Toyota Kijang Innova Ambulance: Pahlawan Virus Corona

18/05/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Toyota Kijang Innova Ambulance: Pahlawan Virus Corona
Mobil Toyota Kijang Innova Ambulance ini mengambil basis dari Innova bermesin bensin dengan transmisi manual, mari lebih dekat dengan pahlawan virus Corona ini

Selain dokter, perawat serta tenaga kesehatan lainnya, yang juga menjadi 'pahlawan' tanpa tanda jasa adalah mobil ambulance. Sebab mobil ambulance memiliki peran penting untuk membawa pasien suspect virus Corona (COVID-19) segera ke Rumah Sakit (RS) terdekat guna mendapat perawatan intensif. Beberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufucturing Indonesia (TMMIN) mendonasikan Toyota Kijang Innova Ambulance.

Mengapa Kijang Innova Dipakai Untuk Ambulance?

Foto tampilan belakang Toyota Kijang Innova Ambulance

5 unit Innova ambulance turut diserahkan oleh PT Toyota Astra Motor

Salah satu faktor yang jadi pertimbangan terpilihnya Kijang Innova adalah dimensi kendaraan. Hal ini karena perlengkapan serta fitur yang dibutuhkan pada sebuah ambulance cukup banyak sehingga membutuhkan tempat yang memadai. Kijang Innova yang memiliki dimensi lebih kompak menjadi pilihan karena dinilai akan lebih memudahkan tenaga medis untuk bergerilya ke pelosok wilayah.

Foto tampak belakang dalam Toyota Kijang Innova Ambulance

Innova ambulance ini diharapkan mempercepat mobilitas di lapangan

Selain itu, dengan ground clearance yang tinggi membuat Kijang Innova dapat melewati jalan rusak tanpa khawatir terantuk lubang. Ditambah lagi dengan sasis tangga serta penggerak roda belakang yang sudah terbukti ketangguhannya, membuat Kijang Innova ambulance ini dapat diandalkan di berbagai kondisi jalan. Diharapkan dapat memberikan support yang memadai untuk tim medis di lapangan, khususnya untuk mempercepat mobilitas penanganan wabah COVID-19.

>>> Harga Toyota Innova Bekas Tetap Tinggi, Ini Alasannya

Lebih Pilih Innova Bensin

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Kijang Innova Ambulance 2020

Innova yang digunakan basisnya bermesin bensin dan transmisi manual

Sebagai informasi, Kijang Innova ambulance seperti ini bukanlah yang pertama dibuat, di kantor pusat PT TAM yang berlokasi di Sunter, Jakarta Pusat, juga punya Kijang Innova dengan peruntukkan ambulance. "Hanya base kendaraannya yang beda, yang ada di TAM kalau enggak salah tipe Q," tukas Donny Adhi Yuwono, selaku Chief Designer PT TAM kepada tim Cintamobil.com. Selain itu Innova bensin dipilih karena minim getaran dan lebih pas untuk karakter mobil ambulance.

Foto tandu di Toyota Kijang Innova ambulance 2020

Toyota Kijang Innova Ambulance ini terdapat beberapa alat medis tambahan

>>> Pembuatan 22 Jam, Ini Dia Fakta Menarik Sejarah Mobil Kijang Lainnya

Lebih lanjut pria yang berkantor di Jalan. Laks. Yos Sudarso Sunter II, Jakarta Utara ini juga menambahkan, jika setidaknya ada 19 peralatan tambahan pada unit Toyota Kijang Innova tipe G dengan transmisi manual ini hingga layak menyandang nama mobil ambulance. Seperti stretcher (tandu) yang sudah memiliki mekanisme yang mudah dioperasikan untuk keluar dan masuk, fixed oxygen system, tempat menggantung infus, laci medical tools, bahkan basin cuci tangan.

Foto kabin belakang Toyota Kijang Innova ambulance 2020

Toyota Kijang Innova Ambulance ini akan menunjang mobilitas tenaga medis

Selain itu, kursi untuk paramedis dan dokter pun tersedia di Kijang Innova bensin ini. Lebih lanjut, juga dilengkapi dengan DC Outlet dan juga alat pemadam api ringan. Kijang Innova ambulance ini diharapkan dapat lebih membantu mobilitas penanganan wabah hingga ke area-area pelosok. Toyota Indonesia sendiri menyerahkan donasi 5 unit Kijang Innova ambulance ini guna menunjang mobilitas tenaga medis COVID-19 di 15 kota besar di Indonesia.

Foto mesin 1TR-FE Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Mesin bensin yang minim getaran lebih pas untuk karakter mobil ambulance

“Kami berharap Kijang Innova ambulance ini dapat membantu penanganan medis secara maksimal, khususnya pada wabah COVID-19 saat ini. Kedepannya, kami akan terus melakukan study produk dan kebutuhan terhadap kendaraan ini. Kami berharap bisa terus membantu memenuhi apabila ada kebutuhan akan ambulance salah satunya melalui Kijang Innova,” tutup Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.

>>> Baca berita otomotif paling aktual disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Beragam Harga Ambulance dari Suzuki APV Baru dan Bekas, Apa Saja Keunggulannya?

04/08/2019

Jual beli

4 menit

Suzuki APV yang memiliki daya tampung yang besar seringkali dijadikan sebagai ambulance maupun mobil angkut jenazah. Dengan modifikasi dari rekanan karoseri lengkap dengan perlengkapan medis di dalam mobil, harga ambulance bergantung dengan tipe mobil yang digunakan.

Lihat juga

Gandeng SERA, Toyota Sumbang 68 Unit Avanza Untuk Mobilitas Tenaga Medis

17/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Bersama PT Serasi Autoraya (SERA), PT Toyota Astra Motor (TAM) membantu mobilitas tenaga medis dalam penanggulangan COVID-19 di Indonesia melalui pinjaman 68 unit Toyota Avanza.

Lihat juga

Toyota Corolla Long Wheelbase 2021: Lebih Panjang Dan Mesin Lebih Canggih

07/05/2020

Mobil baru

3 menit

Seakan tak puas menggertak pasar mobil dunia dengan Toyota Yaris, kini Toyota Corolla Long Wheelbase 2021 disiapkan Toyota dengan mesin yang lebih canggih.

Lihat juga

Terjual 10 Juta Unit, Ini 10 Hal Mengenai Toyota RAV4

22/04/2020

Pasar mobil

5 menit

Salah satu SUV andalan Toyota yakni Toyota RAV4 berhasil terjual 10 juta unit di seluruh dunia, berikut kami kumpulkan fakta unik 10 hal mengenai Toyota RAV4

Lihat juga

Baru Juga Muncul, Toyota Harrier GR Sport Sudah Siap Mengaspal?

22/04/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota Harrier generasi keempat baru saja diumumkan untuk segera meluncur ke publik, apakah varian Toyota Harrier GR Sport juga siap sekalian mengaspal?

Lihat juga
 
back to top