Toyota Crown SUV Lakoni Tes di China, Pakai Mesin Hybrid 2.5L

14/04/2021

Mobil baru

3 menit

Rumor kehadiran Toyota Crown SUV menjadi nyata dengan prototype yang tengah diuji untuk pasar Cina, dan akan dipamerkan di Shanghai Motor Show akhir April.

Toyota Crown versi SUV akan segera mengaspal. Hal ini dipastikan setelah sosok prototype Toyota Crown SUV dipamerkan dalam dokumen homologasi dari Kementrian Industri dan Informasi China.

Tampilan belakang Toyota Crown SUV

Tampilan belakang Crown SUV, yang juga disebut Kluger

Meski belum diumumkan oleh Toyota China, prototype Crown SUV terlihat seperti model siap produksi dan akan melakukan debut di Shanghai Motor Show akhir bulan ini.

>>> Toyota Crown Bakal Berubah Jadi SUV

China dan Amerika lebih dulu, pakai platform TNGA-K

Berita ini merupakan jawaban atas rumor tahun lalu yang mengatakan Crown akan menjadi sebuah SUV dan menjalani debut tahun 2022. Kabarnya China serta Amerika Serikat jadi pasar pertama dari Crown versi SUV tersebut. Sebagai tambahan, Crown SUV, atau Crown Kluger, akan mengambil basis SUV Highlander, yang berarti mobil akan memakai platform TNGA-K.

Selain emblem khas Toyota Crown, ada hal lain yang membedakan Crown SUV dari Highlander. Mulai dari desain bumper depan, dengan kisi-kisi vertikal di bagian sisi, dengan foglamp mobil diletakan di sisi bawah dekat splitter.

Toyota Crown SUV

Detail Crown SUV yang tengah dites di Tiongkok

Sementara itu bagian belakang Toyota Crown Kluger terlihat memiliki tampilan belakang yang sama seperti Highlander, dengan sedikit lekukan berbeda di pintu bagasi. Sedang di bagian bawah memakai ornament seperti diffuser di bagian bawahnya, foglamp belakang juga mirip seperti Highlander.

Dokumen homologasi juga menampilkan beberapa detail Crown Kluger, seperti dimensi, yang akan memiliki panjang 5.015 mm, lebar 1.930 mm, tinggi 1.750 mm, dengan wheelbase 2.850 mm. Toyota Crown SUV juga disebutkan akan memakai velg 18-inci, namun foto yang beredar menampilkan pilihan velg 20 inci.

>>> Resmi, Mobil Menteri Kabinet Baru Presiden Jokowi Toyota Crown 2.500 cc, Bukan 3.500 cc

Pakai mesin hybrid 2.5 liter

Toyota Crown SUV dikatakan memakai mesin 2.5L hybrid yang menghasilkan 189 HP, yang jauh di bawah Highlander USDM yang juga memakai mesin hybrid 2.5L, meski dengan dua motor elektrik.

Nantinya, versi SUV akan dijual dengan Toyota Crown, yang kini sudah memasuki generasi ke-15. Mendapat penyegaran tahun lalu, sedan flagship ini diberikan dua powertrain hybrid, yakni V6 hybrid yang memiliki performa 295 HP/356 Nm, dan 2.5L dengan tenaga 181 HP/221 Nm. Selain itu, ada juga mesin 2.0L non-hybrid yang menghasilkan tenaga 241 HP dan torsi 350 Nm.

Toyota Crown Pickup

Sebelumnya, Crown juga pernah menghadirkan model Pick-up di generasi kedua

Lebih dikenal sebagai sedan flagship, kehadiran versi SUV Toyota Crown memang sedikit mengejutkan. Pun demikian, Crown juga pernah hadir sebagai pickup antara tahun 1962-1971, yang melengkapi generasi kedua yang juga dijual dengan model wagon dan coupe.

>>> Berita terbaru seputar otomotif dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top