Toyota Fortuner Facelift dan Innova Meluncur Bersamaan, Intip Harganya

15/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Toyota Fortuner Facelift dan Innova Meluncur Bersamaan, Intip Harganya
Bukan cuma satu, tapi ada dua mobil yang diluncurkan Toyota di Indonesia. Kedua mobil itu adalah Kijang Innova Facelift dan juga Toyota Fortuner Facelift.

PT Toyota Astra Motor kian agresif meski masa pandemi belum usai. Bukan cuma satu, kali ini pabrikan asal Jepang itu merilis dua mobil sekaligus yakni Innova dan juga Toyota Fortuner Facelift. Dua mobil yang menjadi pemimpin di segmennya masing-masing kini tampil lebih kokoh dan semakin nyaman. 

Sebelumnya, rumor peluncuran Innova dan Toyota Fortuner Facelift sudah beredar dalam sepekan terakhir. Untuk Innova Facelift, sudah terlebih dahulu meluncur di Vietnam. Sedangkan Toyota Fortuner Facelift justru lebih dulu mengaspal di Thailand sejak Juni lalu. 

Improvement pada eksterior, interior, safety membuat Toyota Fortuner Facelift dan New Kijang Innova tak hanya tampil makin mengesankan, sekaligus juga kian prestisius dan elegan.

"New Fortuner dan New Kijang Innova merupakan wujud komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond. Sebuah kebanggaan bagi kami dapat mempersembahkan kedua produk yang dibuat dan dipakai oleh bangsa Indonesia sendiri, bahkan juga digunakan oleh berbagai negara lainnya,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.

Ada sejumlah ubahan yang ditawarkan Toyota pada Innova maupun Fortuner Facelift. Paling utama dapat dilihat dari sisi desain eksterior, interior, dan penambahan fitur. Berikut detailnya. 

Innova Facelift

Innova Venturer

>>> Toyota Fortuner Facelift dan Hilux Dapat Lima Bintang saat Lakoni Uji Tabrak

Ubahan pada Toyota Fortuner Facelift

Toyota Fortuner Facelift memperoleh sentuhan dari segi desain untuk memperlihatkan sisi ketangguhan dan kemewahan SUV gagah ini. Grille dan garnish pada lampu LED dibuat lebih besar dengan desain baru yang lebih segar sehingga tampak kian dominan dan berkelas. Penyegaran rupa terlihat pada New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp. Sentuhan diberikan pada semua model, bedanya pada TRD Sportivo garnish chrome berkelir dark.

Pada bagian samping, perubahan terlihat pada aplikasi velg alloy 18 inchi baru yang menguatkan kesan tangguh dan mewah di tipe TRD Sportivo. Outer mirror seluruh model memakai kelir sewarna bodi sedangkan TRD Sportivo memakai kelir hitam. Warna hitam juga dipakai pada step dan step cover TRD Sportivo dan G, sementara tipe lainnya mengaplikasikan warna silver.

New LED Rear Lamp Combination memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy. Bumper belakang tipe TRD Sportivo memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish seluruh model disematkan warna chrome dan black chrome untuk TRD Sportivo. Fitur Kick Sensor dan Power Back Door yang dapat membuka pintu bagasi secara otomatis yang sebelumnya ada di tipe TRD Sportivo, sekarang sudah dimanfaatkan juga oleh tipe VRZ dan SRZ.

Fortuner Facelift

Wujud Toyota Fortuner Facelift di Tanah Air

Sentuhan kemewahan begitu terasa ketika masuk ke dalam kabin Toyota Fortuner Facelift. Kecuali tipe G yang memakai bahan fabric warna dark grey, model lain menggunakan bahan kulit hitam. Sentuhan premium dan presisi terdeteksi pada New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi beberapa improvement seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display. Sentuhan modern pada area kokpit ini meningkatkan antusiasme pengemudi saat berada di balik kemudi.

Tidak hanya mewah, Toyota Fortuner Facelift dilengkapi pula dengan fitur yang memanjakan penumpang. Menjadi yang pertama di segmen High SUV, terdapat fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel.

