Toyota Land Cruiser 300 Bakal Ditantang SUV China

28/07/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Baru juga meluncur sebulan lalu, Toyota Land Cruiser 300 rupanya akan segera mendapat rival baru. Adalah SUV China garapan GWM yang dinamakan Tank 600.

Toyota belum lama ini meluncurkan Land Cruiser 300. Meski demikian, Toyota Land Cruiser 300 rupanya sudah harus siap menghadapi rival terbarunya dari China. Adalah Great Wall Motors yang dikabarkan tengah menyiapkan SUV untuk menantang Toyota Land Cruiser 300. 

Mengutip Autoindustriya, pabrikan yang bermarkas di Baoding itu tengah membangun GWM Tank 600 untuk berhadapan dengan Land Cruiser 300. Rencananya GMW Tank 600 akan menjalani debut pada akhir tahun ini sekaligus diposisikan menjadi SUV termahal dari produsen asal China itu. 

GWM Tank 600

Tampilan GWM Tank 600 cukup identik dengan Land Cruiser

>>> Takut Dipakai Teroris, Toyota Larang Land Cruiser 300 Dijual Kembali

Tank 600 Punya Desain Kekar Mirip Land Cruiser

Dari sketsa desain yang beredar, Tank 600 akan memiliki bodi kekar. Tentu ini menjadi modal utama untuk berhadapan dengan Land Cruiser. Mulai dari grille depan yang tebal, ukuran pelek besar, fender flare besar, dan tampilan belakangnya tampak amat kokoh. Kalau melihat dari sisi desain, SUV andalan GWM ini bisa menjadi ancaman serius bagi Land Cruiser. 

Tampaknya GWM terinspirasi dari Land Cruiser dan juga Nissan Patrol kala mendesain SUV bongsornya ini. Di balik kapnya, Tank 600 akan dibekali mesin V6 Twin-turbo berkapasitas 3.0 dengan kode 6Z30. Berkat mesin itu, SUV ini bisa menghasilkan tenaga setara 354 PS dan torsi 500 Nm. 

GWM Tank 600

Bocoran mesin yang akan digunakan oleh GWM Tank 600

Tenaga itu kemudian akan disalurkan ke transmisi otomatis 8 percepatan lansiran ZF. Selain mesin V6, kabarnya GWM akan menghadirkan Tank 600 versi hybrid. 

Sayang hingga saat ini GWM belum mengungkap kapan waktu peluncuran dari Tank 600. Namun bila melihat sudah banyak bocoran yang beredar tampaknya sesaat lagi penantang Land Cruiser itu akan segera meluncur. 

>>> Toyota Land Cruiser 300 Tiba di Vietnam, Kapan Masuk Indonesia?

Bobot Land Cruiser Kini Lebih Ringan

Gambar Land Cruiser 300 Series

Land Cruiser 300 tampil makin kekar

Sekadar informasi, Land Cruiser 300 yang meluncur pada Juni telah mengusung platform GA-F dari TNGA (Toyota New Global Architecture) yang memiliki konstruksi body-on-frame. Platform tersebut mempertahankan kemampuan off-road yang baik, dan membawa peningkatan terhadap rigiditas, kekuatan, dan keseimbangan dinamis pada bodi mobil yang akan membantu peningkatan performa di jalan raya.

Platform baru itu membuat bobot Land Cruiser terpangkas 200 kg dibandingkan generasi Land Cruiser 200 Series. Meski begitu secara dimensi Land Cruiser 300 Sereis masih sama dengan pendahulunya. Land Cruiser terbaru dibekali dengan mesin dan transmisi baru yang dirancang untuk meningkatkan performa di jalan raya maupun di medan off-road terberat. Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin V6 twin-turbo baru yang dinilai lebih cekatan dibanding V8 konvensional dari generasi sebelumnya.

Adalah mesin bensin 3,5 liter yang menghasilkan tenaga 409 HP dan torsi 49 Nm, dan yang berikutnya adalah mesin diesel 3,3 liter yang menghasilkan tenaga 304 HP dan torsi 700 Nm. Kedua mesin mengirimkan tenaga ke keempat roda melalui transmisi otomatis 10-percepatan.

>>> Toyota Land Cruiser Tahan Peluru, Kendaraan Favorit di Afrika Selatan

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top