Toyota Corolla Terbaru Disulap Jadi Mobil Balap

05/03/2019

Mobil baru
Share this post:
Toyota Corolla Terbaru Disulap Jadi Mobil Balap
Usai memperlihatkan bentuk awalnya pada November 2018, Team Toyota GB memamerkan Toyota Corolla Hatchback balap pada Jumat (1/3).

Kejuaraan balap turing Inggris, biasa disebut British Touring Car Championship (BTCC) melombakan mobil produksi masal dari berbagai pabrikan dunia yang telah dimodifikasi sesuai aturan TOCA, sang pihak penyelenggara, di bawah regulasi NGTC (Next Generation Touring Car).

Gamabr menunjukkan tampilan mobil Toyota Corolla balap dilihat dari sisi belakang sedang berjalan di jalan Indonesia

Tampilan Toyota Corolla balap

Toyota sendiri telah menelurkan prestasi dengan meraih juara BTCC 1982, 1986, dan 1987 melalui pembalap Win Percy (1982) dan Chris Hodgetts (1986-1987), juga menggeber model Corolla. Turunnya varian ini sekaligus menandai berakhirnya peran Toyota Avensis yang telah berlaga di balap turing Inggris sejak 2010 hingga musim lalu.

>>> Baca juga: Terdampak Xpander, Mitsubishi Pajero Sport Bakal Impor Lagi

Gambar mobil Toyota Corolla balap dilihat dari sisi belakang

Indah gak Toyota Corolal dijadi mobil balap?

Sepanjang perjalanannya di arena balap turing Inggris, Avensis mengalami pasang surut. Tim Dynojet dan Speedworks Motorsport masing-masing bertengger di peringkat 10 dan 17 BTCC 2011, sebelum masuk 10 besar semusim kemudian. Honda merupakan salah satu mobil penantang unggulan dengan varian Civic. Sebanyak lima titel pembalap berhasil diamankan, masing-masing oleh Matt Neal (2011), Gordon Shedden (2012, 2015, 2016), serta Andrew Jordan (2013).

>>> Berita mobil yang baru diluncurkan bisa Anda dapatkan di sini

Pada musim 2018 lalu, Tom Ingram dari tim Speedworks meraih sembilan podium, tiga diantaranya adalah kemenangan. Pembalap Inggris berusia 25 tahun itu mengunci titel BTCC berbekal 292 poin.

Gambar mobil Toyota Corolla balap dilihat dari sisi depan sedang parkir di pinggir jalan

Corolla balap di jalan 

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

Dalam sesi ujicoba di Oulton Park, Inggris, Ingram berkesempatan menjajal mobil yang masih memakai livery kamuflase tersebut. Runner-up musim lalu tersebut bakal kembali memaksimalkan potensi tunggangannya di Circuit Calafat, Spanyol, pekan ini.

“Sungguh merupakan perasaan luar biasa bisa menurunkan Corolla terbaru,” tutur Ingram. “Sejak Toyota resmi bergabung di akhir tahun lalu, segala sesuatu yang kami lakukan telah dipersiapkan untuk momen ini.

“Mobil ini terlihat luar biasa, berkat usaha dari teman-teman Speedworks yang melakukan pekerjaan sehebat biasanya. Juga menjadi kebanggaan bisa menjadi perwakilan Toyota Inggris Raya dalam monster buatan Inggris ini. Hari ini sejatinya merupakan tes shakedown, tapi kami akan memaksimalkan kecepatan Corolla ini di Spanyol pekan depan dan saya tidak sabar melihat potensinya!,” pungkasnya.

Rencananya, Speedworks Motorsport akan mengumumkan skuat dan livery musim ini pada BTCC Media Day, akhir Maret.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top