Toyota Supra 35th Anniversary Edition, Sebuah Kado Istimewa

10/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Supra 35th Anniversary Edition adalah persembahan istimewa dari Toyota kepada para penggemar untuk memperingati ulang tahun ke-35 Toyota Supra

Toyota pertama kali merilis sports car Toyota Supra pada tahun 1978. Memakai platform Toyota Celica liftback, sosok sports car Toyota ini memang sudah berotot kuat sejak awal melalui pemilihan mesin enam silinder segaris yang kemudian menjadi ciri khas Toyota Supra. Sejatinya, Toyota Supra memang sengaja disiapkan Toyota untuk menyaingi  Datsun (Nissan) Z.

Sepanjang generasi pertama dan kedua (1978-1985), Toyota Supra dan Toyota Celica masih berbagi platform. Mulai  Pebruari 1986, keduanya berpisah jalan. Toyota Celica menjadi  mobil FWD memakai platform Toyota T bersama Toyota Corona. Sedangkan Toyota  Supra tetap setia dengan konfigurasi RWD hingga sekarang. 

Momen tahun 1986 tersebut lalu menjadi 'kelahiran' bagi  Toyota Supra. Kini, bersama  BMW dan khususnya  BMW Z4, Toyota menghadirkan generasi ke-lima Toyota Supra sebagai penghormatan untuk Toyota Supra model tahun 1986. Bukan sekadar Toyota Supra biasa, inilah Toyota Supra 35th Anniversary Edition JDM yang hanya dibuat  70 unit saja.

>>> Body Kit Toyota GR Supra Dari Wald, Tampil Bak Mobil F1

Dua Trim Level 

gambar toyota supra

Dua varian edisi istimewa Toyota Supra 

Toyota menyediakan “Toyota Supra 35th Anniversary Edition” dengan pilihan trim level RZ dan SZ-R yang dipasarkan secara eksklusif melalui  jaringan online mulai 31 Agustus 2021. O iya, peminat wajib mengisi undian dan yang beruntung akan diundang untuk menjemput mobilnya mulai Desember 2021.  

gambar toyota supra

Varian RZ dengan warna bodi matte-finish metallic gray

gambar toyota supra

Kabin dengan sentuhan serba merah untuk varian RZ 

Varian RZ 35th Anniversary Edition tampil dengan warna bodi  matte-finish metallic gray serta kabin yang diisi dengan  lapisan kulit warna merah untuk kursi dan  roda kemudi.

gambar toyota supra

Warna istimewa Lightning Yellow untuk varian SR-Z

gambar toyota supra

Paduan lapisan kulit berwarna merah hitam untuk kabin varian SZ-R 

Sedangkan varian Toyota Supra SZ-R dilengkapi kaliper rem berwarna merah, rumah kaca spion berwarna  matte-black, kulit Alcantara hitam dan kulit merah untuk kursi dan pedal set bergaya sport. Khusus untuk varian Toyota Supra SZ-R tersedia dengan lima pilihan warna termasuk Lightning Yellow.

gambar toyota supra

Ornamen khusus nan istimewa  

Untuk tampilan eksterior, kedua varian sama-sama didukung velg 19 inci berwarna matte black. Tambahan lainnya berupa ornamen serat karbon khusus untuk dashboard pada sisi penumpang dengan  tulisan “GR Supra 35th Anniversary”. Harganya? Yen 7.835.000 (varian RZ) dan Yen 6.535.000 (varian SZ-R).  

Beda Mesin

gambar mesin supra

Mesin 3,0 liter untuk varian RZ

Perbedaan harga antar varian Toyota Supra edisi ulang tahun disebabkan oleh perbedaan mesin. Varian RZ dilengkapi mesin 3,0 liter enam silinder turbo, sedangkan varian SZ-R tampil dengan mesin 2,0 liter empat silinder turbo. O iya, keduanya dirakit oleh rekanan BMW, Magna Steyr di Austria.  Untuk saat ini, performa Toyota Supra model tahun 2021 versi USDM menjadi acuan dengan  382 hp dan 499 Nm (mesin 3,0 liter) serta 255 hp dan  400 Nm (mesin 2,0 liter).  

>>> Toyota Supra Jarama Racetrack Edition Disediakan Terbatas 90 Unit

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top