Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Jepang dan Indonesia

15/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Jepang dan Indonesia
Meski Toyota adalah pabrikan Jepang, tak berarti mereka selalu menjadi prioritas untuk mobil baru. Termasuk Corolla Cross yang baru diluncurkan di sana.

Toyota Corolla Cross pertama kali diperkenalkan di Thailand pada Juli 2020. Setelah itu, negara lain di Asia Tenggara termasuk Indonesia pun ikut memperkenalkan Corolla versi SUV ini.

Butuh waktu satu tahun hingga Corolla Cross diperkenalkan di Amerika Serikat di awal tahun 2021, dan akhirnya Toyota meluncurkan versi JDM (Japanese Domestic Market) dari mobil ini di Jepang.

Lantas, apa saja yang membedakan mobil versi JDM ini dengan yang ada di negara lain termasuk Indonesia? Mari kita simak satu persatu perbedaannya.

>>> Wah! Ada Toyota Corolla Wagon Bermesin Hybrid, Begini Bentuknya

Gambar Toyota Corolla Cross Indonesia

Apa perbedaan Toyota Corolla Cross JDM dengan versi yang dipasarkan di Tanah Air?

Fascia Depan Lebih Agresif

Meski secara keseluruhan masih mobil yang sama, Toyota Corolla Cross versi Jepang memiliki fascia depan yang lebih agresif. Ini berkat lampu utama yang mengusung proyektor LED dan DRL memiliki desain yang lebih ramping bak wajah yang sedang mengernyit.

Berbeda dengan versi di negara lain yang menggunakan main grille trapezoid, Corolla Cross JDM mengusung desain grille kecil dan tertutup bak mobil listrik. Tak ketinggalan, ada emblem 'C' di bagian tengah grille yang menjadi ciri khas Corolla JDM.

Grille trapezoid tersebut digeser ke bagian bawah dan diperbesar dengan rumah fog lamp yang kini berada di ujung kiri dan kanan bumper.

Gambar Grille Corolla Cross

Main grille trapezoid dipindahkan ke bagian bawah bumper

Bagian belakang juga diubah meski jauh lebih minor. Perubahan tersebut dapat Anda temukan pada desain bumper dan lampu kombinasi, serta hadirnya lis chrome yang membuat tampilan mobil lebih berkelas.

>>> Sosok Toyota Corolla E70 Jika Terlahir Kembali 

Sedangkan bagian interior cenderung sama dengan versi di negara lain, termasuk layout dashboard dan panel instrumennya. Oh iya, mobil ini juga dibekali Toyota Safety Sense (TSS) sebagai fitur standar.

Gambar Interior Corolla Cross

Tak ada perubahan di bagian interior

Fitur TSS- tersebut terdiri dari Autonomous Emergency Braking, Cyclist Detection, Adaptive Cruise control, Blind Spot Monitoring, Lane Centering Assist, Traffic Sign Recognition, serta Automatic High Beam.

Memiliki Tipe Lebih Beragam

Toyota Corolla Cross JDM menggunakan platform TNGA-C dan memiliki dua pilihan mesin, bensin dan hybrid. Varian mesin bensin ditawarkan dalam 4 tipe yang berbeda, X; G; S; dan Z. Sedangkan varian hybrid ditawarkan dalam 3 tipe, G; S; Z. Tak hanya itu, versi JDM juga dibekali dengan opsi penggerak AWD.

Mesin bensin Corolla Cross versi Jepang memiliki kode mesin 2ZR-FAE berbeda dengan yang dipasarkan di Tanah Air dengan kode 2ZR-FE. Mesin tersebut memiliki teknologi Valvematic yang membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih efisien. Sedangkan varian hybrid mengusung mesin 2ZR-FXE yang sama dengan versi negara lain.

Gambar Corolla Cross JDM

Dengan tipe yang lebih beragam, mobil versi JDM ini jauh lebih menarik dibanding yang ada di Indonesia

Mobil ini ditawarkan mulai dari 1,999,000 yen (setara Rp 260 juta) untuk tipe termurah hingga 3.199.000 yen (setara Rp 416 juta) untuk tipe paling tinggi.

>>> Dapatkan harga mobil baru Toyota dan promo menarik hanya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top