Toyota Land Cruiser 300 Tiba di Vietnam, Kapan Masuk Indonesia?

09/07/2021

Mobil baru

3 menit

Land Cruiser 300 generasi baru memiliki teknologi terdepan saat ini termasuk platform sasis TNGA, sistem keselamatan global TSS, mesin 3.5 V6 Turbo.

Toyota perkenalkan Land Cruiser 300 generasi terbaru di pasar Asia Tenggara tepatnya di Vietnam. SUV ini akan secara resmi tersedia di dealer nasional Vietnam mulai 5 Agustus mendatang.

>>> Toyota Land Cruiser Prado 2023, Sang Penerus Legenda

Menggunakan Platform TNGA dan Toyota Safety Sense

Land Cruiser 300 generasi baru telah didesain ulang dan mewarisi nilai-nilai unik dari seri 200 yang diluncurkan pada tahun 2007 silam. Sebagai produk unggulan dari lini Land Cruiser, model ini selalu menjadi yang terdepan dalam proses pengembangan dan juga diakui mengintegrasikan teknologi terbaru.

Tampilan  Land Cruiser terbaru (300 Series)

Tampilan Land Cruiser terbaru (300 Series)

Dengan warisan nilai-nilai inti dari pendahulunya dan keinginan untuk menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi pengemudi. Land Cruiser baru dikembangkan dengan platform TNGA (Toyota New Global Architecture), berkontribusi untuk mengurangi bobot kendaraan. Sasis juga telah didesain ulang untuk mengurangi berat dan meningkatkan kekakuan, pusat gravitasi kendaraan telah diturunkan dan struktur suspensi telah diperbaiki.

Gambar menunjukan Bangku

Kursi Land Cruiser terbaru (300 Series)

Alhasil, pengemudi lebih mudah mengendalikan SUV ini dan tidak merasa lelah diperjalanan. Selain itu Land Cruiser 300 generasi baru juga dibekali dengan sistem keselamatan terkemuka di dunia yakni Toyota Safety Sense yang termasuk Pre-Collision Warning System, Active Cruise Control, Lane Keeping Assist, Auto High Beam. 

Gambar menunjukan Interior mobil

Tampilan interior Land Cruiser terbaru (300 Series)

Selain itu sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut juga termasuk seperti Vehicle Dynamics Integrated Management, Active noise control, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Crawl Control , Rear Camera Detect, Electric Parking Brake, Panoramic View Monitor.

Gambar rangka TNGA Toyota Land Cruiser 300

Land Cruiser seri 300 pakai rancang bangun TNGA

Kemudian generasi terbaru ini juga mengintegrasikan banyak fitur keselamatan aktif dan pasif lainnya seperti 10 airbag, Anti-lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution System, Brake Assist.Emergency, Electronic Stability Control, Hill Start Assist, Downhill Assist System.

>>> Semprot Disinfektan di Jalan Dinilai Buang-buang Waktu, Uang dan Energi

Sementara itu untuk dapur pacunya dibekali dengan dua pilihan mesin bensin dan diesel. Sedangkan untuk pasar Vietnam, ditawarkan mesin bensin twin-turbo 3.5-liter V6 dengan tenaga maksimal 409 daya kuda pada 5200 rpm dan torsi maksimum 650 Nm pada 2000 - 3600. Tak hanya bertenaga mesin tersebut juga diklaim ramah lingkungan ​karena sudah memenuhi standar emisi Euro 5.

>>> Cara Mudah Membeli Mobil Baru Diskon PPnBM 100% di Masa PPKM Darurat

Land Cruiser 300 Ada Rencana Masuk Indonesia?

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek Toyota di Tanah Air dikabarkan juga berencana memasarkan Land Cruiser terbaru (300 Series). Namun belum ada kepastian kapan rencana ini akan terwujud.

Gambar Toyota Land Cruiser 300

Trim Toyota Land Cruiser seri 300 yang mana akan masuk Indonesia?

"Untuk saat ini kami belum bisa jawab (kapan), tetapi memang ada rencana untuk memperkenalkan mobil ini ke pasar Indonesia. Kami tahu penggemar Land Cruiser di Indonesia memang banyak dan demand mobil untuk mobil ini cukup tinggi. Jadi ditunggu saja." jawab Anton Jimmi Suwandi, Direktur Pemasaran PT TAM. 

>>> Sprint 0-100 Toyota Land Cruiser Spektakuler!

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top