Toyota Land Cruiser 300 Bakal Punya Versi Tahan Peluru, Secanggih Apa?

12/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Land Cruiser 300 Tahan Peluru menjadi mobil favorit terbaru konsumen Afrika Selatan yang membutuhkan kendaraan ekslusif yang aman dari tindak kriminal

Apakah Anda termasuk salah satu konsumen Toyota Land Cruiser 300 yang kebagian jatah menunggu hingga lebih dari setahun? Kalau ya, harap urat sabarnya dipanjangkan lagi. Selain krisis prosesor mikro yang menyebabkan gangguan produksi, ternyata ada sebagian daftar inden TLC 300 yang dikembangkan untuk pasar yang lebih khusus dan spesifik.  

Mobil Tahan Peluru   

gambar tahan peluru

Mobil tahan peluru menjadi kebutuhan penting di Afrika Selatan karena  angka kriminalitas tinggi  

Mengingat sangat tingginya angka tindakan kriminalitas terutama pembajakan dan perampokan bersenjata di wilayah paling selatan benua Afrika, maka kendaraan lapis baja (bukan panser atau tank) menjadi kebutuhan mutlak. Kendaraan lapis baja di sini bukan panser atau tank, melainkan kendaraan “normal” yang dilengkapi lapisan balistik khusus untuk meredam tembakan peluru senjata api aneka kaliber. 

Adalah rumah modifikasi spesialis mobil lapis baja asal Pretoria, Afrika Selatan, SVI Engineering, yang kini ngebut mengembangkan Toyota Land Cruiser 300 versi tahan peluru dalam dua bulan.  Menurut SVI Engineering, TLC 300 akan dilindungi dengan lapisan balistik tahan peluru. Dengan demikian TLC 300 akan melanjutkan tradisi mobil VIP tahan peluru seperti TLC 200 yang sangat populer di Afrika Selatan.  

>>> Inden Land Cruiser 300 Bisa 4 Tahun Gegara Krisis Chip

Modifikasi Ekstrem 

gambar kabin

Kabin diisi panel komposit yang ringan namun kuat menahan tembakan peluru senapan serbu  

Langkah awal tim SVI Engineering adalah mengosongkan seluruh kabin dan kemudian dimasukkan perangkat three-axis measuring arm serta 3D scanning tools untuk membuat  CAD model dari interior TLC 300.  Selanjutnya, lapisan komposit balistik tahan peluru dipasang di semua bagian kabin. Selain lebih ringan dibanding baja tahan peluru, lapisan komposit mampu menahan tembakan proyektil  kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm.  

Di Afrika Selatan, rating proteksi B6 boleh digunakan pada mobil sipil tanpa ijin khusus. Selain lapisan komposit balistik, TLC 300 juga mendapatkan  kaca jendela setebal 38 mm, plat baja dan material komposit lainnya.  Secara total, lapisan tahan peluru tersebut punya bobot sekitar 600 kg. Terkait tambahan bobot,  SVI Engineering akan meng-upgrade menyesuaikan suspensi, sedangkan mesin dinilai tidak ada masalah.   

Menurut SVI Engineering, biaya modifikasi Land Cruiser 300 tahan peluru dengan standar proteksi B6 mencapai  US$ 63.000 (di luar harga mobilnya). Mahal? Gang kriminal bersenjata senapan serbu  AK-47 selalu menebar teror  di setiap penjuru Afrika Selatan. Kalau gagal merampok, minimal harus bawa pulang Toyota hasil rampasan. Itu sebabnya SVI Engineering banyak terima order dari para pemilik Toyota untuk modifikasi lapis baja tahan peluru.  

>>> Mobil China Ini Terang-Terangan Caplok Desain Toyota Land Cruiser 2021

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top