Toyota GR Corolla Usung Powertrain GR Yaris?

01/06/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Toyota GR Corolla Usung Powertrain GR Yaris?
Toyota menyiapkan GR Corolla yang dirumorkan akan hadir paling cepat akhir tahun ini, dan menurut laporan tambahan, powertrain yang akan dipakai sama persis seperti GR Yaris.

Bulan lalu, beredar kabar bahwa Toyota mengajukan paten GR Corolla untuk jadi alternatif hot-hatchback dari Toyota GR Yaris, yang hanya hadir di pasar Eropa dan Asia.

>>> Malaysia dapatkan jatah 100 Toyota GR Yaris, Indonesia gimana?

Baru-baru ini, media asal Jepang Best Car mengabarkan Toyota GR Corolla sedang dalam proses akhir pengembangan, dan akan rilis segera. Bukan cuma itu, laporan yang sama menambahkan powertrain GR Yaris akan dipakai di GR Corolla.

Kombinasi mesin, transmsisi, dan sistem penggerak 4WD yang digunakan Toyota GR Yaris 2020

Rumor dari salah satu media di Jepang mengatakan powertrain GR Yaris akan disalin ke GR Corolla

Sebagai catatan, Toyota GR Yaris memakai mesin 1.6 liter G16E-GTS dengan tenaga 257 HP, yang dihubungkan ke transmisi manual iMT 6-percepatan ke transmisi 4WD GT-Four Torsen. Kombinasi ketiga hal ini jelas menjanjikan sebuah hot-hatchback performa tinggi yang asik dikendari.

Rumor peluncuran simpang siur

Tunggu, jangan langsung berpikir apakah mobil ini akan masuk Indonesia dulu. Karena sampai saat ini, rumor debut global hot hatchback berbasis Toyota Corolla hatchback ini saja masih simpang siur. Beberapa rumor mengatakan GR Corolla akan hadir tahun 2023, namun Best Car mengatakan Toyota GR Corolla akan diperkenalkan akhir tahun ini, atau awal 2021.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Toyota Corolla GRMN yang dikabarkn hadir 2021

Namun, peluncuran GR Corolla saja masih simpang siur

Jelas, ini jauh lebih cepat dari rumor lainnya, dan sampai saat ini belum ada kejelasan apakah powertrain GR Yaris akan benar-benar dipakai di GR Corolla, atau sekadar mesin 1.6 liter G16E-GTS nya saja.

Tidak cuma GR Corolla

Namun, kami yakin cepat atau lambat Toyota GR Corolla akan hadir. Hal ini diyakini oleh pengajuan paten oleh Toyota, dan konfirmasi kehadiran sebuah hot-hatchback Toyota untuk pasar Amerika, dan itu bukan GR Yaris.

>>> Jangan lewatkan berita paling update seputar mobil baru di sini

Paten yang diajukan untuk Toyota GR Corolla

Paten yang telah diajukan Toyota untuk GR Corolla

Sebenarnya tidak cuma GR Corolla saja, Toyota Gazoo Racing juga terlihat akan menggarap line-up mobil GR lainnya sepert Toyota GR Hilux untuk menandingi Ford Ranger Raptor di segmen SUV performa tinggi.

Selain itu, hadir juga Toyota C-HR GR Sport yang akan dipasarkan secara global menyusul debut di Jepang Oktober tahun lalu dengan beberapa ubahan visual, serta modifikasi minor untuk suspensi dan pengemudian.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top