Toyota Corolla Nurburgring Edition Diluncurkan, Begini Ubahannya

06/10/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Toyota Motor Thailand meluncurkan Toyota Corolla Nurburgring Edition menemani trim GR Sport sebagai tipe tertinggi. Kami pun bertanya-tanya, apa bedanya?

Beberapa pabrikan mobil memang punya kecenderungan untuk membuat banyak tipe dalam satu mobil yang - kalau kita harus jujur - tidak membutuhkannya. Salah satunya adalah Toyota yang meluncurkan Corolla Nurburgring Edition di Thailand.

Nurburgring adalah sebuah sirkuit legendaris di Jerman yang digunakan sebagai 'medan perang' bagi para pabrikan mobil untuk membuktikan keandalan mobil performa tinggi mereka.

Tentunya, mobil yang membawa predikat 'Nurburgring Edition' harusnya mencerminkan sebuah kendaraan performa tinggi yang sudah melakukan pengujian, dikembangkan, atau memecahkan rekor di sirkuit berjuluk Green Hell tersebut. Lantas, apa yang spesial dari Toyota Corolla ini?

Gambar Toyota Corolla Nurburgring Edition

Apakah semakin 'racing' dengan tambahan nama Nurburgring Edition?

>>> Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Jepang dan Indonesia

Minggir Porsche, Corolla Mau Lewat

Tidak ada yang menyangka bahwa akan ada hari di mana Corolla membawa nama Nurburgring di dalam nomenklaturnya. Tetapi, hal ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Toyota Motor Thailand sejak tahun 2015.

Saat itu, mereka meluncurkan Toyota Corolla Nurburgring Edition untuk memperingati keikut sertaan Corolla dalam ajang ADAC 24 Hours of Nurburgring. Memang saat itu Toyota GAZOO Racing menurunkan Corolla dalam ajang balap ketahanan tersebut. Sayangnya, itu bukan salah satu tahun di mana GR mendominasi motorsport.

Gambar Toyota Corolla 24 Hours of Nurburgring

Dibuat untuk memperingati keikutsertaan Toyota Corolla dalam ajang 24 Hours of Nurburgring

Di tahun 2021, mereka akan kembali ke ajang tersebut dengan Corolla di kelas Super Production 3 dan nampaknya, Toyota Motor Thailand tak ingin kehilangan momen tersebut sebagai bentuk pemasaran untuk Corolla.

Maka dari itu, hadirlah sebuah Corolla yang mungkin menjadi mobil dengan nama Nurburgring paling pelan. Wajar saja, saingan Corolla tersebut adalah mobil-mobil kencang seperti Nissan GT-R, BMW M5, bahkan Lexus LFA.

>>> Sosok Toyota Corolla E70 Jika Terlahir Kembali 

Lantas, Apa Perbedaannya Dengan Corolla Standar?

Toyota mengatakan bahwa desain paket trim Nürburgring terinspirasi oleh mobil balap yang berlaga di ajang ADAC 24 Hours of Nurburgring. Paket tersebut terdiri dari tambahan grille dan bumper dengan desain lebih sporty.

Gambar Toyota Corolla Nurburgring Edition

Cocok untuk mereka yang merasa tampilan Corolla GR Sport masih kurang sporty

Selain itu, ada juga side skirt di bagian samping, ekstensi bumper belakang dengan diffuser dan lubang dekoratif, serta spoiler di atas bagasi. Yang paling penting, akan ada logo Nürburgring 24Hours yang terpampang di bagian fender depan yang menunjukkan bahwa Corolla ini berbeda dengan yang lain.

Yes, emblem tersebut akan menambah horsepower dan memangkas catatan lap di Nurburgring. Tentu kami bercanda. Lalu, bagaimana dengan mesinnya?

Toyota Corolla Nurburgring Edition ditawarkan dengan mesin 1,8 liter 4 silinder yang menghasilkan tenaga 138 HP dan versi hybrid dengan kapasitas yang sama dengan tenaga 121 HP. Tenaga tersebut ditransmisikan ke gandar depan melalui gearbox CVT.

Gambar Nurburgring Emblem

Ada emblem yang membedakan Corolla Nurburgring Edition dengan yang lainnya

Artinya, secara tenaga ya mobil ini sama saja dengan Corolla lain termasuk yang beredar di Tanah Air. Oh iya, mobil ini dibekali dengan suspensi yang lebih sporty untuk mendukung kemampuan bermanuver yang lebih baik. Setidaknya ada sedikit nilai plus untuk sektor performa.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top