Tidak Akan Bentrok Dengan Wuling, Ini Segmen Pasar Yang Diincar MG Indonesia

13/01/2020

Mobil baru

3 menit

Tidak Akan Bentrok Dengan Wuling, Ini Segmen Pasar Yang Diincar MG Indonesia
Meski kini sama-sama berasal dari Tiongkok, namun MG nantinya tidak akan bentrok dengan Wuling, karena inilah segmen pasar yang akan diincar oleh MG Indonesia

MG sejatinya adalah sebuah merek mobil legendaris di dunia. MG juga merupakan akronim dari Morris Garage ini merupakan pabrikan mobil hasil kolaborasi Inggris dengan Tiongkok. Sebelum tahun ini masuk tanah air di salah satu pameran terbesar di Indonesia, MG telah lebih dahulu hadir di berbagai negara Asia Tenggara seperti Thailand dan juga Asia seperti India. MG Indonesia saat ini sedang membidik salah satu segmen pasar di Tanah Air.

Gambar menunjukkan mobil MG ZS 2020

MG Indonesia kini sedang membidik salah satu segmen di Tanah Air yang perlahan mulai ditinggalkan

Mungkin banyak pihak yang menyangka bahwa MG yang kini juga satu grup dengan Wuling dalam SAIC Motor (Shanghai Automotive Industry Corporation) nantinya akan bentrok dalam memperebutkan pasar mobil di Indonesia. Padahal kenyataannya tidak akan terjadi hal semacam itu, sebab "target MG itu isi kelas sedan lowcost," papar seorang narasumber yang namanya ogah ngetop.

Gambar menunjukkan Toyota Vios E CVT 2018

Sedan kompak atau low sedan harganya menjadi sangat mahal karena pajaknya tinggi

Hal tersebut tentunya masuk akal. Sebab pada skema tarif perpajakan di negara kita tercinta ini tidak ramah pada mobil berjenis Sedan. Ambil contoh Toyota Vios E CVT yang pernah kami tes jalan secara lengkap, harga jualnya sudah menyentuh Rp 300 jutaan. Apalagi melihat fitur yang ditawarkan, jelas sedan racikan Jepang yang dirakit di Thailand itu agak jauh bila dibandingkan dengan SUV Tiongkok ini.

>>> Selalu update kabar seputar mobil baru di sini

Gambar menunjukkan mobil DFSK Glory 560 2019

Bukan tidak mungkin MG ZS ini akan berhadapan langsung dengan DFSK Glory 560

Masih menurut narasumber kami yang juga gape soal teknik permesinan mobil ini, MG nantinya akan sangat berbeda target marketnya dengan Wuling. "Wuling incer carrier dan mini suv," singkatnya. As info saja, MG Indonesia untuk tahap awal akan membawa satu varian saja yakni MG ZS. Tapi untuk pasar Tanah Air bisa jadi seperti Wuling, akan ada pergantian nama agar lebih 'membumi' dan dapat diterima oleh pasar mobil Indonesia.

>>> Sedang cari mobil? Coba cek sini dulu deh

Video mengenai mobil MG ZS

MG ZS akan dilengkapi dengan jantung mekanis mesin bensin 1.500 cc 4 silinder. Disinyalir mesin berkarakter overstroke ini hampir sama dengan mesin 1.500 cc yang digunakan oleh Wuling Cortez 1.5. "Itu kode mesinnya 15S4C, itu mesin harus pakai Pertamax, soalnya kompresinya tinggi," beber narasumber teknik terpercaya kami itu lagi yang masih mewanti-wanti kami agar namanya jangan sampai tertulis di artikel ini.

Gambar menunjukkan MG ZS terlibat kecelakaan di Cimahi

Sayangnya salah satu unit MG ZS yang sedang dites jalan mengalami kecelakaan di Ciamis, Jawa Barat

Lebih lanjut ia juga menyebutkan kompresi mesinnya mencapai 10,5:1 sementara versi Thailand dipatok di angka 11,5:1. Saat ini MG ZS sedang dites secara menyeluruh oleh pihak MG Indonesia. Pengetesan tersebut antara lain akan mengambil sampel oli, tes bahan bakar, dan durabilitas akan dilakukan secara bertahap. Well, kami dari Cintamobil.com hanya berharap mobil ini segera dapat masuk secara resmi ke Tanah Air dan dijual dengan harga menarik.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top