Torsus Praetorian, Modifikasi Bus Sekolah untuk Offroad

23/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Torsus Praetorian, Modifikasi Bus Sekolah untuk Offroad
Modifikasi bus sekolah ini dinamakan Torsus Praetorian yang dibuat dengan spesifikasi khusus demi kepentingan menjelajahi berbagai medan offroad dengan tetap aman.

Walaupun saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kegiatan sekolah dihentikan dan diganti kelas online, namun pastinya Anda pernah melihat bagaimana wujud dari sebuah bus sekolah. Bus ini amat berjasa untuk mengantarkan para siswa-siswi dari rumah menuju sekolah dan sebaliknya. Umumnya bus sekolah beroperasi saat hendak jam masuk sekolah dan kemudian berakhir sore hari ketika para pelajar sudah meninggalkan sekolah.

Dicat dengan warna dasar kuning, tentunya cuma para pelajar berseragam sekolah yang boleh menaiki bus tersebut. Tetapi para penumpang ini tidak dimintai ongkos selayaknya penumpang menggunaakan bus lain sebagai alat transportasi umum. Namun dengan karakternya yang unik, ternyata cukup banyak yang menggunakan bus ini untuk keperluan modifikasi.

Seringkali modifikasi bus sekolah disulap jadi kendaraan bertenaga besar demi kebutuhan balap drag di lintasan lurus 402 meter. Tapi berbeda dengan modifikasi bus sekolah yang satu ini. Karena bus tersebut diubah menadi kendaraan yang siap dipakai menjelajah medan offroad.

>>> Ngeri, Ini Pembuktian Rolls-Royce Cullinan di Gurun Pasir

Bus Sekolah Terkuat di Dunia

Torsus Praetorian School Bus

Kalau sudah seperti ini tidak terlihat selayaknya bus sekolah

Torsus Praetorian School Bus, begitu nama modifikasi bus sekolah buatan Torsus ini. Boleh dibilang inilah bus sekolah terkuat di dunia yang bisa dipakai menjelajah kemana saja untuk membawa para siswa berpetualang keseluruh penjuru bumi.

Dikutip dari Carbuzz, Jumat (23/10/2020), Praetorian dibuat menjadi sebuah kendaraan offroad heavy-duty yang mampu diajak mendaki gunung, melintasi sungai arus deras, atau berkemah di padang rumput.

Karena masih berwujud sebuah bus, mobil ini sanggup menampung 35 siswa lengkap dengan tas sekolah mereka. Tetapi bagian sasisnya sudah diganti kepunyaan truck heavy-duty dari MAN. Demikian pula mesinnya pakai kepunyaan MAN yang kini sanggup memuntahkan 290 daya kuda. Kemudian bannya memakai tipe M/T dari Michelin.

Perlengkapan offroad lainnya di mobil ini adalah sudah dipasang pelindung dek bagian bawah, menggunakan low-gear transfer case, cruise control, dan kompresor udara.

>>> Suka Bermain Off-road? Hati-hati Bekas Lumpur Berbahaya Untuk Cat Mobil

Bus Sekolah Offroad Ini Bisa Dipesan

Torsus Praetorian Bus

Jika tertarik Torsus siap membuat bus offroad ini

>>> Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Mobil Off-road Legendaris Pelibas Jimny

"Praetorian dibuat agar dapat beradaptasi dan serbaguna, jadi tentu saja kami mencari cara agar bus ini dapat digunakan dalam berbagai situasi di seluruh dunia," ucap Vakhtang Dzukashvili, CEO Torsus.

Ia juga menjelaskan mengapa memilih modifikasi bus sekolah daripada menggunakan truk pick up. Karena menurutnya, bus lebih bisa melindungi penumpangnya dalam berbagai situasi apapun.

"Di dunia ini pasti membutuhkan solusi bus sekolah yang aman untuk dipakai di medan berat. Praetorian siap dikirim kemana saja setiap saat," kata Dzhukashvili.

Selain spesifikasi teknis yang sudah siap dipakai melintas di medan-medan sulit, bus sekolah ini juga sudah ditambahkan beberapa perangkat kebutuhan berpetualang. Diantaranya pelindung bemper depan, serta lampu yang terpasang di atap pada bagain depan, sisi, dan belakang.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top