Toyota Celica Bakal Lahir Kembali?

23/01/2021

Mobil baru

5 menit

Toyota Celica Bakal Lahir Kembali?
Toyota Celica diprediksi akan kembali muncul, pasca pengajuan merek dagang yang telah dilakukan Toyota kepada pemerintah Amerika Serikat (AS). Namun apakah Celica akan dibuat Toyota menjadi mobil listrik atau tetap sebagai sport car dua pintu bermesin bakar? Semua masih ditutup rapat oleh Toyota.

Toyota Celica terakhir kali keluar dari jalur perakitan pada April 2006. Melalui generasinya yang ketujuh berkode T230, coupe liftback Toyota itu seakan tenggelam dengan kepopuleran Supra. Namun kabar terbaru menyebutkan jika pabrikan Jepang itu tengah mengajukan merek dagang baru dengan nama Celica.

Dikutip dari Autoevolution, Sabtu (23/01/2021), Toyota diketahui telah mengajukan merek dagang untuk Celica ke Patent and Trademark Office di Amerika Serikat (AS) pada 15 Januari 2021 lalu. Dan merek dagang ini diklasifikasikan sebagai "Mobil serta bagian strukturalnya". Apakah itu berarti Toyota Celica akan lahir kembali?

>>> Toyota Ingin Reinkarnasi Tiga Bersaudara Sports Car

Ada Indikasi Kuat Celica akan Kembali Dibuat Toyota

Pengajuan Merek Dagang Toyota Celica

Bukti pengajuan merek datang Celica oleh Toyota

Memang belum ada pernyataan resmi dari Toyota yang menyebut jika Celica bakal come back. Namun setidkanya ada dua petunjuk yang mengarah ke sana. Pertama pada September 2017, Head Division of Gazoo Racing pernah mengatakan jika Toyota akan menggunakan platform mobil sport untuk memperkenalkan mobil sport asli yang dapat bersaing di dunia.

Kedua datang dari pernyataan Masayuki Kai, Assistant Chief Engineer GR Supra yang pernah melontarkan tentang nasib Celica pada September 2018.

"Toyota Celica dapat kembali lagi sebagai coupe berperforma tinggi dengan sistem AWD," ucap dia.

>>> Mengenal 5 Mobil Sport Toyota 2 Pintu yang Legendaris

Akankah Berubah Jadi Toyota Celica Elektrik?

Toyota Celica 2006

Bukan tidak mungkin pula Celica berubah jadi sportcar electric

>>> Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Tak Hanya Terlihat Makin Sporty

Setelah dua pernyataan petinggi Toyota itu, nasib Celica seakan menghilang. Ditambah lagi saat ini pabrikan lebih sibuk dengan model GR Supra serta kendaraan elektrik dan otonom. Wajar, mengingat Toyota Supra mampu mencatatkan angka penjualan cukup positif baik di Jepang, Eropa, Amerika Serikat (AS), maupun negara Asia lainnya.

Awan gelap yang menyelimuti nasib Celica juga tertutup dari tren populasi mobil di dunia yang kini lebih menykai crossover atau SUV (Sport Utility Vehicle) dibanding sedan atau coupe. Namun ditengah geliat Toyota terus mengembangkan kendaraan listrik membuat banyak yang berspekulasi jika mungkin saja Celica bakal berubah jadi mobil sport elektrik.

Jika segmen mobil sport bermesin bakar terus menyusut di masa depan, namun penggemar mobil performa tinggi tetap ada, rasanya kemungkinan untuk menunggu Toyota Celica elektrik bukan hal yang mustahil.

Jadi apakah Celica bakal dihidupkan lagi, Toyota?

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top