Toyota Ingin Reinkarnasi Tiga Bersaudara Sports Car

30/07/2018

Mobil baru
Share this post:
Toyota Ingin Reinkarnasi Tiga Bersaudara Sports Car
Di masa silam Toyota memiliki tiga model sports car, dijuluki “tiga bersaudara” dan terdiri atas Toyota MR-2, Celica dan Supra. Suatu hal kembali diinginkan bos Akio Toyoda lewat Toyota 86, Supra A90 dan satu model misterius belum diumumkan.

Tetsuya Tada berpose bersama Toyota Supra A90

Tetsuya Tada, Chief Engineer Toyota 86 Dan Supra A90 di Goodwood Festival of Speed

Petrolhead sejati tentu takkan lupa pada sosok trio sports car Toyota, yaitu MR-2, Celica dan Supra. Ketiganya mampu memikat perhatian pecinta kecepatan dan memberikan perlawanan sengit pada merek-merek Eropa. Baik MR-2, Celica dan Supra lawas memang telah pergi. Namun, dimulai pada munculnya Toyota 86 di Tokyo Motor Show 2011, diikuti rencana kehadiran Toyota Supra generasi V berkode A90 dalam waktu dekat merupakan sinyal kepada seluruh dunia sang tiga bersaudara akan kembali.

Tak peduli bahwa penjualan sports car saat ini tidak lagi se-booming dua dekade silam dan “Hachi Roku” kurang mendapatkan respons diinginkan. Toyota tetap pada rencana menampilkan model sports car ketiga setelah Toyota 86 dan Supra. Seperti dikonfirmasi Tetsuya Tada, chief engineer Supra dan 86.

>>> Edisi khusus Toyota GT86 TRD siap mengaspal

foto Toyota Hachi Roku di sirkuit

Toyota 86 akan menjadi "anak tengah" dibawah Supra A90

 “Akio [Toyoda] selalu mengatakan bahwa ia menginginkan Toyota kembali memiliki sang Tiga Bersaudara, dengan 86 berada di tengah dan Supra menjadi ‘kakak tertua’,” ucap Tada-san seperti dikutip dari blog.toyota.co.uk. “Jadi tentu kami ingin Supra hadir dengan atribut lebih superior dibandingkan Toyota 86.”

Menilik penuturan Tada-san, ini berarti model sport ketiga akan diposisikan di bawah Toyota 86. Pertanyaannya, model apakah akan diluncurkan? Dugaan pun jatuh pada konsep Toyota S-FR ditampilkan di Tokyo Motor Show tiga tahun silam. Walau tidak diumumkan secara resmi, dikabarkan S-FR akan hadir dengan mesin 1.500cc 4 silinder. Sempat melihatnya secara langsung di Tokyo Motor Show 2015, S-FR tampak seperti sudah siap produksi.

>>> Toyota akan turunkan Supra 2019 di arena NASCAR

Sayang entah mengapa, tiga tahun berselang tanpa kelanjutan dari nasib S-FR. Apakah dilanjutkan, atau Toyota menyiapkan model baru? Karena rumor keberadaan Toyota bermesin tengah sempat santer.

Mari kita tunggu kabar selanjutnya.

foto Toyota S-FR di Tokyo Motor Show 2015

Toyota S-FR Concept, tanpa kabar berita tiga tahun selepas tampil di Tokyo Motor Show 2015

>>> Berita dan informasi dunia otomotif bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
 
back to top