Toyota Camry 2021 Launching di Jepang, Facelift Biar Tetap Eksis

03/02/2021

Mobil baru

4 menit

Setelah Amerika dan Eropa, Toyota meluncurkan Camry 2021 di Jepang. Merupakan facelift generasi kesembilan, tampilan mobil, kabin, dan teknologi mendapat update.

Setelah lebih dulu launching di Amerika Serikat dan Eropa, Toyota Camry 2021 akhirnya meluncur di Jepang sebagai facelift dari generasi kedelapan. Tak jauh berbeda dari pasar lainnya, sedan mid-size ini mendapat facelift ringan di sisi kosmetik dan teknologi agar tetap eksis di tahun keempatnya.

>>> Review Toyota Avalon TRD 2020: Bukan Sembarang TRD, Yang Ini Sungguh Super

Hadir dalam dua varian berbeda, head-unit lebih besar

Seperti kita ketahui, Toyota Camry 2021 tersedia dalam dua tipe berbeda, yakni Standard dan Sports. Untuk tipe biasa, yang juga meluncur di Indonesia, hadir dengan gril yang lebih menonjol terlihat dari rahang yang mengaga, bagian atas juga mendapat ubahan ringan.

Tampilan depan Toyota Camry Sport tipe facelift

Selain model biasa, Toyota juga menghadirkan tipe Sport dengan tampilan lebih keren

Sementara itu, tipe Sports memiliki kisi-kisi udara palsu yang lebih besar di sisi bumper dengan tepian beraksen hitam glossy, dan dipertegas splitter dengan ukuran lebih besar. Ubahan lain ada di belakang, di mana lampu belakang LED hadir dengan aksen yang lebih gelap. Treatment serupa juga diaplikasikan ke lampu depan, meski hanya untuk tipe Sports saja.

Tampilan belakang Toyota Camry facelift model Sport

Lampu belakang Toyota Camry facelift diberikan finishing hitam

Dan untuk level trim tertentu mendapatkan velg baru, dengan velg 18 inci two-tone terlihat sangat keren. Warna baru juga hadir di Toyota Camry 2021, yakni Precious Metal yang menambah pilihan kelir mobil bertambah menjadi enam monotone, dan tiga dual-tone khusus untuk Camry Sports.

Masuk ke dalam, perbedaan paling mencolok antara Toyota Camry Facelift dengan pre-facelift adalah head unit 9 inci, yang satu inci lebih besar model freestanding yang berdiri di atas dashboard. Selain itu, Toyota juga memberi opsi trim dashboard yang lebih beragam.

Desain interior Toyota Camry 2021

Head unit Camry 2021 lebih besar satu inci dari model pre-facelift

Sisi safety juga mendapatkan upgrade dengan Toyota Safety Sense 2.5+, yang menambahkan night time pedestrian, serta autonomous emergency braking system dengan daytime cyclist and cross-junction pedestrian detection. Fitur lain yang tak kalah menariknya meliputi evasive steering assist, lane centering assist, corner deceleration function untuk adaptive cruise control, dan drive start control yang mencegah input gas yang mendadak.

>>> Empat Dekade Toyota Camry: Sedan Premium yang Jadi Mobil Menteri

Sisi mekanis tidak berubah

Tidak ada yang berubah untuk mekanis Toyota Camry facelift untuk pasar Jepang. Powertrain hybrid dengan mesin 2.5L yang menghasilkan tenaga 175 HP dan torsi 221 Nm, dan motor listrik bertenaga 118 HP dan torsi 202 Nm. Total tenaga yang dihasilkan berada di 208 HP, dengan konsumsi bensin 24,3 km per liter.

Tampilan samping Toyota Camry facelift

Performa mobil tidak akan berbeda jauh dari model pre-facelift

Harga Toyota Camry 2021 untuk pasar Jepang berkisar mulai JPY 3.485.000 (setara Rp 467 juta) sampai 4.672.000 (setara Rp 626 juta). Setelah Jepang, apakah sedan mid-size satu ini akan meluncur di Indonesia dengan trim Sports yang lebih agresif?

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top