Toyota Supra Jarama Racetrack Edition Disediakan Terbatas 90 Unit

12/03/2021

Mobil baru

5 menit

Toyota Supra Jarama Racetrack Edition merupakan eidis terbatas yang terinspirasi dari sirkuit di Madrid tempat dimana Toyota Supra pertama kali diuji coba. Ada beberapa pembeda dari model ini yang tak ada di Toyota Supra reguler.

Toyota Supra Jarama Racetrack Edition secara resmi diperkenalkan sebagai varian terbaru dari Toyota GR Supra. Model ini dibatasi hanya 90 unit dan cuma dipasarkan di beberapa negara di benua Eropa.

Tentunya Toyota mengincar mereka-mereka yang gemar mengoleksi mobil-mobil edisi terbatas. Sebab diyakini, pada beberapa tahun mendatang, harga edisi Jarama Racetrack untuk GR Supra ini akan meningkat pesat.

>>> Kalau Muncul Toyota Supra SUV Tertarik?

Apa yang Spesial dari Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition?

Toyota Supra Jarama Racetrack Edition Rear

Cuma disediakan dalam warna biru

Selain cuma akan dibuat tidak lebih dari seratus unit, Toyota Supra Jarama Racetrack Edition juga memiliki beberapa keistiemwaan. Dikutip dari Autoevolution, Jumat (12/03/2021), nama Jarama diambil dari nama Sirkuit di Madrid, Spanyol. Lokasi ini merupakan trek pengujian untuk Toyota GR Supra pertama kalinya oleh sejumlah media internasional.

Selain itu, dari sisi estetika mobil ini juga punya pembeda dibanding Toyota Supra reguler. Diantaranya cat eksterior yang menggunakan warna Horizon Blue dengan aksen hitam. Warna hitam ini antara lain ada pada front under spoiler, kisi-kisi udara di bemper depan, pilar A, cover spion luar, side skirt, rear diffuser, dan velg 19 inci yang digunakannya.

Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition Interior

Interiorya hitam dengan aksen jahitan biru

>>> 7 Pilihan Mobil Toyota 2 Pintu yang Ada di Indonesia

Sementara untuk bagian kabin, Toyota Supra Jarama Edition sudah disisipi material serat karbon pada bagian dasbor. Kemudian jok pengemudi dan penumpang dilapis bahan Alcantara dengan aksen jahitan biru yang serasi dengan warna eksterior. Tak lupa pada dasbor juga diberi lencana yang menandakan jika unit tersebut adalah edisi khusus.

Ada Beberapa Tambahan Fitur

Selain dari segi estetika di eksterior dan interior, Supra Jarama Racetrack Edition juga sudah disuntikkan beberapa fitur dan perangkat komponen baru. Antara lain satu set kaliper rem warna merah, monitor infotainment 8,8 inci di dasbor yang sudah terintergasi sistem Apple CarPlay dan Android Auto, serta sudah tersedia 10 speaker.

Toyota GR Supra Jarama Racetrack Limited Edition

Pada dasbor ada penanda nomor urut produksi

>>> Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Dari segi keamanan, mobil ini sudah diterapkan fitur Toyota Safety Sense+. Perangkat ini termasuk fitur Pre-Collision Safety System with Pedestrian and Cyclist Detection, Involuntary Lane Change Alert with Steering Assistance, Adaptive Cruise Control, Intelligent High Beam, Traffic Sign Recognition, Blind Spot Control with Lane Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert, dan sensor parkir dengan sistem pengereman otomatis jika mobil mendeteksi ada objek sudah sangat dekat.

Untuk sistem mekanisnya, Supra Jarama Racetrack Edition menggunakan mesin 3.000 cc 6 silinder turbocharged bertenaga 335 hp dengan torsi 500 Nm. Tidak ada perubahan memang di sisi sumber tenaga, namun unit ini sudah menggunakan suspensi adaptif, active differential, dan setir yang dibuat lebih responsif membaca pergerakan tangan pengemudi. Sayangnya belum ada informasi harga perihal unit edisi terbatas dari Toyota Supra ini.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top