Toyota Luncurkan Land Cruiser Istimewa Untuk Rayakan Ulang Tahun ke-70

03/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Merayakan ulang tahun ke-70 Land Cruiser, Toyota meluncurkan Land Cruiser 70 Series anniversary edition. Mobil ini diproduksi 600 unit untuk Australia

Sembari menunggu hadirnya Toyota Land Cruiser 300 Series di dealer, pabrikan asal Jepang ini meluncurkan edisi ulang tahun ke-70 SUV versi 'pekerja' legendaris mereka, Land Cruiser 70 Series.

70 Series sendiri sudah dipasarkan dari tahun 1980-an, dan Toyota belum berniat menghentikan penjualan SUV ini. Meski modelnya sudah berusia lebih dari 30 tahun, 70 Series masih tetap populer di beberapa negara.

Tak Lekang Oleh Zaman

Meski SUV pekerja keras terus dikembangkan oleh para pesaing Toyota, nyatanya mobil ini masih tetap dibeli meski setia dengan tampilan klasiknya. Beberapa fitur kenyamanan seperti AC dan Cruise Control saja baru ditambahkan beberapa tahun lalu. Mobil ini bahkan belum dibekali Power Window hingga saat ini!

>>> Rumor Kehadiran Toyota Fortuner GR Sport Makin Kencang, Pengganti TRD?

Gambar Land Cruiser 70 Series

Tampilannya tak banyak berubah sejak diluncurkan pada tahun 1980-an

Di Indonesia memang populasi Land Cruiser 70 Series memang tidak banyak. Namun, jika ada yang menjualnya dalam kondisi baru atau bekas, pasti harganya cukup fantastis dikarenakan kelangkaan dan permintaan dari para penggemar setianya.

Mobil ini tentu tak senyaman 200 Series yang banyak dipakai oleh para pejabat dan konglomerat Tanah Air, karena mobil ini lebih dikenal akan ketangguhannya. Hal itu mengakar dari 40 Series atau FJ40 yang lebih dikenal sebagai 'hardtop'.

Apa yang Membedakan di Edisi Anniversary?

Kembali ke 70 Series edisi anniversary, ada beberapa elemen yang membedakan mobil spesial ini dengan versi standarnya. Sebagai permulaan, tiap mobil ini akan dibedakan dari lencana Land Cruiser 'Heritage' di atas roda depan beserta logo ulang tahun ke-70.

Gambar Perbedaan Land Cruiser 70 Series

Perbedaan versi standar dan 70th Anniversary Edition

Mobil ini juga dibekali 'Heritage Grille' hitam dengan huruf TOYOTA, bumper depan hitam, suar fender hitam, velg 16 inci berwarna gelap, bezel lampu depan berwarna, dan lampu kabut depan dan Daytime Running Light LED.

Interior mobil ini hadir dengan trim kain hitam, dan lingkar kemudi serta kenop persneling beraksen kulit hitam. Panel instrumen memiliki trim tampilan serat kayu dan ada aksen perak untuk ventilasi udara serta panel hitam untuk trim sakelar power window di pintu.

Konsol tengah hitam baru hadir dengan dua pengisi daya USB Tipe A 2.1-amp tambahan dan sepasang cupholder.

Di sektor lainnya, mobil ini sama dengan 70 Series standar. Tetap dibekali mesin V8 turbo-diesel 4,5 liter bertenaga 202 HP dengan torsi 430Nm dan transmisi manual 5-percepatan.

>>> Toyota Crown Menteri Jokowi Dapat Dua Trim Penyegaran di Jepang

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top