Head unit with 9 Inch Screen Display memiliki fitur konektivitas Miracast dan SDL, voice command, Surround Monitor, sedangkan untuk varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fiitur NFC dan Smartphone Connection. Front Seat Power Adjuster untuk mengubah posisi duduk bangku depan secara otomatis, Rear Seat Entertainment with Illumination, dan Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari. Semua pembaruan tersebut tersedia di model SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo, sementara spion anti silau untuk semua model.

Surround Monitor tidak hanya dapat membantu ketika parkir saja, tapi juga menghadirkan beberapa fitur yaitu Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety Toyota Fortuner Facelift. Seluruh fitur tersebut akan memberikan peringatan dini pada pengemudi ketika mobil tidak dalam posisi aman saat menggunakan Surround Monitor.

Toyota Fortuner Facelift juga menyematkan safety feature terbaik di kelasnya, baik untuk model 4x2 maupun 4x4 yang sangat mumpuni di medan off-road. Aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G membuatnya begitu mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuver di medan berat. Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) terdapat di semua model. Tipe VRZ 4x4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4x4 dan G 4x4.

Fortuner Facelift

Ada sejumlah ubahan pada Toyota Fortuner Facelift dari sisi desain eksterior

Mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm memperoleh sentuhan berupa penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat. Langkah meningkatkan efisiensi mesin berikutnya adalah adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

>>> Toyota Fortuner Facelift dan Innova 2020 Meluncur Berbarengan

Innova Facelift

New Kijang Innova hadir dengan penambahan varian baru yaitu Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline) yang dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah yang sebelumnya hanya ada di tipe Q dan Venturer. Hadirnya varian baru ini tak hanya memberikan tambahan pilihan bagi pelanggan namun juga menawarkan kenyamanan kabin lebih baik bagi keluarga Indonesia.

New Kijang Innova Luxury dan New Venturer juga dibekali dengan Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kabin mobil serta dapat bekerja secara otomatis sehingga akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin. Healthy feature ini sangat pas untuk menambah kenyamanan bagi anggota keluarga saat bermobilitas.

Lebih lanjut, New Kijang Innova juga dilengkapi dengan ubahan pada sisi eksterior dan interior yang membuatnya tampil lebih premium dan prestigious. Pada sisi eksterior, seluruh varian New Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga New Two Toned 16” Alloy Wheel.

Innova Facelit

Tampang Venturer versi Facelift

Pada varian V, New Kijang Innova mendapatkan sentuhan tambahan berupa New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish. Sementara pada varian G, terdapat ubahan berupa New Front Bumper with Halogen Fog Lamp.

Khusus untuk Luxury Grade, New Kijang Innova dibekali dengan ubahan yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih baik pada sisi interior melalui New Black Color Captain Seat, New Seat Table, New Instrument Panel with Wooden Ornament, dan New Luxury Emblem pada sisi belakang eksterior.

Di sisi lain, New Venturer menyajikan penampilan premium tough melalui ubahan eksterior berupa New Distinctive Front Grille with New Bumper Spoiler Package, New Illuminating LED Fog Lamp, New Sleek Rear Spoiler, New Rear License Garnish, New Backdoor Ornament Shape, dan New Day-time Running Light. Lebih lanjut, New Venturer mampu tampil begitu dominan di jalan berkat New Dynamic 17” Alloy Wheel yang menguatkan tampilan cool dan tough.

Pada sisi interior, New Kijang Innova varian G dan V kini hadir dengan New Noble Brown Seat Color yang menguatkan kesan premium. Sedangkan pada New Venturer, kini telah dibekali New Black Evaporated Leatherette Seat with a Red Stitch dan New Darker Color Wooden Panel yang membuatnya tampil elegan dan eksklusif.

Tidak berhenti di situ, New Kijang Innova dan New Venturer juga didukung dengan sistem hiburan yang advance serta fitur safety terbaik di kelasnya. Sistem hiburan varian G kini dibekali dengan New 8” Head Unit dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring. Sementara pada varian V menggunakan New Versatile 9” Head Unit yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection. Khusus untuk varian New Venturer, menggunakan New Comprehensive 9” Head Unit yang telah dilengkapi dengan fitur NFC.

