Toyota Land Cruiser Seri 300 Dilengkapi VIN Mikro

05/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Land Cruiser Seri 300 dilengkapi VIN mikro berupa titik-titik hitam dengan lokasi yang tersembunyi dan membutuhkan peralatan khusus untuk membacanya

Jujur saja, Toyota Land Cruiser seri lama atau seri baru memang memancarkan pesona tersendiri. Bandel, tangguh dan tak lekang oleh waktu membuat pahlawan asal negeri matahari terbit itu punya nilai jual luar biasa. Jangan heran kalau maling pun menjadikan Toyota Land Cruiser sebagai salah satu produk  favorit untuk “dipetik”.   

>>> Mendukung Aktivitas Off-road, Inilah Fitur Canggih Multi-terrain Monitor

VIN Mikro 

gambar vin

Salah satu lokasi VIN Toyota Land Cruiser 300 yang berada dekat baterai

Memahami kondisi tersebut, Toyota memberikan sentuhan khusus untuk Toyota Land Cruiser 300. Bukan sekadar teknologi seperti remote keyless dan immobilizer untuk mencegah pencurian yang nyata-nyata masih bisa dijebol oleh pencuri dengan perangkat canggih.  Lebih jauh lagi, Toyota menerapkan teknologi mikro untuk Toyota Land Cruiser 300. 

gambar vin

Beberapa lokasi penempatan VIN pada mobil 

Setelah mobil dicuri, para pelaku berupaya menghapus VIN (vehicle identification number), beserta nomer mesin dan nomer sasis untuk menghilangkan data kepemilikan terdahulu. Pada beberapa merek mobil, data VIN tertera pada bagian depan dashboard dekat kaca depan sehingga mudah dilihat. Bagi merek lain, data VIN diterakan pada sasis atau plat.  

VIN Inovatif

gambar vin

VIN Toyota Land Cruiser 300 berupa titik-titik hitam

Lalu di mana letak VIN Toyota Land Cruiser 300? Menurut YouTuber Rusia, Privettachka, yang baru-baru ini membuat review Toyota Land Cruiser 300, VIN-nya berupa titik-titik hitam yang ditempatkan di dekat battery. Sepintas, tidak ada yang istimewa dari titik-titik hitam itu. Setelah dilihat dengan mikroskop, titik-titik hitam itu adalah VIN dengan komposisi unik. Jadi kalau pencuri Toyota Land Cruiser berhasil menghapus VIN di  windshield dan pilar pintu, polisi tahu statusnya sebagai mobil curian.  

gambar vin

VIN Toyota Land Cruiser Seri 300 dilihat di bawah mikroskop 

Tentu saja Toyota tahu kalau para pencuri sudah menonton video YouTuber Rusia, Privettachka. Makanya, lokasi VIN Toyota Land Cruiser 300 akan berganti-ganti lokasi yang tidak mudah diakses. Selain itu hanya orang tertentu yang punya akses untuk mengetahui lokasi VIN Toyota Land Cruiser 300 berdasarkan batch produksi.  

Inovasi seperti ini kemungkinan besar akan diteruskan pada produk Toyota lainnya semisal Lexus LX generasi terbaru untuk pasar Amerika Serikat. Pada sisi lain, inovasi ini membantu menurunkan premi asuransi untuk Toyota Land Cruiser 300 dan boleh jadi akan ditiru oleh pabrikan otomotif lainnya.   

>>> Toyota Land Cruiser 300 Tiba di Vietnam, Kapan Masuk Indonesia?

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top