[TEST DRIVE] Merasakan Esensi Ubahan Toyota Avanza 2019 Sesungguhnya

28/02/2019

Mobil baru
Share this post:
[TEST DRIVE] Merasakan Esensi Ubahan Toyota Avanza 2019 Sesungguhnya
Jika ada ucapan bahwa Toyota Avanza 2019 hanya “cuci muka”, maka yang bersangkutan berarti belum pernah mengendarainya. Karena sejatinya ubahan dan pembaruan terletak pada bagian tak kasat mata. Simak pengalaman CIntamobil.com saat menguji-coba Toyota Avanza 2019 dengan rute Yogyakarta - Semarang.

Toyota Avanza 2019 terbaru berwarna hitam dengan seorang wanita sedang disampingnya berwarna merah

Peluncuran Toyota Avanza 2019 15 Januari silam

Tidaklah sulit menebak reaksi publik usai melihat peluncuran Toyota Avanza 2019 pada pertengahan Januari silam. Ada yang bilang minor change, bahkan tak sedikit yang kecewa melihat pembaruannya jika dibandingkan model silam. Alih-alih mengharapkan “all new” Toyota Avanza 2019 berbasis Daihatsu DN Multisix, kita malah mendapatkan wajah baru ala-ala Toyota Voxy.

Padahal, kompetisi low MPV 7-seater 1.300 – 1.500 cc sangat lah ketat. Akhir 2017, pasar kedatangan sih heboh Mitsubishi XPander yang dengan cepat langsung mampu merebut perhatian dan sempat menjadi best seller, mengalahkan sang jagoan lama Toyota Avanza. Rival lain seperti Suzuki Ertiga pun berbenah dan berganti model di April 2018. Publik pun berspekulasi Toyota akan menyiapkan Avanza generasi baru pada 2019 ini.

>>> Penjualan Nasional Dirilis, Mitsubishi Xpander Harus Bersabar Untuk Jadi Nomor Satu Di Segmen Low MPV

Tetapi tunggu, ada sesuatu yang salah di sini. Agak ajaib jika Toyota hanya mengandalkan “cuci muka” dalam menghadapi kompetisi segmen paling panas di Tanah Air. Pasti ada sesuatu baru pada new Avanza 2019. Dan betul, karena ubahan paling signifikan pada Toyota Avanza 2019 jika dibandingkan versi 2015 adalah pada refinement dan driving dynamics. Dua hal yang sebelumnya menjadi kekuatan utama Mitsubishi Xpander.

gambar menunjukan empat mobil Toyota Avanza dengan beragam warna sedang ada di depan rumah

Deretan Toyota Avanza 2019 dan Toyota Veloz 2019 digunakan dalam acara test drive

Dan untuk membuktikan hal tersebut, PT Toyota-Astra Motor pun mengundang sejumlah jurnalis dari media nasional, termasuk Cintamobil.com untuk mencoba Toyota Avanza 2019 dengan rute Yogyakarta – Cirebon pada 27-28 Februari 2019. Seperti apa rasanya?

“Harapan kami, melalui perjalanan ini rekan-rekan jurnalis dapat memenuhi rasa penasaran terhadap performa New Avanza-Veloz yang diluncurkan Januari lalu,” kata Director Marketing  PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

>>> Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

Unit kami coba di hari pertama test drive dengan rute Yogyakarta – Magelang – Semarang adalah Toyota Avanza 1.5G bertransmisi manual. Secara fisik kehadiran fascia depan mirip Toyota Voxy membuat penampilannya menjadi lebih mewah dan naik kelas, sepadan dengan harganya yang sudah di atas 200 juta rupiah. Tapi, ketika dilihat dari samping dan belakang, ia tetaplah “engkau yang dahulu” tanpa perubahan signifikan sejak model generasi kedua mengaspal tahun 2011 silam.

Tapi, bukan eksterior dan interior yang menjadi perhatian utama CIntamobil kali ini. Melainkan, sejauh mana peningkatan dari sisi driving dynamics dan refinement seperti dijanjikan. Sanggupkah ia membawa pertempuran ke Mitsubishi Xpander? Dan jangan lupa, di 2019 ini pertarungan menjadi sangat panas, bahkan sama panasnya dengan 01 vs 02 ketika Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio ikut berbenah dan Nissan LIvina baru diluncurkan.

>>> Kompetisi Low MPV Memanas, Dua Bulan Ada 5 Model Baru Diluncurkan

Cukup berbicaranya dan mari lompat ke kemudi. Dari sisi mesin, tidak ada hal baru pada new Avanza 2019. Masih tetap mengandalkan unit dual VVT-i 1.500 cc berdaya 104 PS dipadu transmisi manual lima tingkat percepatan. Respons mesin sangat baik, mampu membawa Avanza 2019 menaklukkan rute tanjakan antara Magelang – Bawean. Tetapi lagi-lagi, bukan ini keunggulan ingin diperlihatkan PT TAM kepada para jurnalis.

gambar menunjukan Toyota Avanza sedang berkendara di jalan

Melahap medan perbukitan dan jalan tol sepanjan rute Yogyakarta – Semarang via Magelang

Satu hal pasti, peningkatan pada refinement jelas bukan pepesan kosong. Melalui penambahan peredam pada area sekitar firewall mesin, di bawah transmisi dan di atas gardan belakang, Toyota berhasil mengurangi tingkat kebisingan kabin 1 – 2 dB dibandingkan model sebelumnya. Kabin terasa lebih senyap. Bunyi dengungan ban sangat minimal, pun gerungan mesin dan suara-suara dari luar lainnya.