Pada sisi safety, seluruh varian New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee,  Side, dan Curtain Shield Airbags.

New Kijang Innova dan New Venturer ditawarkan dengan pilihan 16 tipe dan harga. Sementara untuk model Toyota Fortuner Facelift terdapat 8 pilihan varian dan harga. Berikut daftarnya lengkapnya:

Harga Toyota New Kijang Innova

2.0 G M/T BSN: Rp 337.600.000
2.0 G Luxury M/T BSN: Rp 343.800.000
2.0 G A/T BSN: Rp 357.500.000
2.0 G Luxury A/T BSN: Rp 363.700.000
2.0 V M/T BSN: Rp 386.300.000
2.0 V Luxury M/T BSN: Rp 392.500.000
2.0 V A/T BSN: Rp 405.800.000
2.0 V Luxury A/T BSN: Rp 412.000.000
VENTURER 2.0 M/T BSN: Rp 435.500.000
VENTURER 2.0 A/T BSN: Rp 455.500.000
2.4 G M/T DSL: Rp 368.700.000
2.4 G A/T DSL: Rp 389.900.000
2.4 V M/T DSL: Rp 421.200.000
2.4 V A/T DSL: Rp 440.900.000
VENTURER 2.4 M/T DSL: Rp 474.300.000
VENTURER 2.4 A/T DSL: Rp 495.700.000

Harga Toyota Fortuner Facelift

4x2 2.4 G M/T DSL: Rp 504.900.000
4x2 2.4 G A/T DSL: Rp 522.600.000
4x2 2.4 VRZ A/T DSL: Rp 553.400.000
4x2 2.4 VRZ A/T DSL TRD: Rp 568.000.000
4x2 2.7 SRZ A/T BSN: Rp 577.400.000
4x2 2.7 SRZ A/T BSN TRD: Rp 592.000.000
4x4 2.4 G A/T DSL: Rp 630.600.000
4x4 2.4 SRZ A/T DSL: Rp 704.500.000

>>> Mungkinkah Toyota Produksi Hilux di Indonesia?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Kijang Untuk Penggemar TRD

Rp 431.950.000

23/09/2020

Editor rate:

Menjelang akhir masa edarnya, PT Toyota Astra Motor meluncurkan trim terbaru Innova, agar jelas simak Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 berikut ini

Lihat juga

Review Toyota Kijang Innova G 2016

Rp. 255.000.000

15/10/2018

Editor rate:

Kami cukup memahami bahwa pasar Mitsubishi Xpander kini melejit, namun apakah Anda tipikal Value For Money? Jika iya, maka artikel kali ini tepat untuk Anda baca lebih mendalam. Mengapa begitu? Di rentang harga Mitsubishi Xpander baru, Anda sudah bisa mendapatkan satu unit Toyota Kijang Innova dengan fitur yang lebih lengkap dan performa mesin unggulan. Tidakkah ini cukup menggoda? Mari simak pantauan tim Cintamobil.com dalam review Toyota Kijang Innova G 2016.

Lihat juga

All New Toyota Kijang Innova - MPV Mewah dan Elegan

Rp 326,050,000

28/03/2017

Editor rate:

Jika anda diminta menyebut salah satu tipe kendaraan paling legendaris di Indonesia, mungkin yang langsung muncul di pikiran adalah Toyota Kijang.

Lihat juga

Bukan Avanza, Mitsubishi Xpander di Vietnam Jadi Rival Toyota Innova

13/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Di Indonesia, Mitsubishi Xpander seolah menjadi 'musuh bebuyutan' bagi Toyota Avanza. Tapi Mitsubishi Xpander di Vietnam justru berhadapan dengan Toyota Innova.

Lihat juga

Toyota Innova Facelift Meluncur Duluan di Vietnam, Berapa Harganya?

12/10/2020

Mobil baru

4 menit

Toyota Innova Facelift rupanya sudah lebih dulu meluncur di Vietnam pada 10 Oktober. MPV itu ditawarkan dalam empat varian dengan harga mulai Rp 475 jutaan.

Lihat juga