Toyota Perkenalkan Mobil Balap LMH Tanggal 15 Januari, Tenaga 671 HP

06/01/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Toyota Perkenalkan Mobil Balap LMH Tanggal 15 Januari, Tenaga 671 HP
Toyota siap menyongsong era baru balap ketahanan WEC, pabrikan Jepang itu akan memperkenalkan mobil balap LMH dengan regulasi Le Mans Hybrid pada 15 Januari.

Dua tahun setelah mobil konsep GR Super Sport diperkenalkan, Toyota resmi memperkenalkan mobil balap LMH (Le Mans Hypercar) tanggal 15 Januari mendatang.

Spesifikasi mobil balap LMH Toyota

Bocoran spesifikasi mobil balap Toyota untuk kategori Le Mans Hybrid

Sebagai teaser, pabrikan Jepang itu merilis bocoran spesifikasi mobil balap prototype suksesor TS050 Hybrid yang mendominasi kategori LMP1 selama beberapa tahun terakhir.

>>> Simak review Toyota GR Super Sport Concept di sini

Gunakan powertrain hybrid, tenaga 671 HP

Dalam teasernya, mobil balap LMH Toyota itu nantinya akan memakai mesin hybrid dengan tenaga 671 HP, yang akan disalurkan ke sistem penggerak four-wheel drive seperti TS050. Mobil tersebut nantinya diklaim memiliki bobot 1.030 kg, dan akan memakai ban Michelin yang sama seperti mobil di kategori LMH lainnya.

Untuk memenuhi syarat homologasi kategori LM Hypercar di World Endurance Championship, Toyota harus membangun setidaknya 20 unit varian road-legal dari hypercar balapnya. Namun, belum diketahui bagaimana spesifikasi hypercar pertama Toyota.

Toyota GR Super Sport powertrainb

Mobil konsep GR Super sport yang merupakan cikal bakal hypercar balap Toyota

Mengacu pada konsep Toyota GR Super Sport yang pertama kali diperkenalkan pada Juni 2018, hypercar ini akan memakai mesin V6 2.4L twin-turbo dengan tambahan motor listrik yang menghasilkan tenaga total 986 HP. Namun, BoP (Balance of Performance) yang diterapkan di kategori LMH membatasi tenaga mobil jadi hanya 671 HP.

Debut dinamis Toyota GR Supersport

Toyota GR Super Sport pertama kali mejeng di Le Mans 24 jam 2020 dengan model targa top

Dan jika melihat prototype Toyota GR Super Sport yang dipakai mengarak trofi Le Mans 24 Jam September 2020 lalu, bisa jadi versi produksinya akan memiliki atap convertible dengan konsep targa.

>>> Hypercar Toyota GR Super Sport Ramaikan Le Mans 24 Jam 2020

Lakukan tes di dua tempat, debut di Sebring 1.000 mil

Dan jelang debutnya di musim perdana kelas Le Mans Hypercar musim 2021, mobil balap LMH Toyota ini sudah menjalani dua sesi shakedown tes, yakni tiga hari di Paul Ricard pada Oktober 2020, dan tiga hari lagi di Algrave, Portugal pada Desember 2020.

Test Toyota Hypercar

Jelang debut, hypercar balap Toyota sudah dites di dua sirkuit berbeda

“Sejak tes pertama, segalanya berjalan cukup baik. Kami dapat menempuh banyak mil (dalam tes) dan ketahanan mobil sangat baik. Dengan mobil yang sangat kompleks seperti ini, tentu sangat impresif bisa mencatatkan banyak mil (jarak) sejak hari pertama. “Tim menggarap teknologi ini dalam waktu yang lama, dan mereka sudah melakukan pekerjaan yang sangat brilian,” ujar salah satu pembalap Toyota Gazoo Racing WEC, Jose Maria Lopez seperti dilansir Motorsport.com.

Nantinya, mobil balap LMH Toyota ini akan memulai debut kompetitifnya pada seri pembuka FIA WEC musim 2021, Sebring 1.000 mil pada 19 Maret 2021.

>>> Simak berita lain dari dunia otomotif yang tak kalah menariknya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Aston Martin Sudahi Proyek Pabrikan di WEC, Fokus ke Customer Racing

25/12/2020

Pasar mobil

4 menit

Setelah memastikan gelar juara dunia pembalap dan konstruktor GTE musim 2020, Aston Martin WEC memutuskan untuk menutup tim pabrikannya dan mengalihkan fokus ke proyek customer racing.

Lihat juga

Porsche Balik Ramaikan Kategori WEC Prototype, Adopsi Regulasi LMDh

17/12/2020

Pasar mobil

4 menit

Pabrikan tersukses WEC dan Le Mans 24 jam, Porsche, kembali meramaikan kategori prototype WEC pada tahun 2023. Kali ini brand Jerman itu mengadopsi regulasi LMDh.

Lihat juga

Audi Tambah WEC dan Dakar ke Dalam Program Balap, Coret DTM

01/12/2020

Pasar mobil

4 menit

Audi Sport telah mengumumkan program balap dalam beberapa tahun ke depan. Mereka mengonfirmasi akan kembali berlaga di WEC lewat regulasi LMDh, dan akan mengikuti Reli Dakar dengan prototype mobil listrik.

Lihat juga

Peugeot Sport Turun di WEC, Gabung Kelas Hypercar

20/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Menyusul tiga pabrikan yang sudah memastikan komitmen di kategori Le Mans Hypercar, Peugeot Sport jadi tim keempat yang akan beraksi di kategori baru itu mulai 2022.

Lihat juga

SCG 007, Penantang Terbaru Kelas Hypercar WEC

19/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Setelah Toyota dan Aston Martin, kini giliran Scuderia Glickenhaus memperkenalkan mobil yang akan dipakai pada musim pertama kelas Hypercar WEC 2020/2021 mendatang.

Lihat juga
 
back to top