Toyota Avanza 2022 Harus Lebih Irit Dari Mobil Ini

29/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Toyota Avanza 2022 dan All-New Daihatsu Xenia harus melawan kehematan BBM dari mobil Mitsubishi Xpander jika ingin laku keras di pasar mobil Indonesia.

Digunakannya penggerak roda depan alias FWD (Front Wheel Drive) pada Toyota Avanza 2022 dan All-New Daihatsu Xenia membuat dua produk kerjasama ini harus melawan Mitsubishi Xpander jika ingin laku keras di pasar mobil Tanah Air.

Mitsubishi Xpander Sport Manual

Xpander pasti jadi benchmark utama

Memang, info yang kami terima (mungkin) masih ada varian RWD (Rear Wheel Drive) di Daihatsu All New Xenia trim terendah untuk mengincar pasar fleet dan konsumen di daerah. Namun, sebagian besar tipe pakai layout FWD. Otomatis Mitsubishi Xpander jadi benchmark utama.

Kenapa Xpander?

Ada beberapa alasan mengapa Toyota Avanza 2022 harus lebih irit dari Mitsubishi Xpander, hal pertama adalah kedua mobil ini bersaing ketat di pasaran, dan beberapa kali Xpander berhasil menyabet penjualan tertinggi di kelasnya mengalahkan Avanza.

Mesin 4A91 Mitsubishi Xpander

Mesin berkode 4A91 di Mitsubishi Xpander punya tenaga cukup

Kehadiran Xpander sejak tahun 2017 bahkan membawa standar baru di mobil kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). Mobil ini nyaman, punya kekedapan kabin yang baik, handling moderat dan juga lega serta praktis.

Mitsubishi Xpander Tanjakan

Untuk transmisi manual, Xpander mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 11,6 detik

Dari hasil pengujian tim Cintamobil.com terhadap Mitsubishi Xpander Sport bertransmisi manual, didapat angka 15,2 kilometer per liter untuk berkendara di dalam kota, dan 18,2 kilometer per liter untuk pemakaian di rute tol.

Tes Mitsubishi Xpander Sport

Bisakah Toyota Avanza 2022 menaklukkan supremasi konsumsi BBM Xpander di tol?

Sedangkan untuk Xpander dengan tipe yang sama namun varian matik, hasil tesnya di angka 13,1 kilometer per liter di dalam kota dan 17,8 kilometer per liter saat melahap rute jalan bebas hambatan.

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Semua pengujian sesuai buku manual dan rekomendasi pabrikan, termasuk tekanan ban dan jenis BBM

Semua kami lakukan pakai bahan bakar oktan 92 dan dengan menerapkan standar pengetesan di kecepatan rata-rata 22 km/jam untuk rute dalam kota dan 90 km/jam di rute tol. Sebab, sepanjang kami melakukan pengetesan konsumsi BBM rata-rata mobil berjalan di average speed tersebut.

>>> Tiga Hal Yang Kami Ketahui Tentang Toyota All New Avanza

Avanza Varian Hybrid Menyusul?

Toyota Avanza dan Xenia terbaru akan mempertahankan kapasitas mesin 1.300 cc dan 1.500 cc yang memang sudah cocok dengan segmen LMPV. Tetapi, rumor yang beredar mengatakan bahwa PT Toyota Astra Motor berniat untuk memperkenalkan varian hybrid dari mobil ini.

Emblem hybrid Toyota Corolla Cross

Tak sabar rasanya melihat persaingan Avanza Hybrid vs Xpander Hybrid

Mitsubishi pun kini sedang mengembangkan Xpander hybrid, jadi memang sudah semestinya Toyota mempersiapkan All New Avanza dengan teknologi yang sama agar bisa bersaing. Prediksi kami kedua varian hybrid ini akan punya konsumsi BBM yang lebih memukau dan akselerasi lebih baik.

>>> 5 Alasan Toyota Avanza TNGA Juga Layak Dapat Mesin Hybrid

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top