Toyota Raize Hybrid Dalam Perjalanan Ke Indonesia, Segera Dijual?

02/11/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Toyota Raize Hybrid beserta saudaranya yakni Daihatsu Rocky Hybrid awal bulan ini resmi melantai di Jepang tapi jangan salah mobil ini pun siap masuk Indonesia!

Era mobil listrik memang sudah di depan mata, tentu tak salah rasanya bila Toyota Motor Corporation juga semakin mengedepankan mobil elektrifikasi andalan mereka. Salah satunya Toyota Raize Hybrid bersama dengan Daihatsu Rocky Hybrid yang melantai di Jepang.

Tentang Toyota Raize Hybrid

Toyota Raize Hybrid menggunakan powertrain yang 100% anyar. Berbeda dengan sistem Hybrid Synergy Drive yang umumnya bersistem pararel, pada Raize maupun Rocky ini pakai sistem hybrid seri. Di mana mesin hanya difungsikan sebagai generator untuk mengisi daya baterai guna memutar dinamo untuk menggerakkan ban.

eSMART Hybrid Toyota & Daihatsu

Sistem Hybrid di Toyota Raize

Mesin yang digunakan adalah unit 1.200 cc berkode WA-VEX, di mana terdapat akhiran huruf 'X' yang menandakan ia adalah mesin hybrid. Serta ia akan  menggunakan Atkinson cycle selayaknya mesin Toyota hybrid lainnya seperti 2ZR-FXE yang tersemat pada Corolla Cross dan Corolla Altis Hybrid.

Toyota Raize Hybrid 2021

Akselerasinya spontan!

Motor listrik pada mobil terbaru ini punya daya 106 PS dan torsi 170 NM yang didapat dari baterai jenis Lithium ion dengan kapasitas 4,3 Ah. Oleh karena digerakkan motor listrik, meskipun figur tersebut terlihat kecil namun punya akselerasi spontan khas mobil listrik murni.

Interior Toyota Raize Hybrid 2021

Interior beda tipis dengan versi Tanah Air

Tak sampai di situ saja keunggulan Toyota Raize Hybrid ini, ia pun dilengkapi dengan fitur Smart Pedal. Ketika fitur ini diaktifkan maka pengemudi bisa berkendara dengan hanya memanfaatkan satu pedal saja.

Toyota Raize Turbo 2021

Mini SUV ini punya teknologi canggih

Sistem akan mengatur deselerasi saat pedal akselerator (atau pedal gas) di angkat. Otomatis bila Anda sudah terbiasa dengan sistem ini, praktis Anda akan jarang sekali menginjak pedal rem.

Toyota Raize Putih 2021

Tipe Z ini harganya di Jepang sekitar Rp 290 juta

Terdapat 12 pilihan warna yang Anda pilih di mobil ini, termasuk di antaranya ada 3 warna two tone. Sebagai informasi di Jepang sana mobil ini tersedia dalam dua tipe yakni G yang dibanderol 2.163.000 Yen (atau setara Rp 269 juta rupiah) atau tipe Z di harga 2.328.000 Yen (atau sekitar Rp 290 juta rupiah).

>>> Intip Mesin Toyota Raize 1.2L yang Sarat Teknologi

Masih Dalam Perjalanan Ke Indonesia...

Buat Anda yang kesengsem sama SUV mini ini, Anda tak perlu khawatir. Bukan mobil ini akan diimpor langsung oleh PT Toyota Astra Motor maupun PT Astra Daihatsu Motor untuk segera di jual saat ini, namun mobil ini ada kemungkinan nantinya akan dijual di Indonesia.

Toyota Raize Hybrid 2022

Ia sudah dalam perjalanan ke Karawang...

"Lagi sedang berjalan investigasinya. Masih ngumpulin data untuk Enviroment indonesia. Nanti kalau mobilnya sudah datang (dari Jepang) saya info," janji narasumber kami yang enggan ngetop itu. So, baiknya pembaca Cintamobil.com tunggu saja ya...

>>> Inden kelamaan? Kenapa enggak coba intip Toyota Raize bekas? Banyak pilihan di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top