Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Jepang dan Indonesia

15/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Meski Toyota adalah pabrikan Jepang, tak berarti mereka selalu menjadi prioritas untuk mobil baru. Termasuk Corolla Cross yang baru diluncurkan di sana.

Toyota Corolla Cross pertama kali diperkenalkan di Thailand pada Juli 2020. Setelah itu, negara lain di Asia Tenggara termasuk Indonesia pun ikut memperkenalkan Corolla versi SUV ini.

Butuh waktu satu tahun hingga Corolla Cross diperkenalkan di Amerika Serikat di awal tahun 2021, dan akhirnya Toyota meluncurkan versi JDM (Japanese Domestic Market) dari mobil ini di Jepang.

Lantas, apa saja yang membedakan mobil versi JDM ini dengan yang ada di negara lain termasuk Indonesia? Mari kita simak satu persatu perbedaannya.

>>> Wah! Ada Toyota Corolla Wagon Bermesin Hybrid, Begini Bentuknya

Gambar Toyota Corolla Cross Indonesia

Apa perbedaan Toyota Corolla Cross JDM dengan versi yang dipasarkan di Tanah Air?

Fascia Depan Lebih Agresif

Meski secara keseluruhan masih mobil yang sama, Toyota Corolla Cross versi Jepang memiliki fascia depan yang lebih agresif. Ini berkat lampu utama yang mengusung proyektor LED dan DRL memiliki desain yang lebih ramping bak wajah yang sedang mengernyit.

Berbeda dengan versi di negara lain yang menggunakan main grille trapezoid, Corolla Cross JDM mengusung desain grille kecil dan tertutup bak mobil listrik. Tak ketinggalan, ada emblem 'C' di bagian tengah grille yang menjadi ciri khas Corolla JDM.

Grille trapezoid tersebut digeser ke bagian bawah dan diperbesar dengan rumah fog lamp yang kini berada di ujung kiri dan kanan bumper.

Gambar Grille Corolla Cross

Main grille trapezoid dipindahkan ke bagian bawah bumper

Bagian belakang juga diubah meski jauh lebih minor. Perubahan tersebut dapat Anda temukan pada desain bumper dan lampu kombinasi, serta hadirnya lis chrome yang membuat tampilan mobil lebih berkelas.

>>> Sosok Toyota Corolla E70 Jika Terlahir Kembali 

Sedangkan bagian interior cenderung sama dengan versi di negara lain, termasuk layout dashboard dan panel instrumennya. Oh iya, mobil ini juga dibekali Toyota Safety Sense (TSS) sebagai fitur standar.

Gambar Interior Corolla Cross

Tak ada perubahan di bagian interior

Fitur TSS- tersebut terdiri dari Autonomous Emergency Braking, Cyclist Detection, Adaptive Cruise control, Blind Spot Monitoring, Lane Centering Assist, Traffic Sign Recognition, serta Automatic High Beam.

Memiliki Tipe Lebih Beragam

Toyota Corolla Cross JDM menggunakan platform TNGA-C dan memiliki dua pilihan mesin, bensin dan hybrid. Varian mesin bensin ditawarkan dalam 4 tipe yang berbeda, X; G; S; dan Z. Sedangkan varian hybrid ditawarkan dalam 3 tipe, G; S; Z. Tak hanya itu, versi JDM juga dibekali dengan opsi penggerak AWD.

Mesin bensin Corolla Cross versi Jepang memiliki kode mesin 2ZR-FAE berbeda dengan yang dipasarkan di Tanah Air dengan kode 2ZR-FE. Mesin tersebut memiliki teknologi Valvematic yang membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih efisien. Sedangkan varian hybrid mengusung mesin 2ZR-FXE yang sama dengan versi negara lain.

Gambar Corolla Cross JDM

Dengan tipe yang lebih beragam, mobil versi JDM ini jauh lebih menarik dibanding yang ada di Indonesia

Mobil ini ditawarkan mulai dari 1,999,000 yen (setara Rp 260 juta) untuk tipe termurah hingga 3.199.000 yen (setara Rp 416 juta) untuk tipe paling tinggi.

>>> Dapatkan harga mobil baru Toyota dan promo menarik hanya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top