Toyota GR Yaris Banjir Peminat di Indonesia, Sayang Jatahnya Cuma 126

24/04/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota GR Yaris nyatanya sanggup memikat hati masyarakat Indonesia. Pemesanan GR Yaris membludak melebihi kuota yang ditetapkan yakni di atas 126 unit.

Belum juga meluncur di Indonesia, pemesanan Toyota GR Yaris membludak. Bahkan hal itu di luar ekspektasi PT Toyota Astra Motor.

Ya, sejak 25 Maret 2021 Toyota memang telah membuka pemesanan GR Yaris. Kemudian masa pemesanan itu ditutup akhir Maret lalu dan mencatat 470 pemesanan. Padahal kehadiran GR Yaris di Indonesia memang terbatas.

Toyota GR Yaris

Pemesanan GR Yaris di Indonesia Membludak

>>> Indonesia Dapat Jatah 126 GR Yaris, Bisa Dipesan Mulai 25 Maret

Pemesanan GR Yaris Sudah Ditutup

Indonesia hanya kedapatan 126 jatah Toyota GR yaris yang konon bakal dibanderol di kisaran harga Rp 750-850 jutaan itu. 

"Jujur antusiasme terhadap GR Yaris sangat luar biasa. Sejak resmi buka booking di bulan Maret kemarin hari ini kita tutup pemesanannya jujur lebih dari 470 customer yang melakukan booking dan ini lebih tinggi dari alokasi suplai yang kita dapatkan," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam sesi buka bersama virtual, Jumat (23/4/2021). 

Tampaknya tak akan ada penambahan kuota GR Yaris untuk masyarakat Indonesia di luar 126 unit tersebut. Toyota kini tengah dalam persiapan untuk melakukan peluncuran sekaligus pengiriman ke garasi konsumen. 

Perlu diketahui, Indonesia bisa mendapatkan jatah 126 unit GR Yaris dari keseluruhan 25.000 unit karena dinilai aktif dalam kompetisi balap nasional dan internasional. 

"Terima kasih karena mendapat respon baik tapi minta maaf karena alokasi suplai terbatas. Setelah ini kami siapkan persiapan launching dan delivery, jadi berikan kami waktu siapkan waktu sampai bisa delivery ke customer," jelas Anton. 

GR Yaris merupakan produk global yang dibangun dengan tujuan utama untuk membuat ever-better car berdasarkan filosofi refine people and refine cars. GR Yaris dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing melalui kerja sama dengan pengemudi profesional di berbagai jalan di seluruh dunia.

Toyota GR Yaris

Bakal dibanderol Rp 750-850 jutaan

>>> Toyota GR Yaris Masuk Thailand, Harga Rp 1,2 Miliar

GR Yaris Diproduksi di Line Khusus

GR Yaris dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS dan dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (full time 4WD) berkode 'GR-FOUR' untuk mendukung sensasi berkendara yang menyenangkan di segala situasi dan dapat menyesuaikan dengan berbagai macam gaya berkendara pengemudinya.

GR Yaris diproduksi menggunakan line khusus pada pabrik Toyota di  Motomachi yang dikenal memiliki sejarah yang panjang dan kuat dalam memproduksi mobil sport Toyota. Proses perakitan GR Yaris pun langsung dilakukan oleh anggota tim takumi yaitu para teknisi Toyota yang memiliki keterampilan tinggi. 

"GR Yaris adalah sebuah pure sport model yang memiliki built quality yang baik dan menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Fumitaka Kawashima.

Toyota GR Yaris

Akio Toyoda ikut kembangkan GR Yaris

Dalam setiap tahap pengembangannya, pengemudi profesional termasuk Akio Toyoda sebagai Toyota Master Driver, secara konsisten memberikan umpan balik untuk dapat menghasilkan performa berkendara terbaik. GR Yaris dikemas dengan fokus yang tercurahkan pada aerodinamika, bobot yang ringan dan center of gravity yang rendah. Salah satu yang menonjol adalah pengaplikasian bahan carbon fiber reinforced polymer pada atap GR Yaris yang mampu menghasilkan bobot yang lebih ringan dan menurunkan center of gravity.

>>> Toyota GR Yaris Rally Concept Muncul di Game WRC9

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top