Toyota Fortuner dan Toyota Hilux Facelift Resmi Meluncur di Thailand

04/06/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Toyota Fortuner dan Toyota Hilux Facelift Resmi Meluncur di Thailand
Toyota Fortuner dan Toyota Hilux Facelift resmi meluncur di Thailand, tampilannya semakin gagah dan berkarakter. Seperti apa istimewanya kedua mobil Toyota ini?

Toyota Fortuner dan Toyota Hilux Facelift akhirnya  hari ini (4/6) secara resmi meluncur di Thailand, tampilannya kini semakin gagah dan berkarakter. Lantas seperti apa istimewanya kedua mobil Toyota ini? Untuk yang pertama mari kita bahas Toyota Fortuner terlebih dahulu. Di Thailand, Fortuner pada versi facelift kini punya dua versi yang berbeda, Fortuner base model dan Fortuner Legender.

Varian Legender Jadi Top Of The Line Fortuner

Gambar menunjukkan Toyota Fortuner Legender 2020 berwarna putih

Toyota Fortuner Legender ini sudah dapat diterima konsumen pada bulan Agustus 2020

Toyota Fortuner Legender adalah sebuah model spesial dari Fortuner. Toyota Thailand menyebutnya spesial karena Fortuner Legender merepresentasikan 'the ultimate leader'. Menurut Toytota Thailand, Fortuner Legender ini menjadi opsi yang menarik untuk para businessman di sana, dengan tampilan eksterior mobil yang total fresh mulai dari bagian depan, samping hingga belakang.

Gambar menunjukkan fitur Kick Door with Sensor pada Fortuner Legender 2020

Fitur Kick Door With Sensor tersedia di Fortuner Legender

Bukan hanya desain headlamp, bumper, pelek, dan stoplampnya saja yang anyar di Fortuner Legender ini. Namun, pintu bagasi belakang dari Fortuner flagship ini juga dilengkapi dengan fitur kamera 360 derajat yang menambah visibilitas pengemudi agar semakin baik, serta fitur kick door with sensor yang akan sangat membantu saat ingin meletakkan barang di bagasi belakang. O ya, Fortuner Legender ini hanya tersedia dalam pilihan mesin diesel 2.800 cc.

>>> Baca juga: Sambut Era New Normal, Pertamina Sarankan Bayar BBM Non Tunai

Gambar menunjukkan Toyota Fortuner Facelift 2020 berwarna biru

Fortuner base model cenderung masih sama dengan sebelum facelift

Sementara, untuk Fortuner base model lebih ditujukkan untuk konsumen yang menginginkan mobil nyaman dan ekonomis karena sering bepergian dengan anggota keluarga. Sebab, Selain basis modelnya masih sama dengan Fortuner sebelum facelift, untuk base model ini juga hanya tersedia dengan varian bermesin tanpa busi (baca: diesel) berkapasitas 2.400 cc persis dengan Fortuner yang masih beredar di Tanah Air.

Gambar menujukkan layout dashboard Toyota Fortuner Facelift

Interior sebagian besar masih sama dengan pendahulunya

Tapi bukan berarti Toyota Thailand tidak memperhatikan Fortuner base model ini, selain ubahan pada bumper depan, bumper belakang dan pelek, Toyota Fortuner base model ini juga makin disempurnakan. Salah satunya adalah penyempurnaan power steering dengan Variable Flow Control, yang mampu secara otomatis menyesuaikan steering stiffnes agar handling semakin baik. Disamping itu, pada base model cruise control juga mendapat tambahan 6 titik sensor.

