Tinggalkan Teknologi Konvensional, NASCAR Pamer Mobil Next Gen

07/05/2021

Mobil baru

3 menit

Tahun 2022 menandai era baru NASCAR seiring debut mobil generasi ketujuh Next Gen. Ubahannya bukan cuma body baru dengan banyaknya teknologi yang diperkenalkan.

Sejak dibentuk oleh Bill France Sr. tahun 1948, National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR) sudah berkembang pesat. Setidaknya sudah enam generasi mobil yang digunakan.

Untuk musim 2022 nanti, mobil NASCAR kembali berevolusi. Disebut sebagai next gen, generasi ketujuh dengan berbagai perubahan dari model sebelumnya.

>>> Ford Perkenalkan Mustang 2020 Race Car Untuk Berlaga di NASCAR Xfinity Series

Standarisasi sasis, pakai velg single-nut

Pertama-tama, mobil NASCAR Next Gen menggunakan sasis yang  istandarkan. Ini berarti tim Cup Series tidak perlu merancang mobil mereka dari nol, selain itu mobil Next Gen juga memakai berbagai bagian baru.

Hal paling kentara ada dari pemilihan ban, yang nantinya akan memakai velg berukuran 18 inci dengan material forged alumunium yang lebih ringan, namun ban dibuat lebih lebar dari 10 ke 12 inci dengan sidewall lebih kecil.

Desain velgnya juga dibuat seperti mobil balap pada umumnya dengan single center-locking nut, bukan lima seperti sebelumnya, hal ini jelas menjadi kabar baik bagi para pit crew dengan kepraktisan dan keamanan yang lebih baik.

Detail mobil NASCAR Next Gen 2022

Beberapa ubahan yang dilakukan NASCAR terhadap mobil musim 2022

Tiga mobil yang dipakai sebagai mobil NASCAR, Ford Mustang, Chevrolet Camaro, dan Toyota Camry, seluruhnya memiliki celah kap udara yang mengalirkan udara keluar dari radiator untuk generasi ketujuh. Konsep ini memisahkan kinerja mesin dan aero mobil.

Selain itu, mobil NASCAR Next Gen juga memiliki roofline (garis atap) yang lebih rendah yang mengurangi visibilitas belakang. Dan karena itu, kamera belakang juga menjadi standar mulai musim 2022.

Rem yang lebih besar, sistem kemudi rack-and-pinion, tangki bahan bakar 20-gallon (75 L), cangkang bodi yang simetris, sampai bumper dengan energy-asborbing foam juga diperkenalkan, namun hal utamanya ada di poin yang akan kita bahas selanjutnya.

>>> Ford Mustang Cobra Jet ini Pakai Motor Listrik Bertenaga 1.400 HP

Pakai girboks sequential

Seperti dijelaskan di judul, mobil NASCAR next gen memakai girboks sequential 5-percepatan menggantikan model manual 4-speed yang sudah dipakai di enam gen sebelumnya. Hal ini ada kaitannya untuk mengakomodasi powertrain hybrid, yang belum tahu kapan dikenalkannya.

Desain aero untuk mobil NASCAR musim 2022

Mobil NASCAR generasi ketujuh sudah mengakomodir girboks sequential

Pada akhirnya, track bar dan solid axle yang sudah menjadi ciri khas mobil NASCAR sejak Gen 1 juga akan digantikan oleh five-way adjustable damper dan independent rear suspension.

>>> Berita otomotif terbaru dant terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top