Toyota Modifikasi Land Cruiser untuk Bawa Vaksin COVID-19

02/04/2021

Mobil baru

2 menit

Untuk menjaga pasokan dan pengiriman vaksin COVID-19, Toyota mengumumkan edisi khusus dari Land Cruiser 78 yang dipersiapkan dengan kulkas di dalam kabin.

Ketersediaan vaksin COVID-19 menjadi poin penting dalam menghadapi pandemi. Namun ada masalah lain: vaksin harus disimpan di tempat yang sangat dingin untuk bisa tetap terjaga. Hal ini berpengaruh pada pengirimannya ke seluruh dunia. Untuk menjamin pengiriman vaksin, Toyota mengubah salah satu kendaraan andalannya dengan menambahkan kulkas di dalam kabin.

Land Cruiser edisi khusus

Dilansir dari berbagai sumber, Toyota bekerja sama dengan Toyota Tsusho Corporation dan B Medical System untuk mengembangkan SUV legendaris Toyota ini. Versi komersial dari Toyota Land Cruiser 78 edisi khusus dipersiapkan dengan sistem pendingin untuk membantu mengirimkan pasokan vaksin COVID-19 ke pelosok dunia.

lemari es yang dipersiapkan pada Toyota Land Cruiser
Ada lemari es yang bisa digunakan untuk menyimpan vaksin

>>> Mobil Listrik Toyota Mengaspal di Bali

Dalam keterangan resminya, Land Cruiser edisi khusus ini telah memperoleh prakualifikasi untuk standar Kinerja, Kualitas, dan Keselamatan WHO. Tolok ukur ini memungkinkan pemerintah dan organisasi mengidentifikasi produk mesin.

Land Cruiser akan dilengkapi dengan lemari es untuk menjaga vaksin CF850 B Medical System yang dapat menampung hingga 400 paket vaksin dalam kapasitas penyimpanan 396 liter. Kulkas di dalam mobil juga mendapatkan pasokan baterai independent, memungkinkan pengoperasian hingga 16 jam guna menjaga vaksin tetap dingin selama pengangkutan.

>>> Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Acuan SUV 4WD Era 1990-an

Harus disimpan dalam suhu dingin

Toyota mencatat bahwa sekiat 20% vaksin COVID-19 yang dipasok ke negara berkembang terbuang karena kurangnya sistem pendinginan pada kendaraan pengirim vaksin. Beberapa tempat sering kekurangan infrastruktur jalan yang memadai serta sistem pendinginan yang baik untuk menjaga struktur biologis dalam vaksin.

sistem mRNA yang ditemukan pada vaksin COVID-19
Sistem mRNA dalam vaksin harus disimpan dalam suhu dingin

Alasan vaksin harus dijaga agar tetap dingin adalah karena mRNA yang ada di dalam vaksin. Komponen penyusun mRNA sangat rapuh dan bisa terurai dengan sangat cepat. Dengan menggunakan suhu dingin, yaitu di atas -37 derajat celcius, struktur mRNA bisa dibuat lebih stabil. Namun hal ini juga bergantung pada jenis vaksin. Sebagian vaksin bahkan membutuhkan suhu yang lebih dingin agar bisa disimpan dengan jangka waktu yang lama.

Land Cruiser memang menjadi salah satu aktor penting untuk tugas ini. Dengan mesin 4.5L turbo diesel, suspensi depan dan belakang yang rigid, sistem penggerak empat roda, serta kemampuannya melahap berbagai kondisi jalan merupakan salah satu keunggulan mobil ini sejak 1990-an silam.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru Toyota dan bekas terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top