Toyota Raize Mengaspal di Indonesia, Dijual Mulai Rp 219 Juta!

30/04/2021

Mobil baru

5 menit

Toyota Raize secara resmi mengaspal di Indonesia. Mobil SUV berkapasitas lima penumpang ini paling murah dijual dengan banderol Rp 219,9 juta OTR Jakarta.

Penantian akan kehadiran Toyota Raize di Indonesia berakhir. PT Toyota Astra Motor akhirnya merilis Raize untuk pasar otomotif Indonesia usai saudaranya lebih dulu mengaspal pagi tadi. Ya, Raize merupakan kembaran dari sang saudara Daihatsu Rocky. 

Seperti mobil-mobil kembar sebelumnya, baik Raize maupun Rocky bakal diproduksi bersamaan di pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor. Perlu diketahui Indonesia merupakan negara kedua setelah Jepang yang meluncurkan Raize. 

>>> Daihatsu Rocky Turbo Resmi Dijual Seharga Rp 210 Jutaan

Toyota Raize 2021 Bikin Tambah Ramai Keluarga SUV Toyota

Toyota Raize

Raize menambah lengkap keluarga SUV Toyota

Tentunya untuk spesifikasi ada penyesuaian tersendiri sesuai dengan segmentasi konsumen Toyota maupun Daihatsu. Kehadiran Raize menambah lengkap keluarga SUV Toyota yang kini punya enam model.

"Untuk itu kami persembahkan SUV compact All New Toyota Raize yang melengkapi lini SUV kami untuk setiap kebutuhan," ungkap Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Susumu Matsuda dalam peluncuran Raize secara virtual, Jumat (30/4/2021). 

Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T, di mana masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam. Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. Untuk tipe 1.0T mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.

Desain Toyota Raize

Eksterior dan interior Raize didesain untuk menghidupkan perjalanan penggunanya dalam konsep kombinasi “Bold and Active” pada tampilan luar dan “Comfort and Utility” pada bagian dalam. Konsep ini melahirkan aura bergaya dan berani pada penampilan Toyota Raize dan membangun citra muda dan aktif pada pemiliknya.
Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Toyota Raize

Sasar generasi milenial

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.
Sementara itu, interiornya lapang dan juga dilengkapi fitur dengan teknologi terdepan seperti terpasang MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Fitur Toyota Raize

Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high—premium segmen.

Selain itu, seluruh tipe Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Toyota Raize

Saat ini baru tersedia satu varian mesin

>>> Raize dan Daihatsu Rocky, Mobil Kembar Kelima yang Punya Rasa Lokal

Harga Toyota Raize di Indonesia

Seperti disebutkan sebelumnya varian Raize yang ditawarkan yakni 1.0T G Manual, 1.0T G CVT, 1.0T GR Sport CVT, dan 1.0T GR Sport TSS. Sedangkan harga yang ditawarkan mulai Rp 219,9 juta untuk tipe terendah. Harga ini berlaku saat PPnBM masih ditanggung pemerintah sebesar 100%.Harganya pun akan menyesuaikan dengan besaran PPnBM yang berlaku. Berikut rincian harga Toyota Raize saat ini

1. Toyota Raize 1.0T G M/T Rp 219,9 juta (normal Rp 236,8 juta)

2. Toyota Raize 1.0T G/CVT Rp 233,1 juta (normal Rp 251,1 juta)

3. Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT Rp 244,7 juta (normal Rp 263,2 juta)

4. Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS Rp 263,7 juta (normal Rp 283,8 juta)

"Untuk launching ini 2 tipe 1.0 turbo dan 1.2 untuk delivery dan produksi fokus di 1.0 turbo 1.2 di second semester. Yang 1.2 L nanti harganya di bawah 1.0 liter turbo," tambah Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam kesempatan terpisah. 

Kehadiran Raize diprediksi bakal menambah gemuk segmen SUV, terutama varian 5-seater. Pasalnya Toyota menargetkan bisa menjual Raize sebanyak 2.000 unit setiap bulannya. Di samping itu, tren mobil berjenis SUV kian tumbuh di Tanah Air. 

"Saya bicara total SUV dikumpulin dari bawah sampe atas itu 60% SUV 7 seater. 40% nggak kecil perlu disikapi. Belakangan tren suv naik terus dan kami perkirakan dengan adanya Raize mudah-mudahan akan menambah segmen SUV," pungkas Anton. 

>>> Ada Diskon PPnBM, Toyota hingga Wuling Genjot Produksi Mobil

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top