Ludes Terjual di IU, Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris 2021 Indonesia

30/07/2021

Mobil baru

4 menit

Dilaporkan hanya ada sekitar 126 unit yang siap dibawa ke Indonesia, mari kita lihat bagaimana spesifikasi Toyota GR Yaris 2021 yang bisa Anda dapatkan.

PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa mereka akan membawa model Toyota Yaris versi racing ke Indonesia. Kesan sporty langsung terasa dari mobil yang dibanderol dengan harga Rp 800 jutaan ini. Mari kita intip apa saja spesifikasi Toyota GR Yaris 2021 yang kabarnya siap dibawa ke Tanah Air November mendatang.

Spesifikasi GR Yaris

Dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing, divisi mobil balap dari Toyota, tentu saja kelebihan Toyota GR Yaris 2021 terdapat pada spesifikasi dan keunggulan teknis mobil ini. Apalagi jika dibawa ke Indonesia, maka Toyota GR Yaris akan menjadi satu-satu hot hatch yang dipasarkan di Tanah Air, setelah sebelumnya Renault Megane sempat dibawa ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Mobil ini mengusung mesin 1,6 liter baru yang dirancang sejajar dengan peraturan reli dunia. Toyota menyebutkan bahwa mobil ini siap menghadapi kerasnya balap kompetitif. Pengaturan mesin 3-silinder mobil ini bahkan merupakan yang terkuat yang pernah diproduksi. Bahkan, unit 1,6 liter turbocharged milik GR yaris merupakan yang terkecil dan teringan di seluruh dunia.

mesin Toyota GR Yaris berwarna hitam
Mesin 3-silinder GR Yaris merupakan yang terkecil dan teringan

Mesin 3-silinder turbocharged berkode G16E-GTS ini mampu menghasilkan tenaga hingga 268 daya kuda dan torsi puncak hingga 360 Nm ada putaran 3.000 hingga 4.60 rpm. Membawa akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 5,5 detik saja, mobil ini bahkan didukung kecepatan maksimal mencapai 230 km/jam.

Teknologi GR-FOUR, atau sistem penggerak semua roda yang baru merupakan pengaturan pertama Toyota setelah lebih dari 20 tahun. Ada tiga mode mengemudi terpisah; Normal, Sport, dan Track. Dengan masing-masing memvariasikan pengiriman daya ke roda depan dan belakang.

Mode Track menggunakan pembagian 50:50 yang seimbang antara gandar depan dan belakang. Mode Sport memberikan lebih banyak nuansa penggerak roda belakang dengan pengaturan 30:70. Tapi jika Anda hanya ingin berkendara dengan santai di dalam kota, pengaturan Normal dengan konfigurasi 60:40 dari depan ke belakang cocok untuk Anda.

GR-FOUR Toyota di belakang Toyota GR Yaris
Teknologi GR-FOUR terbaru Toyota setelah 20 tahun

Dan menghadirkan rasa berkendara yang penuh adrenalin, Toyota menghadirkan velg 18 inci dengan bobot yang sudah diperingan dan ban Michelin Pilot Sport 4S yang fokus pada trek. Semua mobil juga memiliki rem memiliki ukuran yang sama dengan Toyota Supra terbaru. Bobotnya 1.280 kg, atau 100 kg lebih ringan dari Honda Civic Type R yang menjadi pesaing mobil ini di Indonesia.

>>> Harga Toyota Yaris TRD Sportivo Dan Perbedaannya dengan Tipe G

Hot hatch bergaya racing

Sedari awal, Toyota memang mengandalkan kesan sporty pada mobil ini. Insinyur Toyota mengidentifikasi bahwa GR Yaris harus memenuhi target downforce, performa aerodinamis, dan stabilitas. Terlihat grille yang lebih besar dibandingkan versi standar untuk mengalirkan lebih banyak udara ke ruang mesin. Sekali lagi untuk kebutuhan performa.