>>> Untuk ulasan lebih lengkap nantikan review kami mengenai Fortuner terbaru ini

Toyota Thailand Fokus Ke Toyota Hilux

Sebagai negara dengan 1000 dual cabin (kami menyebutnya demikian karena mobil dual cabin sangat banyak di Thailand), tak heran negeri Gajah Putih ini lebih fokus mengembangkan Toyota Hilux Revo andalan mereka bila dibandingkan dengan Toyota Fortuner. Hal ini seakan kontras dengan yang terjadi di Tanah Air, Hilux berjuluk Revo ini mendapat banyak sekali ubahan yang signifikan dan langkah facelift ini diproyeksikan mampu menggoda konsumen di sana.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Revo Prerunner & Rocco Facelift 2020

Bukti keseriusan Toyota Thailand mendevelop Hilux adalah banyaknya varian dan pengembangan yang dilakukan

Mulai dari model Toyota Hilux yang ada empat, paling murah Toyota Hilux Revo Standard Cab atau disebut juga B-Cab, lalu ada Hilux Revo Z Edition, disusul Hilux Revo Prerunner, dan terakhir Hilux Revo Rocco sebagai model termahal. Masing-masing model ini dibedakan dari aksesoris, desain eksterior, dan ukuran kabinnya. Untuk Hilux B-Cab mirip dengan Toyota Hilux pick up yang ada di Indonesia, sementara Hilux Z Edition ke atas pakai model dual cabin dan ada juga yang extra cabin.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Z Edition Facelift 2020

Eksterior dari semua model Toyota Hilux bernuansa toughness

“Pada awal proyek ini, kami bertujuan untuk menciptakan 'Mobil Yang Tidak Pernah Lebih Baik Yang Belum Pernah Ada Sebelumnya' dengan secara aktif melakukan survei lapangan yang luas untuk menemukan perilaku penggunaan mobil asli dari orang-orang di semua wilayah, sehingga memungkinkan kami untuk mendapatkan dan memanfaatkan sebanyak mungkin mobil yang komprehensif," tukas Jurachart Jongusuk, Regional Chief Engineer Toyota Thailand yang mendesain Hilux ini.

>>> Jangan lewatkan berita seputar mobil baru di sini

Gambar menunjukkan head unit Toyota Hilux Revo with Apple CarPlay

Fitur Apple Car Play bisa dinikmati mulai Hilux Revo Z Edition

Keempat model dari Toyota Hilux Revo facelift ini mengadopsi bahasa desain toughness alias kekar. Ubahan dilakukan pada eksterior seperti headlamp, bumper depan, bumper belakang, pelek, stoplamp, hingga lekuk-lekuk kap mesin yang menunjukkan mobil makin berotot. Yang menarik dari Hilux Revo adalah kini tersedia Fleet Telematics Service untuk varian B-Cab, fitur ini dapat mempermudah manajemen transportasi pengusaha dan dapat terkoneksi dengan T-Connect.

>>> Simak harga Toyota Fortuner bekas di sini

Gambar menunjukkan mesin 2.800 cc 1GD-FTV Toyota Fortuner dan Toyota Hilux Thailand

Di Thailand, mesin 1GD-FTV tersedia untuk Toyota Hilux maupun Toyota Fortuner

Untuk mesin baik Toyota Fortuner dan Toyota Hilux facelift ini sama, yakni terdapat dua pilihan mesin diesel 4 silinder. Untuk yang mesin diesel 2.400 cc berkode 2GD-FTV tidak mendapat ubahan apapun karena dinilai sudah ekonomis dan bertenaga. Sementara untuk mesin diesel berkode 1GD-FTV dengan kapasitas 2.800 cc mendapat penyempurnaan balancer mesin, dengan tujuan agar mereduksi suara dan getaran.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Revo Rocco 2020 berwarna ungu

Toyota Hilux maupun Toyota Fortuner bermesin 2.800 cc ini diklaim lebih asyik dibawa off-road

Tidak hanya itu saja, penyempurnaan tersebut plus sedikit tuning pada mesin dieselnya menghasilkan tenaga dan torsi mesin diesel 2.800 cc ini juga bertambah besar. Yakni tenaganya menjadi 204 ps atau sekitar 202,5 hp dan torsi flat 500 nm yang sudah dapat dirasakan sejak putaran mesin 1.600 rpm hingga 2.800 rpm. Apalagi putaran mesin idle (stasioner)-nya juga turun dari 850 rpm ke 650 rpm membuatnya lebih smooth ketika dibawa off-road.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top