Toyota Corolla Long Wheelbase 2021: Lebih Panjang Dan Mesin Lebih Canggih

07/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Corolla Long Wheelbase 2021: Lebih Panjang Dan Mesin Lebih Canggih
Seakan tak puas menggertak pasar mobil dunia dengan Toyota Yaris, kini Toyota Corolla Long Wheelbase 2021 disiapkan Toyota dengan mesin yang lebih canggih.

Toyota Motor Corporation seakan tidak puas menggertak pasar mobil dunia dengan kemunculan tiga model Toyota Yaris, yang terdiri dari Yaris Cross, GR Yaris dan Yaris 'biasa'. Kini Toyota sedang menyiapkan amunisi baru yakni Toyota Corolla Long Wheelbase 2021 yang dilengkapi dengan mesin yang lebih canggih dan juga tentunya jarak sumbur roda (wheelbase) yang lebih panjang.

Gambar menunjukkan Toyota Corolla Long Wheelbase 2021

Corolla Long Wheelbase lebih panjang 100 mm sumbu rodanya

Toyota sedang menyiapkan sebuah Toyota Corolla dengan versi sasis panjang untuk pasar China, sebuah laporan datang dari situs web Autohome di China yang mengungkapkan bahwa Toyota sedang menyiapkan versi sasis yang lebih panjang untuk Corolla. Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa kode pengembangan untuk Corolla Long adalah 87*B, dan jarak sumbu roda akan meningkat 100 mm, dari versi dasar 2.700 mm.

>>> Review Toyota Corolla Touring Sports 2019, Spesifikasi dan Harganya

BUKAN KALI PERTAMA

Gambar menunjukkan jarak kursi di Toyota Corolla Long Wheelbase 2021

Sumbu roda yang bertambah akan memberikan efek luas ke interior

Langkah ini memang disesuaikan untuk pasar mobil di negeri Tirai Bambu tersebut. Dan ini bukan kali pertama pabrikan mobil dunia menyiapkan mobil dengan 'spek' pasar China. Beberapa tahun silam Audi sempat menyiapkan Audi A6 Long Wheelbase untuk mengakomodir permintaan pasar di Tiongkok sana. Oleh karena itu Toyota Corolla Long Wheelbase yang akan diluncurkan akhir 2020 atau awal 2021 diprediksi akan diterima konsumen di sana.

Foto launching Toyota Corolla 2019

Corolla Altis untuk pasar mobil Indonesia

>>> Toyota Ajukan Paten GR Corolla, Hot Hatchback Pelengkap GR Yaris

MESIN 3 SILINDER PLUS TURBO?

Paling istimewa dari Corolla Long Wheelbase ini bukan hanya jarak sumbu rodanya yang menjadi 2.800 mm. Namun secara mekanik, Corolla akan hadir dengan mesin yang berbeda dari Corolla lain. Menurut media China itu, digadang-gadang varian terbaru Corolla ini akan menggendong mesin berkapasitas 1500 cc berkonfigurasi 3 silinder segaris dilengkapi turbocharged.

Gambar menunjukkan mesin Toyota M15A Dynamic Force Engine

Mesin M15A bawaan Yaris konon akan diimbuhi turbo

Mesin yang diusung diprediksi akan sama dengan yang digendong Toyota Yaris, yakni unit berkode M15A dengan teknologi dynamic force engine. Namun, jika Yaris 'biasa' tanpa turbo, maka untuk Corolla akan pakai turbo. Teknologi dynamic force engine sendiri bertugas mempercepat aliran udara dengan mengatur derajat katup lebih rebah dari mesin konvensional. Derajat antar katup di mesin ini adalah 41 derajat, bandingkan dengan mesin konvensional yang berkisar antara 35-37 derajat.

Gambar menunjukkan katup di mesin dynamic force engine

Teknologi Dynamic Force mempercepat aliran udara

Dengan mengatur ulang kemiringan katup, lubang katup, dudukan katup, posisi injektor, dan sebagainya, aliran udara masuk menjadi lebih lancar dan berputar cepat, tujuannya agar saat meledak, udara-bensin yang ada di dalam silinder cepat habis terbakar. Menurut informasi mesin tersebut disetup untuk mampu menghasilkan tenaga hingga 118 hp dan torsi 146 Nm.

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang berguna lainnya

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

TIPS BELI MOBIL BEKAS: Toyota Corolla Altis 10th Gen (2008-2013), Corolla Yang Modelnya Tak Lekang Dimakan Zaman

29/11/2018

Jual beli

Bagi Anda keluarga muda yang mempunyai uang Rp 150 hingga Rp 170 juta menginginkan mobil Sedan namun enggan membeli mobil baru dan lebih memilih mobil bekas, maka mobil inilah yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Lihat juga

Yaris Crossover Jadi Embrio Yaris Heykers Reborn?

15/04/2020

Mobil baru

3 menit

Sebuah render Toyota Yaris Crossover beredar di dunia maya, dilihat dari bentuknya akankah Yaris dengan konsep SUV tersebut akan jadi Yaris Heykers Reborn?

Lihat juga

Toyota GR Yaris WRC 2021 Resmi Di Uji Coba, Segera Perkuat Skuad Toyota WRC?

27/02/2020

Mobil baru

3 menit

Seorang natizen yang juga penggemar reli dunia (world rally championship) mengabadikan Toyota GR Yaris WRC, akankah mobil ini segerab perkuat skuad Toyota WRC?

Lihat juga

Siap-Siap, SUV Berbasis Toyota Yaris Debut di Geneva Motor Show 2020

19/02/2020

Event - Promosi

2 menit

Menjadi perbincangan di awal tahun, SUV berbasis Toyota Yaris akan debut perdana pada Geneva Motor Show 2020 yang akan berlangsung 5 hingga 15 Maret 2020. 

Lihat juga

Tokyo Motor Show 2019: Bedah Teknologi Mesin Dynamic Force Engine Toyota Yaris 2020

25/10/2019

Mobil baru

5 menit

Toyota Yaris 2020 baru saja dibuka selubungnya di pertengahan bulan Oktober 2019 lalu. Teknologi menjadi salah satu nilai jual Toyota Yaris 2020, salah satunya Dynamic Force Engine di mobil ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan dynamic force engine? Mari kita bahas...

Lihat juga
 
back to top