Toyota GR86, Pengganti 86 dengan Mesin Bertenaga 255 HP

14/01/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Toyota GR86, Pengganti 86 dengan Mesin Bertenaga 255 HP
Setelah delapan tahun, penerus Toyota 86 dan Subaru BRZ diprediksi akan hadir tak lama lagi, dengan nama Toyota GR86.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012, Toyota 86 dan Subaru BRZ telah sukses membawa babak baru dalam kelas sports car kompak modern dengan performa yang mumpuni dan harga yang terjangkau. Kini delapan tahun berselang, Toyota sedang bersiap untuk memperkenalkan penerus bagi 86 yang dikabarkan akan memasuki masa purnabaktinya. Sosok pengganti tersebut rumornya bernama Toyota GR86, yang tengah dipersiapkan oleh Toyota dengan bekerjasa sama dengan Subaru.

>>> Lewat GR Heritage Parts Project, Spare Part Toyota Supra Direproduksi

Foto rumor Toyota GR86

Toyota GR86 akan dibangun dengan platform TNGA dan mesin yang dikembangkan oleh Subaru

Menurut Autocar, sports car kembar ini akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) sebagai basisnya, dengan pengembangannya dilakukan di bawah divisi motorsport Toyota, Gazoo Racing, layaknya GR Supra A90 dan GR Yaris. Hal tersebut menjawab pertanyaan seputar penamanaan inisial ‘GR’ yang merupakan singkatan dari Gazoo Racing. Dengan menggunakan platform TNGA, Toyota GR86 akan tetap menggunakan lay-out penggerak roda belakang alias rear-wheel drive (RWD).

>>> Review Toyota Supra 2019: Legenda Toyota Tiba ke Indonesia

Foto Toyota 86

Seperti pendahulunya, Toyota GR86 akan tetap menggunakan lay-out penggerak roda belakang

Sementara Toyota mengembangkan platform, Subaru tampaknya dipercaya untuk mengembangkan mesin terbaru untuk sports car kembar mereka. Pilihan yang paling masuk akal adalah mesin boxer 4 silinder berkapasitas 2.400 cc, namun kini diyakini sudah menggunakan turbocharger. Mesin boxer 4 silinder turbo ini sebelumnya sudah digunakan di beberapa model Subaru, yakni Ascent, Legacy dan Outback. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan diprediksi mencapai 255 hp.

>>> Ingin membeli mobil Toyota lainnya? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Foto Toyota GR Supra A90

Mengikuti jejak sang kakak, GR Supra A90, Toyota GR86 juga dibangun oleh divisi motorsport Toyota, Gazoo Racing

Penggunaan mesin boxer 4 silinder turbo ini juga disebut-sebut sebagai salah satu langkah Subaru dan Toyota untuk menjawab kritik dari para penggemar Toyota 86 dan BRZ yang kerap merasa kurang puas dengan mesin boxer 4 silinder naturally aspirated yang digunakan. Dengan bonus 400 cc lebih besar dari mesin pendahulunya, diharapkan mampu menyediakan karakter torsi yang melimpah sejarah putaran mesin bawah, sehingga diharapkan mampu menyiasati turbo lag.

>>> Dakar Rally 2020: Toyota Dan MINI Saling Pukul Di Tiap Stage

Foto Toyota 86 di ajang motorsport

Toyota GR86 juga dipersiapkan untuk turun di ajang motorsport, seperti balap touring, reli hingga drift

Tak hanya performa, aspek handling dan maneuverability juga ditingkatkan pada GR86, Toyota dan Subaru dikabarkan juga sedang mengembangkan suspensi baru hingga lay-out interior dan posisi duduk agar mampu mendapatkan handling yang optimal plus menonjolkan sisi fun to drive, layaknya sebuah sports car. Tak hanya itu, GR86 juga akan ditawarkan dengan harga yang kompetitif, sehingga diharapkan tak akan menyaingi sang kakak, Toyota GR Supra A90 base model yang sama-sama menggunakan mesin 4 silinder turbo. Namun sayang, baik Toyota dan Subaru masih menutup rapat semua informasi seputar sports car kembar terbaru mereka.

>>> Klik di sini untuk berita otomotif terbaru lainnya

Share this post:

Berita lain

Pamer Diskon, Ini Dia 3 Mobil Keluarga Terbaik Toyota Keluaran 2019

13/01/2020

Jual beli

2 menit

Masih menjadi pabrikan terlaris di Indonesia, dapatkan berbagai pilihan mobil keluarga terbaik Toyota dengan harga yang terjangkau. Apa saja daftarnya?

Lihat juga

Periksa Bagian Ini Jika Tiba-tiba AC Toyota Fortuner Panas

12/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ketika mengalami kondisi AC Toyota Fortuner panas, tentunya hal tersebut akan merepotkan diperjalanan. Untuk mengatasinya, coba Anda periksa lima bagian ini.

Lihat juga

CES 2020: Bukan Mobil, Toyota Umumkan Bangun Kota Pintar Woven City

09/01/2020

Event - Promosi

2 menit

Pada CES 2020, Toyota mengumumkan membangun Woven City sebagai hunian pertama yang melibatkan manusia, tempat tinggal, dan transportasi bergaya futuristik.

Lihat juga

Auto2000 Gelar Program Khusus untuk Membantu Pemilik Mobil Toyota Terendam Banjir

06/01/2020

Event - Promosi

3 menit

Awal tahun ini bencana banjir akibatkan banyak kerugian, termasuk Mobil Toyota Terendam Banjir. Turut prihatin Auto2000 Gelar Program Khusus untuk pelanggan.

Lihat juga

Tips Memilih Mobil Bekas Toyota Rush 2018 dengan Harga Terbaik

05/01/2020

Jual beli

3 menit

Generasi terbaru Rush telah diperkenalkan setahun lalu. Membeli mobil bekas Toyota Rush 2018 pun bisa dipertimbangkan. Berikut tips dari Cintamobil.com.

Lihat juga