Toyota Land Cruiser 2021 Punya Rival Asal China, Launching 29 Agustus

22/08/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Keberadaan mobil China kini tak bisa dianggap enteng, salah satu brand asal Tiongkok yakni TANK akan menabuh genderang perang dengan Toyota Land Cruiser 2021

Eksistensi mobil asal China memang kini tak bisa dianggap remeh, salah satu brand asal Tiongkok yakni TANK akan menabuh genderang perang dengan Toyota Land Cruiser 2021!

TANK 600 Jadi Rival Toyota Land Cruiser 2021

Yes, rival Toyota Land Cruiser 2021 ini bernama resmi TANK 600 dan akan menjadi top of the line dari brand ini. Model ini juga mulai memasuki lini produksi di Basis Produksi Mobil Jingmen milik GWM (Great Wall Motor) Company.

Toyota Land Cruiser 300 2021

Toyota Land Cruiser 300 kini tak bisa tenang...

TANK 600 ini akhirnya menjadi wujud nyata, dan tak jauh berbeda dari sketsa yang telah dirilis sebelumnya, yakni TANK "X". Sejak sketsa ini muncul, sketsa ini terus memunculkan spekulasi penggemar Sport Utility Vehicle (SUV). Bahkan tim Cintamobil.com sebelumnya juga telah membahas kisi-kisi dari model ini.

TANK 600 2021

TANK 600 siap melawan Toyota Land Cruiser

TANK 600 ini diperkirakan menjadi model unggulan TANK setelah TANK 300 yang modelnya mirip Mercedes-Benz G-Class. Hype mobil ini pun diprediksi akan mencuit bahkan ada salah satu sumber yang menyebutkan bahwa mobil ini siap melenggang di publik pada tanggal 29 Agustus 2021 ini

Dikerjakan Desainer Eropa

TANK 600 ini didesain oleh Andrew Collinson, sosok yang sempat bekerja dengan Land Rover, General Motors, Mercedes-Benz, dan merek-merek mobil papan atas lainnya. Ia telah mendesain banyak mobil ternama di dunia.

Andrew Collinson, Great Wall Motor

Desainer TANK 600 ini berpengalaman di berbagai brand Eropa

Di bawah kepemimpinannya, tampilan tangguh TANK 600 sangat kental akan gaya klasik dan internasional. TANK 600 ini memakai bahasa desain baru dengan konsep business luxury yang berbeda dari TANK 300.

Gambar sketsa TANK 600

Ini dia sketsanya

Hasilnya, TANK 600 berhasil mengembangkan kategori baru, yakni "business luxury". Seperti terlihat dari sketsanya, mobil terbaru ini memiliki gril berbentuk heksagon, serta dilengkapi aksen krom, dan desain logo TANK yang menarik dan berwibawa, tampilannya sangat elegan dan gagah. 

Tampilan belakang TANK 600 2021

'Konde' ban serep cuatkan kesan gagah khas SUV sejati

Desain kaca belakang yang berbentuk segitiga menjadikan mobil ini sangat dinamis, tapi agak berbeda dengan desain bagian belakang, di sketsa terlihat bersih dan ringkas tapi di versi produksi ini terdapat 'konde' ban serep yang membuat kesan tangguh sekaligus mewah. Desain tersebut sangat cocok dengan pilihan estetika masyarakat modern.

>>> Apa Istimewanya Toyota Land Cruiser 300 GR Sport?  

Mesin Tak Kalah Sangar

TANK 600 tak hanya terkesan mewah, namun juga menawarkan keunggulan seperti merek-merek mobil mewah. Lawan dari Toyota Land Cruiser 300 ini juga dirancang dengan platform global intelligent professional off-road TANK, dan turut didukung mesin bertenaga besar lengkap dengan kinerja off-road yang luar biasa.

Mesin TANK 600

Mesin ini diklaim punya teknologi tinggi

TANK 600 diklaim sebagai SUV pertama buatan GWM yang mengusung mesin 3.0 Liter Gasoline Direct Injection Turbo (GDIT) yang memakai sejumlah teknologi termutakhir di industri otomotif, seperti sistem dual-injection dan siklus Miller, serta efisiensi termal hingga 38,5%.

Tampilan depan TANK 600 2021

Grille depan berukuran besar tambah aura kekar

Sehingga mesin tersebut mampu 'memuntahkan' tenaga maksimum sebesar 260 kW (atau sekitar 348,7 HP) dan torsi puncak sebesar 500 NM. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke roda melalui transmisi otomatis 9 percepatan otomatis.

Tampilan samping TANK 600

Dimensi panjangnya tak kalah dengan Land Cruiser 300

Berbicara soal transmisi, transmisi matik 9-speed tersebut dikembangkan langsung oleh Research and Development GWM. Membuat transmisi tersebut diklaim memiliki keunggulan dalam hal perpindahan gigi yang cepat, smooth, punya efisiensi yang tinggi, serta bobotnya ringan.

Foto spy shoot TANK 600

Spy shoot TANK 600

Dengan performa canggih, efisien, dan andal, TANK 600 cukup pede dalam menaklukkan medan berat dan mewujudkan pengalaman off-road terbaik bagi penggemar off-road di seluruh dunia. 

Toyota Land Cruiser GR Sport 2021

Apakah Toyota Land Cruiser 300 kudu panik? Hehehe...

Lawan dari Toyota Land Cruiser 2021 ini akan tampil secara perdana di ajang Chengdu Motor Show 2021 pada bulan Agustus ini. Ke depan, TANK 600 akan menghadirkan era luxury business off-road yang digagas GWM, dan memperkaya kehidupan pengguna dan pengalaman off-road lewat performa unggulannya. Apakah Toyota harus panik? We'll see...

>>> Toyota Land Cruiser 300 Bakal Ditantang SUV China

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top