Toyota Siapkan Sienta 2022, Generasi Baru Dengan TNGA

11/02/2021

Mobil baru

4 menit

Toyota Siapkan Sienta 2022, Generasi Baru Dengan TNGA
Di Jepang, beredar rumor generasi terbaru Toyota Sienta akan launching tahun 2022, dan akan menggunakan platform TNGA-B. Seperti apa sih detail lengkapnya?

Rilis pertama kali tahun 2003, Toyota Sienta berhasil merebut hati pasar berkat bentuk yang kompak namun bisa memuat tujuh orang secara proper. Hal ini terus berlanjut di generasi kedua yang rilis tahun 2015.

Dengan model yang lebih atraktif, Sienta semakin digemari pasar khususnya di Jepang. Puncaknya pada tahun 2019, di mana MPV kompak satu ini berhasil jadi MPV pertama dengan penjualan tertinggi di bulan Agustus, serta mengalahkan Nissan Serena dan sang abang, Toyota Voxy sebagai MPV paling laris di bulan tersebut.

Platform TNGA-B

Sienta generasi terbaru akan memakai platfom yang sama seperti Yaris XP210

Namun dengan model yang sudah berusia enam tahun, berhembus isu Toyota akan melakukan perombakan total pada MPV kompak andalannya.

>>> Toyota Sienta 2019 Terbaru Segera Dikomersilkan, Kira-kira Apa Perbedaannya dengan Versi Sebelumnya?

Rilis pertengahan 2022, pakai platform TNGA

Mengutip bestcarweb.jp, Toyota Sienta baru akan launching sekitar pertengahan 2022. Tapi bukan itu saja, menurut rumor yang berkembang, Sienta generasi terbaru akan menggunakan platform TNGA-B yang sama seperti Toyota Yaris XP210.

Toyota Sienta generasi terbaru dengan platform TNGA

Sienta generasi terbaru memiliki garis atap yang lebih landai

Dengan perubahan platform ini, Toyota Sienta 2022 akan memiliki wheelbase yang lebih panjang 20 mm dengan rigiditas body yang lebih baik. Hasilnya, mobil memiliki ruang kabin yang lebih luas serta handling yang lebih impresif.

Berbeda dari Sienta generasi saat ini yang punya body boxy, Toyota Sienta 2022 hadir dengan atap yang lebih landai khas sebuah Coupe. Tampang depan juga dibuat lebih dinamis lewat penggunaan grile yang lebih besar dan juga lampu LED yang menyipit.

Kabin Toyota Sienta 2020

Dengan platform TNGA-B, kabin diklaim akan sedikit lebih lapang

Soal kabin, penggunaan platform TNGA-B dengan wheelbase yang memanjang 20 mm membuat kabin Toyota Sienta 2022 lebih lapang dan nyaman. Soal fitur, sepertinya Sienta gen terbaru akan memakai head unit dengan ukuran besar, setidaknya 10 inci.

>>> TOSCA Raih The Best Safety Campaign Pada Toyota Jamboree 2019

Sistem penggerak 4WD baru, konsumsi bensin sampai 30 km/l

Pilihan mesin Toyota Sienta 2022 juga mendapatkan perombakan, dengan dua mesin inline-3 1.5L, NA dan hybrid untuk varian 2WD. Toyota juga menyematkan sistem penggerak 4WD baru yang membuat mobil lebih mantap dikendarai.

Soal konsumsi bensin, Toyota Sienta hybrid generasi saat ini menghasilkan angka 22,8 km/liter dengan pengetesan WLTC. Menurut rumor yang beredar, Sienta hybrid baru memiliki konsumsi bensin sampai 30 km/liter.

Toyota Sienta Welcab

Toyota Sienta Welcab yang tahun lalu launching di Indonesia

Toyota Sienta yang dijual di Indonesia sama seperti model global, yang berkode XP170. Namun, Sienta versi lokal cuma hadir dengan satu pilihan mesin, 2NR-FE 1.500 cc dengan dua pilihan girboks, manual 6-percepatan dan CVT yang mengantarkan tenaga mesin ke kedua roda depan.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top