Tetap Pakai Mesin V6, Supercar Nissan GT-R Hybrid Siap Meluncur?

09/11/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Laporan terbaru menyebutkan bahwa Nissan GT-R Hybrid sedang dipersiapkan masih dengan mesin V6 sebagai bagian dari rencana elektrifikasi anyar Nissan.

Pabrikan otomotif saat ini sedang beralih ke ranah elektrifikasi, tak terkecuali dengan Nissan. Laporan terbaru menyebutkan bahwa Nissan siap menawarkan versi baru Nissan GT-R Hybrid namun masih mempertahankan mesin pembakaran V6 yang menjadi ciri khas supercar Nissan ini.

Rencanakan model hybrid

Sejak diperkenalkan pada 2007 silam, coupe bertenaga V6 ini tak banyak mengalami perubahan. Kecuali pembaharuan minimalis pada tahun 2011 dan yang kedua pada tahun 2017. Perkenalan generasi berikutnya dengan kode R36 dipercaya akan menghadirkan berbagai perbaikan teknis yang signifikan.

mesin V6 Nissan GT-R R36 yang baru
Mesin V6 bakal jadi pendukung Nissan GT-R Hybrid?

>>> Nissan Beri Isyarat Luncurkan Mobil Listrik di GIIAS 2021

Dilansir dari Autocar, Nissan diprediksi akan memberikan perubahan pada generasi terbaru GT-R. Termasuk perkenalan platform baru yang dapat mengubah sebagian besar teknis dan spesifikasi kendaraan, termasuk mengadopsi sistem elektrifikasi.

"Kami sedang melihat bagaimana kami dapat melakukannya dengan listrik. Ini adalah kendaraan sport yang benar-benar profesional tanpa kompromi. (Nissan) Z adalah untuk orang seperti saya. yang menyukai mobil sport. GT-R adalah mesin profesional dan kami perlu mengembangkannya untuk masa depan,” ungkap CEO Nissan Makoto Uchida kepada Autocar.

Pernyataan Makoto mengamini komentar dari bos desain Nissan Alfonso Albaisa pada tahun 2018 yang menyebutkan bahwa pengerjaan untuk pengembangan generasi terbaru GT-R telah dimulai. Prioritas utama Nissan mempersiapkan GT-R R36 sebagai 'mobil super sport tercepat di dunia'.

>>> Siap-Siap, Mobil Listrik Nissan Leaf Diganti SUV Baru

Masih bawa V6

Nissan sebelumnya telah menciptakan mesin V6 3.0 liter hybrid yang digunakan pada prototipe untuk World Endurance Championship 2015 yang sayangnya berumur pendek. Namun mesin ini didasarkan pada model berpenggerak roda depan, format yang berbeda dengan Nissan GT-R.

model baru Nissan GT-R 2017 berwarna oranye
Nissan GT-R R35 tak banyak mengalami perubahan sejak 2007

Nissan GT-R R35 masih menggunakan mesin V6 3.8 liter twin-turbocharged yang menghasilkan tenaga hingga 573 PS sebagai varian tertinggi. Membawa GT-R Nismo melaju dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 2,6 detik, disebut sebagai salah satu mobil pembakaran internal dengan akselerasi tercepat yang dijual.

Nissan sebelumnya telah memperkenalkan model terbaru dari Nissan Proto Z yang dibekali dengan mesin VQ37VHR 3.5 liter berkonfigurasi V6. Mobil ini merupakan model penggerak belakang pertama yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan.

>>> Nissan 400Z Akan Diluncurkan Agustus 2021, Siap Hadang Toyota GR Supra

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top