>>> Temukan penawaran menarik Toyota Avanza 2019 hanya di Cintamobil.com

Unsur kesenangan mengemudi juga ditingkatkan melalui pembaruan pada sistem EPS (electronic power steering). Bobot kemudi menjadi lebih ringan pada kecepatan parkir dan akan menjadi lebih berat saat melaju di kecepatan tinggi. Respons kemudi juga membaik, mobil akan langsung membelok begitu kemudi diputar tanpa jeda berlebihan.

Tak hanya itu, sistem suspensi juga diperbaiki dengan kehadiran per, shock absorber depan dan belakang baru, serta penggantian bushing suspensi. Ayunan suspensi pun menjadi lebih mantap tanpa mengorbankan kenyamanan penumpang. Mobil terasa mantap melahap tikungan perbukitan antara Magelang – Ambarawa. Juga stabil dipacu di jalan tol Bawean – Semarang dalam kecepatan tinggi.

>>> Komparasi Biaya Aftersales Avanza vs Xpander, Mana Lebih Hemat?

Tentu masih ada beberapa keunggulan Avanza lain yang membuatnya tetap percaya diri hadapi rival tanpa harus full model change. Pertama adalah konsepnya yang memang dibuat khusus untuk pasar Indonesia. Kondisi jalan bervariasi dari Sabang sampai Merauke membuat konfigurasi RWD (penggerak roda belakang) dimilki Toyota Avanza 2019 menjadi keunggulan dibandingkan rival-rivalnya yang berpenggerak depan.

Kedua dari sisi ukuran. Dengan dimensi 4.190 x 1.660 x 1.695 mm, praktis Toyota Avanza muat dalam car port rata-rata dimiliki orang Indonesia. Belum lagi ketika dibawa melewati jalan kecil yang masih sangat banyak terdapat di seluruh Indonesia.

>>> Dapatkan berita mobil baru terlengkap hanya di Cintamobil.com

gambar menunjukan beberapa orang tim Cintamobil.com sedang ada di acara test drive Toyota Avanza

Tim Cintamobil.com bersama jurnalis dari media nasional lainnya di Toyota Avanza-Veloz Journalist Test Drive 2019

Fakta pun berbicara. Hingga diluncurkan 2003 sampai saat ini, tak kurang dari 1,7 juta unit Toyota Avanza telah pindah ke tangan konsumen. “Untuk model baru ini, kami juga telah menerima SPK sebanyak 14 ribu pesanan,” tutup Anton Jimmi.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut update berita terbaru di dunia otomotif 

Share this post:

Berita lain

Pasokan Kurang, Toyota Avanza Baru Awali 2019 Di Posisi Dua

28/02/2019

Mobil baru

Mengawali tahun 2019 dengan tampilan serba baru, penjualan Toyota Avanza malah terkoreksi. Gabungan penjualan Toyota Avanza lama dengan Toyota Avanza baru menempatkan Avanza di posisi dua di bawah Mitsubishi Xpander.

Lihat juga

Kurang Dari 200 Juta, Yuk Diadu Fitur Toyota Avanza Tipe Terendah Dengan Wuling Confero S Tipe Tertinggi

23/01/2019

Jual beli

Saat Anda kepikiran beli mobil baru buat keluarga dan uang Anda kurang dari Rp 200 juta, ada beberapa mobil keluarga yang tersedia dan bisa Anda boyong seperti Toyota Avanza Tipe Terendah Atau Wuling Confero S Tipe Tertinggi. Meski demikian Anda mesti bijaksana dalam menentukan pilihan agar tidak kecewa di kemudian hari. Lalu mending mana jika keduanya dikomparasi?

Lihat juga

Inilah 5 Pilihan Mobil Bekas Seharga Toyota Avanza 2019 Berusia Muda

22/01/2019

Jual beli

4 menit

Toyota Avanza terbaru 2019 sudah resmi diluncurkan. Satu hal menarik dari Toyota Avanza terbaru ini adalah harganya yang tidak mengalami kenaikan. Bila Anda mencari mobil bekas seharga Toyota Avanza 2019, inilah 5 pilihan mobil dari kami.

Lihat juga

Komparasi Toyota Avanza 1.3E A/T Atau Daihatsu Xenia 1.3R A/T, Harga Beda Tipis Pilih Mana?

21/01/2019

Jual beli

Mempunyai basis sama, tetapi beda sedikit tampilan dan juga beda fitur. Harganya pun beda tipis hanya selisih Rp 3,750 juta saja. Lantas mana yang Anda pilih, Toyota Avanza 1.3E A/T atau Daihatsu Xenia 1.3R A/T?

Lihat juga

Toyota Avanza 2019 Terbaru Meluncur, Inilah 3 Compact MPV Bekas Terbaik

19/01/2019

Jual beli

Compact MPV masih menjadi segmen primadona para pabrikan di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) pun berbenah dengan menghadirkan perubahan minor pada produk andalannya, Toyota Avanza. Bila Anda mencari Compact MPV bekas, inilah 3 Compact MPV bekas terbaik pilihan kami.

Lihat juga