Toyota Launching Tiga Mobil Listrik di Cina, Satu Masuk Indonesia?

03/05/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Toyota Launching Tiga Mobil Listrik di Cina, Satu Masuk Indonesia?
Toyota tengah serius menggarap pangsa mobil listrik di Cina, pabrikan Jepang itu memperkenalkan tiga model sekaligus pekan ini, yakni Toyota CH-R EV, IZOA EV, dan Lexus UX300e.

Cina merupakan salah satu pasar yang sudah menerima mobil listrik dengan positif, tak ayal banyak sekali pabrikan yang menjadikan negeri Tirai Bambu itu sebagai tujuan utama mobil listriknya, tak terkecuali Toyota.

Line-up mobil listrik Toyota di Cina, CH-R EV dan IZOA EV

Toyota CH-R EV dan IZOA EV meruakan hasil dua perusahaan joint venture Toyota di Cina

Akhir April lalu, Toyota memperkenalkan line-up mobil listriknya di Cina. Tidak satu, tidak dua, melainkan tiga mobil listrik Toyota dipasarkan di saat bersamaan, yakni Toyota CH-R EV, IZOA EV, dan merek premium Lexus UX300e.

>>> Setelah Yaris Cross, Toyota siapkan SUV baru berbasis Corolla

Pakai basis sama, spesifikasi mirip-mirip

Kehadiran mobil listrik Toyota CH-R EV dan IZOA EV sudah terendus sejak dipamerkan di Beijing Motor Show 2018, sementara itu Lexus UX300e diperkenalkan akhir tahun lalu.

Untuk Toyota CH-R EV dan IZOA EV, keduanya terlihat sangat identik. Hal ini masuk akal mengingat keduanya dibuat oleh dua perusahaan joint-venture di Cina CH-R EV (GAC Toyota Motor Co., Ltd.) dan IZOA EV (FAW Toyota Motor Sales Co., Ltd.). Sementara itu, UX300e merupakan varian BEV dari Lexus UX yang sudah dijual sejak 2018.

Platform TNGA-C yang dipakai untuk mobil listrik Toyota

Ketiga mobil listrik Toyota berdiri di atas platform TNGA-C

Sama-sama dibangun di atas platform TNGA-C, ketiga mobil listrik Toyota memiliki spesifikasi yang cukup identik. Spesifikasinya juga tidak berbeda jauh, ketiganya juga menggunakan baterai yang sama, yaitu baterai berkapasitas 54,3 kWh.

Mengingat UX300e merupakan varian BEV dari line-up UX, tidak ada perbedaan signifikan dari UX300e dari model Lexus UX lainnya, paling hanya emblem electric dan port charging di sebelah kanan mobil.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Lexus UX300e siap masuk Indonesia?

Hadir sebagai mobil listrik pertama Lexus, UX300e memiliki spesifikasi berbeda jika dibandingkan line-up Lexus kebanyakan. Dimulai dari powertrain, motor listrik yang dipakai menghasilkan tenaga 200 HP dan torsi 300 Nm, yang menggerakkan kedua roda depan.

Mobil listrik Lexus UX300e, yang kemungkinan akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat

Interior Lexus UX300e

Charging port mobil listrik Lexus 300e

Detail Lexus UX300e, yang kemungkinan akan dijual di Indonesia

>>> Jangan lewatkan berita paling update seputar mobil baru di sini

Lexus UX300e menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 54.3 kWh dengan range mengemudi 400km untuk satu kali pengisian. Baterai tersebut diisi dengan kemampuan pengisian AC dengan kapasitas 6.6kW. Crossover listrik satu ini juga mendukung pengisian daya DC dengan kapasitas pengisian mencapai 50kW.

Setelah diperkenalkan di Cina, UX300e rencananya akan hadir di Eropa dalam waktu dekat, dengan Jepang menyusul tahun 2021. Dari rumor yang berkembang, Toyota juga akan menghadirkan line-up mobil listrik di Indonesia, apakah itu Lexus UX300e? Menarik untuk ditunggu.

>>> Berita otomotif terbaru bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Toyota Patenkan Nama Urban Cruiser Untuk Rebadging Vitara Brezza

28/04/2020

Mobil baru

4 menit

Toyota sudah menemukan nama untuk mobil hasil rebadging Suzuki Vitara Brezza facelift, pabrikan Jepang itu telah mematenkan nama Urban Cruiser untuk sang SUV kompak.

Lihat juga

Dapat Restu, Mobil Listrik Toyota Akan Diproduksi di Thailand

24/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota Motor Corp telah memperoleh persetujuan resmi dari Dewan Investasi atas rencananya untuk memproduksi mobil listrik Toyota dan hibrida plug-in di Thailand.

Lihat juga

Toyota New Agya 2020 Meluncur, Toyota Agya Lama Diskon Rp 8 Juta

21/03/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan facelift Toyota New Agya 2020 pertengahan Maret ini, membuat Toyota Agya lama diskon Rp 8 juta. Kesempatan terbatas!

Lihat juga

Tanpa Mesin Turbo, Tenaga Toyota GR86 Tetap Naik

27/04/2020

Mobil baru

4 menit

Rumor seputar kehadiran Toyota GR86 makin kencang, yang terbaru mobil yang didevelop bersama Subaru BRZ itu tidak jadi pakai platform TNGA dan mesin Turbo, dan memilih untuk mempertahankan konsep saat ini.

Lihat juga

Baru Juga Muncul, Toyota Harrier GR Sport Sudah Siap Mengaspal?

22/04/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota Harrier generasi keempat baru saja diumumkan untuk segera meluncur ke publik, apakah varian Toyota Harrier GR Sport juga siap sekalian mengaspal?

Lihat juga
 
back to top