Toyota Corolla Long Wheelbase 2021: Lebih Panjang Dan Mesin Lebih Canggih

07/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Seakan tak puas menggertak pasar mobil dunia dengan Toyota Yaris, kini Toyota Corolla Long Wheelbase 2021 disiapkan Toyota dengan mesin yang lebih canggih.

Toyota Motor Corporation seakan tidak puas menggertak pasar mobil dunia dengan kemunculan tiga model Toyota Yaris, yang terdiri dari Yaris Cross, GR Yaris dan Yaris 'biasa'. Kini Toyota sedang menyiapkan amunisi baru yakni Toyota Corolla Long Wheelbase 2021 yang dilengkapi dengan mesin yang lebih canggih dan juga tentunya jarak sumbur roda (wheelbase) yang lebih panjang.

Gambar menunjukkan Toyota Corolla Long Wheelbase 2021

Corolla Long Wheelbase lebih panjang 100 mm sumbu rodanya

Toyota sedang menyiapkan sebuah Toyota Corolla dengan versi sasis panjang untuk pasar China, sebuah laporan datang dari situs web Autohome di China yang mengungkapkan bahwa Toyota sedang menyiapkan versi sasis yang lebih panjang untuk Corolla. Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa kode pengembangan untuk Corolla Long adalah 87*B, dan jarak sumbu roda akan meningkat 100 mm, dari versi dasar 2.700 mm.

>>> Review Toyota Corolla Touring Sports 2019, Spesifikasi dan Harganya

BUKAN KALI PERTAMA

Gambar menunjukkan jarak kursi di Toyota Corolla Long Wheelbase 2021

Sumbu roda yang bertambah akan memberikan efek luas ke interior

Langkah ini memang disesuaikan untuk pasar mobil di negeri Tirai Bambu tersebut. Dan ini bukan kali pertama pabrikan mobil dunia menyiapkan mobil dengan 'spek' pasar China. Beberapa tahun silam Audi sempat menyiapkan Audi A6 Long Wheelbase untuk mengakomodir permintaan pasar di Tiongkok sana. Oleh karena itu Toyota Corolla Long Wheelbase yang akan diluncurkan akhir 2020 atau awal 2021 diprediksi akan diterima konsumen di sana.

Foto launching Toyota Corolla 2019

Corolla Altis untuk pasar mobil Indonesia

>>> Toyota Ajukan Paten GR Corolla, Hot Hatchback Pelengkap GR Yaris

MESIN 3 SILINDER PLUS TURBO?

Paling istimewa dari Corolla Long Wheelbase ini bukan hanya jarak sumbu rodanya yang menjadi 2.800 mm. Namun secara mekanik, Corolla akan hadir dengan mesin yang berbeda dari Corolla lain. Menurut media China itu, digadang-gadang varian terbaru Corolla ini akan menggendong mesin berkapasitas 1500 cc berkonfigurasi 3 silinder segaris dilengkapi turbocharged.

Gambar menunjukkan mesin Toyota M15A Dynamic Force Engine

Mesin M15A bawaan Yaris konon akan diimbuhi turbo

Mesin yang diusung diprediksi akan sama dengan yang digendong Toyota Yaris, yakni unit berkode M15A dengan teknologi dynamic force engine. Namun, jika Yaris 'biasa' tanpa turbo, maka untuk Corolla akan pakai turbo. Teknologi dynamic force engine sendiri bertugas mempercepat aliran udara dengan mengatur derajat katup lebih rebah dari mesin konvensional. Derajat antar katup di mesin ini adalah 41 derajat, bandingkan dengan mesin konvensional yang berkisar antara 35-37 derajat.

Gambar menunjukkan katup di mesin dynamic force engine

Teknologi Dynamic Force mempercepat aliran udara

Dengan mengatur ulang kemiringan katup, lubang katup, dudukan katup, posisi injektor, dan sebagainya, aliran udara masuk menjadi lebih lancar dan berputar cepat, tujuannya agar saat meledak, udara-bensin yang ada di dalam silinder cepat habis terbakar. Menurut informasi mesin tersebut disetup untuk mampu menghasilkan tenaga hingga 118 hp dan torsi 146 Nm.

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang berguna lainnya

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top