Toyota GR Yaris Versi Ekstrem Tertangkap Sedang Dites di Nurburgring

20/09/2021

Mobil baru

3 menit

Tak puas dengan versi yang sudah beredar saat ini, Gazoo Racing tertangkap kamera sedang mengetes Toyota GR Yaris terbaru dan terekstrem di Nurburgring.

Didirikan pada tahun 2007, Gazoo Racing (GR) awalnya merupakan proyek 'iseng' yang muncul dari ambisi balap Akio Toyoda, Presiden Direktur Toyota Motor Company saat ini.

Tak lama berselang, proyek kecil tersebut berkembang dan beralih menjadi proyek skala besar yang sekarang mencakup kegiatan motorsport untuk Toyota dan Lexus.

Nomenklatur GR pun mulai muncul pada mobil performa tinggi untuk jalanan lansiran Toyota. Mulai dari Toyota GR Supra, Toyota GR 86, dan tentunya yang menjadi favorit kami, Toyota GR Yaris.

>>> Toyota GR Kembali Mendominasi Ajang Balap Ketahanan Le Mans 24 Jam

Gambar Toyota GR Supra

Supra menjadi mobil pertama dengan moniker Toyota GR

GR Yaris

Menurut kami, GR Yaris adalah proyek paling gila dan ambisius dari pabrikan mobil manapun selama beberapa tahun terakhir ini. Intinya, mobil ini adalah versi jalan raya dari mobil reli Toyota yang saat ini sedang mendominasi World Rally Championship.

Mobil ini memiliki sedikit kesamaan (mungkin hampir tidak ada) dengan Toyota Yaris yang biasa Anda temukan di jalan Indonesia. GR Yaris bahkan dibangun di jalur perakitan khusus di pabrik Motomachi yang disebut oleh Toyota sebagai 'GR Factory'.

Jalur perakitan tersebut kurang lebih sama seperti Weissach bagi Porsche yang dikhususkan untuk memproduksi mobil-mobil GT mereka. Terakhir kali, 'GR Factory' mengerjakan Lexus LFA yang kami percaya merupakan salah satu mobil terbaik sepanjang masa.

Gambar GR Factory

Dirakit dengan tangan di jalur perakitan spesial, 'GR Factory'

Tak main-main, bahkan legenda reli Tomi Makkinen menjadi salah satu anggota tim yang mengembangkan GR Yaris. Rencana awalnya, mobil ini hanya akan diproduksi sebanyak 25.000 unit dalam periode 12 bulan. Tapi seperti yang kita tahu, mobil tersebut laku keras bak kacang goreng.

>>> Pembeli Toyota GR Yaris Dipilih Melalui Undian

Versi Standar Masih Kurang Ekstrem

Rupanya, versi standar dari Toyota GR Yaris masih dianggap kurang ekstrem sehingga Gazoo Racing kembali ke ruangan mereka dan meracik versi yang lebih baik dengan tenaga lebih besar serta bobot lebih ringan.

Sumber tidak resmi menyebutkan bahwa GR Yaris versi ekstrem ini akan menggunakan nama GRMN yang pernah digunakan beberapa tahun lalu. GRMN merupakan singkatan dari Gazoo Racing Meister of Nurburgring.

Gambar Yaris GRMN

Nama GRMN kemungkinan akan dimunculkan kembali pada mobil ini

Artinya, kemungkinan mobil ini akan dinamai Toyota GR Yaris GRMN. Entah berapa huruf GR yang ingin digunakan Toyota dalam satu nama mobil.

Dibanding versi standarnya, mobil ini akan menjalani diet ketat dengan lebih banyak bagian mobil yang menggunakan bahan aluminium dan serat karbon. Oh iya, Anda juga tak lagi bisa membawa penumpang di belakang karena versi ekstrem GR Yaris ini hanya dibekali kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Dalam foto-foto spyshot yang tersebar, terlihat mobil ini juga mengusung body kit yang lebih agresif dengan sepasang ekstraktor udara di belakang roda depan dan sayap besar di belakang yang terlihat bak mobil WRC. Kabarnya, mobil ini akan diluncurkan pada tahun 2022 sebagai edisi terbatas.

>>> Dapatkan harga mobil baru Toyota dan promo menarik hanya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top