota di San Antonio, Texas, yang juga memproduksi Toyota Sequoia. Rencananya, data detail  Toyota Tundra akan dirilis  September dan mulai dijual   pada Desember. Semoga saja the all new Toyota Tundra dapat memikat konsumen yang sudah terpikat oleh  Ford F-150 Hybrid,  F-150 Lightning,  Chevy Silverado 1500,  dan GMC Sierra 1500.  

>>> Modifikasi Toyota Hilux, Pick Up Monster Bermesin S63 AMG

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top