Toyota Corolla Cross GR Sport Meluncur di Taiwan, Begini Tampilannya

13/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Corolla Cross menjadi mobil terbaru yang mendapat penambahan kosmetik GR Sport di Taiwan. Apa saja yang membedakan mobil ini dengan versi standarnya?

Toyota Taiwan resmi meluncurkan Corolla Cross GR Sport. Pertama kali diluncurkan di tahun 2020, mobil ini menjadi penguasa pasar SUV di Taiwan dengan penjualan 40.000 unit pada Agustus 2021. Tak heran jika mobil ini menjadi kandidat utama sebagai mobil GR Sport terbaru di sana.

Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, Toyota Motor Corporation sedang melakukan peralihan besar-besaran dari penggunaan nomenklatur TRD Sportivo ke GR Sport.

Hal tersebut merupakan strategi pemasaran 'riding the wave' menyusul kesuksesan Toyota Gazoo Racing di kancah motorsport dan meracik mobil-mobil kencang seperti Toyota GR Supra dan GR Yaris.

Gambar Toyota Corolla Cross GR Sport

Untuk saat ini baru diluncurkan untuk pasar Taiwan

>>> Adu Teknologi Toyota Corolla Cross Hybrid vs Mobil Listrik Nissan Leaf

Apa Yang Membedakannya dengan Versi Standar?

Di eksterior, Toyota Corolla Cross GR Sport dilengkapi dengan body kit eksklusif dengan nuansa sporty ditambah grille honeycomb baru dengan aksen obsidian yang membuatnya terlihat bak Land Cruiser, juga mengusung warna two-tone yang eksklusif untuk trim ini.

Untuk menambah nuansa off-road pada mobil, Corolla Cross GR Sport juga dibekali skid plate berwarna silver di sekujur bagian bawah mobil. Velg alloy two-tone berukuran 18 inci juga membuat tampilan eksterior kian sporty.

Gambar Mesin Corolla Cross

Tak ada perbedaan di sektor dapur pacu

Tak ketinggalan, ada emblem GR Sport di buritan untuk menandakan bahwa pemilik mobil membeli tipe termahal dalam jajaran Toyota Corolla Cross.

Masuk ke interior, tidak banyak perbedaan yang bisa Anda temukan kecuali penggunaan jok kulit berwarna hitam dengan emboss logo GR di bagian headrest. Tombol Start/Stop juga dilengkapi logo GR, lagi-lagi sebagai pengingat bahwa Anda sudah membeli tipe termahal mobil ini.

>>> Menakar Persaingan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport di Indonesia

Selain sektor kosmetik, Toyota Taiwan juga memberikan set-up suspensi yang lebih sporty yang diracik oleh tim GR, menambahkan reinforced bracket pada sasis, serta peningkatan pada sistem Electronic Power Steering yang menjanjikan kemampuan bermanuver mobil yang lebih baik.

Toyota Corolla Cross GR Sport juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense 2.0 yang meluputi Adaptive Cruise Control, Lane Tracing Assist, Pre-Collision System, dan Automatic High Beams.

Gambar Corolla Cross

Corolla Cross di Tanah Air belum dibekali dengan Toyota Safety Sense

Fitur keselamatan canggih lainnya meliputi Panoramic View Monitor yang membantu pengemudi untuk parkir, Vehicle Stability Control, Traction Control, Hill-start Assist Control, Active Cornering Assist, serta 7 buah SRS Airbags.

Harganya Mulai Dari Rp 450 Juta

Toyota Taiwan membanderol mobil ini dengan harga NT$ 875.000 atau setara dengan Rp 450 jutaan untuk Toyota Corolla Cross GR Sport versi bensin, dan NT$ 945.000 atau setara Rp 483 juta. Kira-kira PT Toyota Astra Motor (TAM) tertarik tidak ya untuk mengikuti langkah Toyota Taiwan?

Saat ini, TAM mematok harga Rp 463,5 juta untuk versi bensin dan Rp 521,5 juta untuk versi hybrid dari Corolla Cross di Indonesia. Kalau ada versi GR Sport, tentu harganya lebih mahal dari itu.

>>> Dapatkan harga mobil baru Toyota dan promo menarik hanya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top