Toyota Land Cruiser Prado 2023, Sang Penerus Legenda

08/07/2021

Mobil baru

3 menit

Toyota Land Cruiser Prado 2023 siap melanjutkan legenda generasi sebelumnya yang sudah menjadi benchmark dalam segmen pasar medium SUV untuk pasar global

Di mana ada Toyota Land Cruiser, selalu ada sang anak yang setia mendampingi—Toyota Land Cruiser Prado. Ya, Toyota Motor Corporation memang menciptakan Toyota Land Cruiser Prado bagi konsumen yang membutuhkan kapabilitas Toyota Land Cruiser dalam dimensi yang lebih bersahabat. Biar mudahnya begini saja, Toyota Land Cruiser Prado adalah versi miniatur berukuran 7/8 dari Toyota Land Cruiser (versi full size). 

Sejalan kehadiran Toyota Land Cruiser Seri 300 baru-baru ini, Toyota Motor Corporation merasa sudah tiba waktunya untuk menghadirkan generasi terbaru Toyota Land Cruiser Prado 2023. Maklum saja, Toyota Land Cruiser Prado yang saat ini beredar adalah generasi ke-empat dengan kode J150 yang sudah masuk pasar sejak September 2009. Kabarnya, Toyota Land Cruiser Prado gen-5 akan masuk pasar sekitar  Agustus-September 2022 atau 2023.

>>> Mendukung Aktivitas Off-road, Inilah Fitur Canggih Multi-terrain Monitor

Ganti Generasi

Dari segi penampilan luar, sosok Toyota Land Cruiser Prado versi full model change akan mengadaptasi gaya desain eksterior Toyota Land Cruiser 300. Selanjutnya fascia depan akan tampil baru disertai desain yang lebih dinamis dan modern.

gambar toyota

Toyota Land Cruiser Prado J150, sudah beredar sejak September 2009

Sedangkan dimensinya mirip  dengan generasi J150—4.825 mm (panjang) x 1.885 mm (lebar) x 1.835 mm (tinggi).  Selanjutnya jarak sumbu roda dimelarkan 50 mm sehingga kabin lebih nyaman dan meningkatkan  stabilitas.  

Penerus Tradisi

Serupa dengan pendahulunya, Toyota Land Cruiser Prado terbaru masih menganut  ramuan konstruksi body on frame, suspensi depan  independent double wishbone, dan suspensi belakang rigid axle/per keong/trailing link.

gambar sasis

 Toyota Land Cruiser Prado terbaru tetap memakai platform generasi sebelumnya

Untuk varian Toyota Land Cruiser Prado terbaru nantinya akan tersedia dengan pilihan  5-seater (kursi dua baris) dan  7-seater (kursi tiga baris). Biasanya, pilihan varian 5 penumpang atau 7 penumpang tersedia untuk pasar Australia dan Jepang. 

gambar mesin

Mesin clean diesel 2,8 liter menjadi favorit konsumen 

Pilihan mesin mencakup "clean" diesel 2.8-liter dan bensin 2.7-liter.  Kabarnya, mesin  diesel dilengkapi  dengan sistem twin turbo untuk mengoptimalkan performa dan mengurangi konsumsi bahan bakar serta memenuhi standar emisi gas buang yang lebih tinggi.

Gambar render Land Cruiser Prado

Render Land Cruiser Prado

Output mesin disalurkan oleh  transmisi otomatis 6-speed atau 8-speed menuju semua roda melalui sistem full time 4WD. Toyota juga menyiapkan mesin 2.5-liter hybrid sesuai perkembangan kebutuhan dan siap rilis sekitar tahun  2024.  

Fitur Lengkap

Toyota Safety Sense menjadi fitur standar yang terintegrasi dengan sektor keselamatan, keamanan, off-road driving, dan kenyaman bagi para penumpang. Sebagai hiburan sepanjang perjalanan, tersedia layar sentuh 12,3 inci (setara Toyota Harrier) lengkap beserta  sistem navigasi dan sistem audio. Untuk konsumen Jepang, Toyota Land Cruiser Prado terbaru ini dipasarkan dalam pilihan varian GR SPORT,  TX bensin, TX diesel, dan  TX-G diesel dengan target penjualan sekitar  4.000 unit per bulan.

>>> Simak Keistimewaan Toyota Land Cruiser Prado 70th Anniversary

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top