Tapi mobil ini masih membawa kesan Yaris yang stylish dan unik. Beberapa komponen dipertahankan, seperti desain lampu depan dan belakang, tampilan kaca spion, serta shark fin antenna di bagian atap belakang.

interior Toyota GR Yaris berwarna hitam
Kabinnya dibuat sporty yang didominasi warna hitam

GR Yaris sangat berbeda dengan versi standar di dalam kabin. pengaturannya dibuat cukup tinggi untuk membantu visibilitas. Berbagai media juga menyanjung mobil ini berkat jok yang empuk, namun cukup nyaman. Tidak terlalu keras layaknya mobil sport lainnya, jadi tak menutup kemungkinan untuk dibawa dalam pengendaraan harian.

Head unit bergaya floating akan menjadi pusat sistem hiburan. Di bawahnya ada pengaturan AC dan tuas persneling dan konsol tengah yang dibuat menyatu dengan dashboard. Selain kemudi berlapis kulit Alcantara, logo GR berwarna hitam dan merah menjadi penanda kesan sporty mobil ini.

Selain konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay yang sudah tersedia, mobil ini memiliki daftar sistem keselamatan yang cukup baik. Mulai dari Adaptive Cruise Control, Lane Trace Assist, Road Sign Assist, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, serta sensor parkir yang ada di depan dan belakang mobil ini.

>>> Warna Mobil Yaris yang Memikat Laki-laki dan Perempuan

fitur Toyota GR Yaris 2021 dengan head unit
Fitur hiburan dan keselamatan dibuat canggih

Sayang ruang kabin di belakang tak bisa dibilang lapang. Ruang kaki dan ruang kepala cukup terbatas bagi penumpang dewasa. Tapi ada ruang seluas 174 liter yang tersedia untuk Anda menyimpan berbagai keperluan di dalam kabin mobil. Tak begitu lega, namun cukup fungsional.

Harga Toyota GR Yaris 2021 Indonesia

Hanya ada dua unit saja yang dibawa ke Indonesia. Harga Toyota GR Yaris 2021 yang dipasarkan oleh importir umum (IU) Alvin Motor dan Biker Plus Indonesia dibanderol Rp 1,2 miliar. Sayangnya meski harga yang dibanderol hampir lima kali lipat dari harga Toyota Yaris terbaru, kedua unit ini sudah ludes terjual.

Harga ini tentu saja lebih mahal jika dibandingkan dengan harga resmi yang dipatok oleh pihak TAM beberapa waktu lalu. Sebagaimana dijelaskan oleh Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi, mobil resmi dari TAM dihargai Rp 800 jutaan saja dengan 126 unit GR Yaris siap dipasarkan di Indonesia.

Toyota GR Yaris 2021 berwarna putih
Hanya ada 126 unit yang dibawa ke Indonesia

Mengapa hanya 126 unit? Ini dikarenakan produksi global mobil ini hanya tercatat 25 unit saja di seluruh dunia. Jadi untuk membawa mobil ini secara resmi di Indonesia tentu saja butuh kalkulasi dan pemesanan terlebih dahulu. Apalagi harga Toyota GR Yaris di Indonesia yang bisa dibilang cukup tinggi.

Pihak TAM memang menyebutkan bahwa mobil ini sudah bisa dipesan di berbagai dealer Toyota yang ada di Indonesia. Hanya saja belum ada kepastian lebih lanjut mengenai kapan mobil ini akan dipasarkan di Indonesia. Ataukah Anda ingin memodifikasi Toyota Yaris baru dengan tampilan khas Toyota Gazoo Racing?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Toyota Yaris terbaru saat ini?
Harga Toyota Yaris 2021 dibanderol mulai dari Rp 248 jutaan
Apa saja varian Toyota GR Yaris yang dipasarkan?
Saat ini, hanya ada satu varian Toyota GR Yaris 2021, walaupun belum dipasarkan di Indonesia.
Berapa harga Toyota GR Yaris 2021 Indonesia?
Belum ada konfirmasi resmi, tapi mobil ini dilaporkan akan dijual dengan harga mulai dari Rp 800 jutaan.
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top