Toyota Supra 2021 Jajal Dyno Test, Kok Tenaganya Lebih Besar?

15/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Supra 2021 Jajal Dyno Test, Kok Tenaganya Lebih Besar?
Terlepas dari beberapa kontroversi dan kritikan, performa Toyota Supra A90 memang sudah terbukti. Tapi tahu gak sih kalo tenaga mesin model tahun 2021 jauh lebih besar dari yang diklaim?

Kita semua setuju Toyota Supra A90 adalah sportscar dengan performa yang sangat mumpuni. Ya, terlepas dari kontroversi yang meliputinya, mulai dari identitas sebuah BMW yang diberi emblem Toyota, sampai performa yang dihasilkan mesin inline-6 turbo.

>>> Saat BMW M4 dan Toyota Supra modifikasi beradu cepat, siapa lebih unggul?

Saat Toyota Supra ini diluncurkan, BMW bahkan sedikit merubah statistik performa BMW Z4 untuk meluruskan klaim bahwa performa Supra A90 setara dengan Z4 meski dengan tenaga lebih kecil, apa iya lebih kecil?

Lebih besar 73 HP dari klaim

Untuk membuktikannya, Car and Driver baru-baru ini coba mengukur performa Toyota Supra 2021 melalui tes dyno. Dan kalau boleh jujur, hasilnya cukup mencengankan.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Tidak, bukan karena angka yang sangat besar untuk ukuran mesin inline-6 turbo, tapi ini lebih ke selisih performa sebenarnya jika dibandingkan klaim Toyota yang sebesar 382 HP. Dari hasil tes ini, tercatat tenaga yang dihasilkan adalah 388 HP di roda belakang, berarti cuma beda enam HP dong? Eits, tunggu dulu.

Mesin inline-6 turbo yang dipakai Toyota Supra 2020

Nyatanya, performa mesin jauh lebih besar dari yang diklaim Toyota

>>> Jangan lewatkan berita terkini seputar mobil baru di Cintamobil.com

Sebagai catatan, hasil dyno Toyota Supra 2021 ini mengukur WHP (Wheels Horse Power), yang berarti tenaga di roda belakang. Dalam penyaluran tenaga mesin ke roda, ada sejumlah tenaga yang hilang atau biasa disebut driveline loss, biasanya sekitar 15%. Yang berarti, mesin Supra A90 punya tenaga asli sekitar 455 HP, yang berarti sekitar 73 HP lebih besar dari klaim.

Apakah tes ini valid?

Toyota Supra 2021 warna silver

Jika hasil dyno akurat, Supra 2021 memiliki performa jauh lebih besar dari klaim

Memang, keakuratan tes dyno ini juga masih dipertanyakan, apalagi ini adalah kali pertama Toyota Supra 2021 menjalani tes dyno, sehingga belum ada basis untuk komparasi. Namun jika benar tenaga 388 HP dari roda belakang itu adalah sungguhan, artinya performa Supra 2021 jauh lebih besar dari yang ditulis di spesifikasi.

>>> Berita otomotif terbaru bisa Anda simak di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Belum Dapat Update iDrive, Toyota Supra 2021 Tak Support Android Auto

06/05/2020

Mobil baru

4 menit

BMW baru saja menghadirkan dukungan fitur integrasi smartphone Android Auto untuk iDrive 7. Namun, Toyota belum ingin mengupdate sistem iDrive di Supra A90, kenapa?

Lihat juga

BMW Masih Terlibat Dalam Pengembangan Toyota Supra

06/05/2020

Mobil baru

3 menit

Meski BMW dan Toyota memiliki arah berbeda dalam pengembangan Supra A90 dan Z4, namun kedua pabrikan masih duduk dalam satu meja dalam proses pengembangan mobil.

Lihat juga

Toyota Supra GR 450, Modifikasi Tak Biasa Dari Manhart

16/04/2020

Perawatan dan service

4 menit

Paket modifikasi Toyota GR Supra A90 sudah banyak beredar di pasaran. Tak terkecuali dari beberapa tuner yang identik dengan mobil BMW, salah satunya Manhart.

Lihat juga

Tanpa Swap Engine, Toyota Supra Drift Car Ini Hasilkan 1.000 HP Lebih

06/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Kata siapa mesin standar Toyota Supra tak bisa hasilkan 1.000 HP? Papadakis Racing berhasil menciptakan Supra Drift Car dengan tenaga 1.033 HP tanpa harus melakukan proses swap engine.

Lihat juga

GR Supra GT Cup, Cara Unik Toyota Mencari Pembalap Virtual Terkencang

07/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Toyota mencari pembalap terkencang untuk menjajal mobil sport ikonik GR Supra. Uniknya, mereka mencari sosok tersebut di platform balap virtual Grand Turismo Sport. Bagaimana jelasnya?

Lihat juga
 
back to top