Toyota Avanza TSS Bocor di Media Sosial, Bakal Secanggih Apa?

24/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Generasi terbaru Avanza diprediksi mendapatkan fitur baru dengan bocoran kemunculan Toyota Avanza TSS. Dengan fitur keselamatan baru, apa saja yang ditambah?

Sejak diperkenalkan pada 2003 silam, Avanza memang dikritik dengan fitur keselamatan yang lebih minim dibandingkan pesaingnya meski masih melejit sebagai salah satu mobil terpopuler di Indonesia. Namun hal ini sepertinya berubah dengan bocoran Toyota Avanza TSS dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Lalu, seberapa canggih fitur ini?

Fitur keselamatan canggih

Avanza memang bisa dibilang cukup ketinggalan mendapatkan fitur keselamatan Toyota Safety Sense. Teknologi yang sudah diberikan pada sebagian besar mobil baru Toyota di seluruh dunia pada 2020 ini terakhir diperkenalkan pada Toyota Raize.

>>> Bukan Toyota All New Avanza 2022, Tapi Avanza yang ini Beda!

TSS sendiri merupakan sistem keselamatan yang menawarkan berbagai fitur bantuan berkendara canggih. Toyota mengklaim bahwa TSS mampu mencegah tiga kecelakaan paling sering terjadi di seluruh dunia, yaitu tabrakan depan, tabrakan akibat mobil yang keluar jalur, hingga kecelakaan yang terjadi di malam hari.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 dan menjadi standar pada model Toyota di Eropa dan Amerika. Dua tahun setelahnya, Toyota mengumumkan peningkatan Toyota Safety Sense 2.0 (TSS 2.0) dengan Toyota Crown yang pertama kali menerima pembaharuan ini.

>>> 20 Mobil Terlaris Agustus 2021, Toyota Avanza di Posisi Puncak

Ditambahkan pada Toyota Avanza 2022

Di Indonesia, mobil terbaru yang sudah mendapatkan teknologi ini yaitu Toyota Raize TSS. SUV anyar yang mendapatkan popularitas sejak dirilis pada akhir April lalu mendapatkan berbagai fitur keselamatan canggih yang kemungkinan besar juga ditemukan pada Toyota Avanza TSS 2022.

mobil baru Toyota Raize TSS berwarna biru
Toyota Raize TSS yang baru saja diperkenalkan di Indonesia

Beberapa fitur yang bisa ditemukan pada TSS milik Raize yaitu;

  • Pre-Collision System: salah satu fitur penting untuk mencegah tabrakan dari depan, menggunakan sensor dan membantu pengemudi mengerem jika mendeteksi ada penghalang di bagian depan.
  • Automatic High-beam: fitur yang tersemat pada lampu depan ini secara otomatis mengubah ke low beam jika mendeteksi ada mobil lain datang dari arah berlawanan.
  • Lane Departure Alert: sensor laser pada fitur ini akan memberikan peringatan pada pengemudi jika kendaraan keluar marka jalan.
  • Road Sign Assist: fitur ini juga menggunakan sensor laser untuk menampilkan rambu lalu lintas, termasuk memberi peringatan jika pengemudi berkendara melewati batas kecepatan.

Dari beberapa fitur di atas, kemungkinan besar Toyota Avanza 2022 bakal dilengkapi dengan fitur Pre-Collision System, Automatic High-beam dan Lane Departure Alert. Berdasarkan bocoran yang terlihat di media sosial, kemungkinan besar harga Toyota Avanza TSS dibanderol mulai dari Rp 210 hingga Rp 220 jutaan.

>>> Dapatkan harga Toyota Avanza terbaru dan promo menarik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top