Toyota Calya Terbukti Lebih Aman dari Toyota Avanza, Lalu Bagaimana Dengan Wuling Confero Dan Mitsubishi Xpander?

15/11/2018

Mobil baru
Toyota Calya Terbukti Lebih Aman dari Toyota Avanza, Lalu Bagaimana Dengan Wuling Confero Dan Mitsubishi Xpander?
Mobi dengan harga jual lebih murah lebih tidak aman? Kata Siapa? Nih buktinya setelah dites oleh ASEAN NCAP, Toyota Calya terbukti lebih aman dari Toyota Avanza, lalu bagaimana dengan Wuling Confero yang katanya enggak lulus tes tabrak, juga bagimana dengan sang jagoan pasar low MPV Mitsubishi Xpander?

Ternyata dari hasil tes Toyota Calya lebih aman terhadap anak kecil saat tabrakan frontal, terbukti nilai COP-nya lebih tinggi dari Avanza

ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) selaku suatu lembaga kredibel di wilayah Asia Tenggara yang memiliki kemampuan untuk mengetes tabrak mobil (crashed test) ternyata memiliki hasil yang mengejutkan untuk keempat mobil yang hype-nya tinggi di Indonesia ini. Karena ternyata Toyota Calya terbukti lebih aman dari Toyota Avanza, lalu bagaimana dengan Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander? Ternyata mobil merek Wuling tipe Confero yang digadang-gadang pelat besinya tebal sama para pecintanya ini enggak lulus crashed test ASEAN NCAP lho! Sebuah kabar yang mengejutkan, Wuling tidak lulus uji tabrak.

>>> Baca juga: Wuling Heran, Belum Ada Konsumennya Jual Mobil Di Dealer Mobil Bekas

Tampak slide presentasi yang mengeskan Wuling Confero mendapatkan 0 bintang

Saat gala dinner oleh ASEAN NCAP dan regulator Indonesia, diperlihatkan slide ini yang menyatakan Wuling Confero tidak lulus crashed test

Kabar ini kami dapat langsung saat mengikuti pelatihan yang digagas oleh ASEAN NCAP. Saat gala dinner di Hotel Batiqa saat presentasi, ditampilkan satu slide hasil pengetesan terbaru yang dilakukan oleh lembaga non afiliasi ini. Pada slide tersebut ditampilkan bahwa Wuling Confero yang dites pada tanggal 7 November 2018 dinyatakan tidak lulus karena mendapatkan 1 (satu) bintang. "Pengujian ini dilakukan setelah melihat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 bulan Agustus lalu, dan mendapati ada mobil tanpa kantung udara masih dijual di Indonesia," papar Yahaya Ahmad, Child Resistraint Working Group ASEAN NCAP.

>>> Baca juga: Review Wuling Formo 2018 Indonesia

Tampak Wuling Confero Standar berwarna putih

Wuling Confero Standar bermesin 1500 cc yang hasil tes oleh ASEAN NCAP kurang memuaskan

Untuk ulasan mobil Wuling terbaru, simak tayangan eksklusif dari tim video Cintamobil TV pasca peluncuran resmi di Jakarta berikut:

Menanggapi hal tersebut Dian Asmahani selaku Brand Manager PT SGMW Motor Indonesia (Agen Pemegang Merek Wuling Indonesia) ikut angkat bicara, seperti yang dilansir oleh Liputan6.com, "Yang sebenarnya Confero standart sudah sesuai dengan government regulation di Indonesia," papar wanita berkacamata ini. Dian menyatakan, meski varian bawah namun Wuling telah menerapkan sejumlah fitur keselamatannya seperti Auto Door Lock by speed, ISOFIX, safety child lock & seatbelt reminder for both the driver and co-driver. Hasil ini tentunya kontras sekali dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, bahkan kelas LCGC macam Toyota Calya.

Tampak crashed test Toyota Avanza oleh ASEAN NCAP

Sang juara bertahan Toyota Avanza juga mendaptkan rating total 4 bintang sama dengan Mitsubishi Xpander 

Mitsubishi Xpander total mendapatkan 4 bintang, sementara hasil mengejutkan didapat dari kubu Toyota. Geng Sunter ini masing-masing memang mendapatkan 4 bintang sama dengan Mitsubishi Xpander yang nampaknya saat ini masih merasakan hegemoni "terbaik dikelasnya", namun kalau di ulik, nilai COP alias Child Occupant Protection Toyota Calya jauh lebih tinggi bila dibandingkan kakaknya tersebut. Nilai COP Toyota Calya lebih tinggi nyaris 2 kali lipat dibanding Avanza. Lebih jelasnya coba lihat gambar yang tim Cintamobil.com sajikan untuk Anda. 

Tampak Crash Test ASEAN NCAP Mitsubishi Xpander

MPV terbaik dikelasnya Mitsubishi Xpander mendapatkan rating bintang 4 saat crashed test oleh ASEAN NCAP

Tim Cintamobil.com juga telah menyediakan video Toyota Kijang Innova G 2016 yang menyuguhkan perbandingan dengan Mitsubishi Xpander Ultimate terbaru. Simak informasi selengkapnya dan dukung kami dalam memberikan konten-konten video spesial lainnya.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top