Toyota Crown Kluger 2021: Mobil Menteri Jokowi Versi SUV

20/04/2021

Mobil baru

3 menit

Toyota Crown Kluger 2021: Mobil Menteri Jokowi Versi SUV
Toyota Crown Kluger 2021 adalah mobil menteri Jokowi versi SUV yang saat ini sedang melantai di ajang Shanghai Auto Show 2021, China. Bakal mampir Indonesia?

Toyota Crown Kluger 2021 alias Crown SUV akhirnya melantai di ajang pameran Shanghai Auto Show 2021. Nama Crown memang terdengar tak asing di telinga, tak heran, karena pemerintah Republik Indonesia juga mempercayakan Toyota Crown untuk digunakan sebagai mobil Menteri dan pejabat tinggi negara setingkat Menteri periode 2019 – 2024. Nah, kini Toyota Crown punya versi SUV lho, lantas seperti apa istimewanya?

Bentuk Atletis

Gambar tampilan samping Toyota Crown Kluger 2021

Toyota Crown Kluger 2021 mejeng di China

Dalam bahasa Inggris Crown diartikan sebagai mahkota, lambang kebesaran seorang Raja. Jika nama tersebut disematkan pada sebuah kendaraan, maka dapat diartikan bahwa produk tersebut memiliki kasta tertinggi di merek tersebut. Dan memang, seperti kita ketahui Crown merupakan sedan yang menduduki tempat tertinggi dalam jajaran prodyuk Toyota tak terkecuali di Indonesia.

Gambar tampilan belakang Toyota Crown Klugger 2021

Toyota Crown Kluger 2021 tetap punya bentuk atletis tanpa meninggal kesan elegan

Demikian pula dengan versi SUV-nya, bentuknya tetap terlihat atletis seperti versi sedannya tetapi tanpa mengurangi ciri khas elegan yang selalu menjadi daya tarik dari Toyota Crown. Mulai dari desain bumper depan, dengan kisi-kisi tegas vertikal di bagian sisi, berpadu sempurna dengan foglamp mobil yang diletakan di sisi bawah dekat splitter (pemecah angin untuk kebutuhan aerodinamika).

Interior Mewah

Gambar Interior Toyota Crown Kluger 2021

Interior Toyota Crown Kluger 2021 tak beda jauh dengan Crown model sedan

Sama seperti dashboard Toyota Crown versi sedan, nuansa modern sekaligus mewah menjadi tema besar pada Toyota Crown SUV ini. Layar besarnya di tengah menjadi satu dan lebih berkesan mewah. Kami memprediksi, jika view angle-nya tetap baik seperti versi sedannya, dan tetap intuitif serta seluruh tombol pada dashboardnya mudah dijangkau oleh tangan pengemudi, atau bisa juga diatur dari tombol di setirnya.

Gambar kursi belakang Toyota Crown Klugger 2021

Kenyamanan kabin belakang tetap dipikirkan Toyota

Sebagaimana Crown versi sedan di Toyota Crown SUV ini juga fokus utamanya tertuju pada penumpang belakang. Hal tersebut terlihat dari ruang kaki yang luas. Tak ketinggalan akses keluar-masuk bagi penumpang belakang Toyota Crown SUV 2021 ini yang juga diperhatikan oleh Toyota. Sayangnya, ia tak punya handle bar untuk pegangan tangan seperti layaknya yang ditemukan di Toyota Crown Sedan, Toyota Vellfire, bahkan Toyota Alphard.

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Crown yang dipakai kendaraan dinas mentri di Indonesia

Mesin Hybrid

Mesin Toyota Crown Kluger 2021

Unit A25A-FXS ini punya output tenaga 190 PS dan torsi sekitar 221 NM (engine only)

Menurut media CarNewsChina.com, mobil mentri Jokowi versi SUV ini menggendong mesin hybrid 2.500 cc. Cintamobil.com memprediksi mobil ini menggendong mesin berkode A25A-FXS yang serupa dengan Toyota Camry Hybrid di Indonesia. Mesin tersebut 'dikawinkan' dengan transmisi eCVT seperti layaknya di Prius, Corolla Cross Hybrid, Camry Hybrid, dan Corolla Sedan Hybrid di Indonesia.

Gambar Transmisi eCVT Hybrid Toyota

Transmisi eCVT yang canggih jamin penyaluran tenaga halus

Ada juga versi yang transmisinya menggunakan gear reduction lagi, jadi output dari mesin dan motor listrik dikasih gear ratio multistage. Makanya disebut dengan istilah Multi-Stage Hybrid Transmission. Intinya setelah tenaga 'diproses' mesin + motor, outputnya langsung ditransfer ke "transmisi otomatis 4 speed", atau 4 stage (multi stage). Sehingga tipikal powernya bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan dan kondisi jalan, dari tenaga besar, tapi speednya rendah atau low stage sampai yang high speed begitu juga dengan sebaliknya.

>>> Baru 2 Tahun, Toyota Crown 2021 Dapatkan Update Sistem Hiburan

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top