Toyota Luncurkan Mobil Balap Hypercar GR010 Hybrid, Debut WEC 2021

15/01/2021

Mobil baru

5 menit

Jelang bergulirnya WEC musim 2021, Toyota jadi pabrikan pertama yang memperkenalkan mobil balap LMH (Le Mans Hypercar) miliknya. Perkenalkan, GR010 Hybrid.

Setelah mendominasi WEC dan Le Mans selama dua musim terakhir, Toyota TS050 resmi dipensiunkan. Sebagai suksesor, pabrikan Jepang itu meluncurkan mobil balap hypercar baru yang diberi nama GR010, dan akan turut serta di musim perdana kategori baru WEC LMH (Le Mans Hybrid).

Setelah pertama kali dipamerkan lewat prototype berkamuflase pada Le Mans 24 Jam tahun lalu, Toyota GR010 Hybrid tampil dengan livery yang didominasi warna putih dengan corak merah dan hitam, yang menggabungkan huruf GR dari sub-brand motorsport Gazoo Racing.

>>> Peugeot Umumkan Detail Hypercar Balap LMH, Pakai Mesin V6 Hybrid

Mobil balap era baru WEC, tidak sekencang LMP1

Hypercar Toyota GR010 Hybrid juga menandakan era baru WEC, yang resmi menutup era LMP (Le Mans Prototype), dan menggantikannya dengan LMH (Le Mans Hypercar).

Sesuai dengan namanya, Toyota GR010 Hybrid menggunakan konsep hybrid four-wheel drive dengan mesin 3.5L V6 twin-turbo dengan tenaga 671 HP yang menggerakkan roda belakang, dipadukan dengan MGU (Motor Generator Unit) 268 HP yang menggerakkan roda depan.

Tampilan depan Toyota GR010 Hybrid

Masih mengadopsi konsep hybrid, tenaga mobil dibatasi di 671 HP

Namun, sesuai dengan ketentuan regulasi Le Mans Hypercar (LMH), tenaga mobil dibatasi di 671 HP, yang berarti sistem hybrid mobil akan mengurangi output tenaga mesin berdasarkan boost hybrid yang digunakan.

Selain itu, mobil juga akan memiliki bopbot minimal 1.040 kg, lebih berat 162 kg dibanding TS050. Secara dimensi juga lebih panjang 250 mmm, lebih lebar 100 mm, dan lebih tinggi 100 mm. Dan secara teoritis, mobil ini akan lebih lambat sekitar 10 detik di Sirkuit de la Sarthe, Le Mans.

Untuk mengkompensasi penurunan performa yang disebabkan pembatasan tenaga mesin dan bobot mobil yang lebih berat, hypercar Toyota GR010 Hybrid hadir dengan desain aerodinamika yang dioptimalkan untuk efisiensi mobil, dan didevelop dengan software Computational Fluid Dynamics yang canggih dan wind tunnel test.

Tampilan samping dan belakang Toyota GR010

Di kategori LMH, mobil cuma diperkenankan memakai satu bodywork yang telah dihomologasi

Namun lagi-lagi karena alasan regulasi, Toyota hanya diperkenankan untuk memakai satu paket aerodinamika yang telah dihomologasi, dengan satu komponen aero yang bisa diatur. Oleh karena itu, GR010 Hybrid akan memakai body yang sama sepanjang musim, dengan sayap belakang yang bisa diatur mengubah karakteristik aero mobil.

>>> Porsche Balik Ramaikan Kategori WEC Prototype, Adopsi Regulasi LMDh

Pertahankan line-up pembalap musim lalu, bagaimana versi jalanannya?

Seperti dijelaskan di atas, Toyota GR010 Hybrid merupakan mobil balap WEC generasi baru untuk mengikuti kategori LMH (Le Mans Hypercar) yang dimulai musim 2021. Selain performa mobil yang dibatasi, WEC juga menerapkan BoP (Balance of Performance) untuk pertama kalinya di kelas tertinggi, di mana batasan spesifikasi tiap-tiap mobil akan berubah dari balapan ke balapan.

Untuk musim 2021, yang merupakan tahun kesembilan di WEC, Toyota Gazoo Racing mempertahankan line-up pembalap yang mempersembahkan titel Le Mans 24 jam dan juga juara dunia pembalap serta konstruktor LMP1 musim 2020.

Kokpit hypercar balap Toyota GR010 Hybrid

Kokpit mobil balap GR010 hybrid

Juara dunia 2020, Mike Conway, Kamui Kobayashi, dan Jose Maria Lopez akan mengendarai GR010 Hybrid #7, sedang Sebastien Buemi, Kazuki Nakajima, dan Brendon Hartley akan mengendarai mobil serupa dengan nomor start #8, peran sebagai pembalap cadangan dan tes kembali diemban Nyck de Vries.

Untuk musim 2021, setidaknya lima tim sudah mengonfirmasi keikutsertaan di kategori LMH (Le Mans Hypercar), yakni Toyota, Scuderia Cameron Glickenhaus dengan mobil LMH, dan ByKolles Racing serta Alpine, yang akan memakai mobil balap LMP1.

Toyota GR010 Hybrid sedang dites

GR010 Hybrid akan memulai debut kompetitifnya di Sebring 1.000 mil pada 19 Maret

WEC musim 2021 akan berlangsung selama enam balapan, dimulai dari Sebring 1.000 mil pada 19 Maret, lalu Spa-Francorchamps (1 Mei), kemudian Le Mans 24 jam 2021 pada 13 Juni. Kemudian dilanjutkan dengan Monza 6 jam (18 Juli), Fuji 6 jam (26 September), dan Bahrain 6 Jam (20 November).

Prototype Toyota GR Super Sport di ajang Le Mans 24 jam

Apakah versi produksi GR010 Hybrid akan hadir dengan konsep targa-top?

Untuk memenuhi syarat homologasi kategori LM Hypercar di World Endurance Championship, Toyota harus membangun setidaknya 20 unit varian road-legal dari hypercar balapnya. Namun, belum diketahui bagaimana spesifikasi GR010 Hybrid versi jalanan.

Namun, jika melihat Toyota GR Super Sport yang dipakai mengarak trofi Le Mans 24 Jam September 2020 lalu, bisa jadi versi produksi Toyota GR010 Hybrid akan memiliki atap convertible dengan konsep targa.

>>> Simak berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top